Soal Mengidentifikasi Alat Musik Tradisional

soal mengidentifikasi alat musik tradisional

Soal Mengidentifikasi Alat Musik Tradisional – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Seni Budaya (Musik) kelas 10, X KD 3.2 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang mengidentifikasi alat musik tradisional berdasar bahan,warna suara, tangga nada dan fungsi pada masyarakat pendukungnya.

Rangkuman Materi Mengidentifikasi Alat Musik Tradisional

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Untuk dapat menganalisa alat musik tradisional berdasarkan bahan dan tangga nada yang digunakan kita harus memahami mengapa alat musik tradisional diciptakan dengan bahan yang berbeda beda, dan mengapa bahan yang sama dapat memproduksi suara yang berbeda beda.

Bacaan Lainnya

Tangga nada dari alat musik tradisional juga berbeda beda, hal ini juga membuat setiap alat musik tradisional memiliki keunikan tersendiri.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Alat musik tradisional dibuat dari bahan yang berbeda beda. Hal ini menyebabkan alat musik tradisional memiliki…

a. perbedaan dalam aspek fungsi

b. tingkat kesulitan dalam memainkan

c. keunikan dalam warna suara yang dihasilkan

d. memiliki banyak jenis dan fungsi

e. tangga nada yang berbeda beda

2. Bahan yang digunakan untuk membuat alat musik tradisional memiliki beberapa jenis. Efek suara yang keras terang dan tinggi akan didapatkan pada alat musik tradisional yang terbuat dari .…

BACA JUGA:  Soal Bentuk Pertunjukan Musik Tradisional

a. kulit dengan diameter besar pada media logam

b. kayu dengan diameter atau penampang yang kecil

c. kayu dengan diameter atau penampang panjang dan lebar

d. perunggu dengan ketebalan yang sangat tebal

e. perunggu dengan ketebalan yang tipis dan diameter kecil.

3. Alat musik tradisional yang terbuat dari bahan yang sejenis terkadang bisa memiliki warna suara yang berbeda karena… mempengaruhi warna suara. 

a. bentuk dan ukuran alat musik

b. fungsi alat musik

c. bahan yang sama

d. umur alat musik

e. teknik pembuatan

4. Sistem nada pada alat musik tradisional memberikan sebuah kesan ketika dimainkan. Khususnya dalam penggunaan tangga nada yang disesuaikan dengan sistem nada pada alat musik tradisional tersebut. Di bawah ini penggunaan tangga nada tradisional yang sesuai dengan kesan karakter tangga nada tradisional tersebut yang paling tepat. 

a. tangga nada pelog memberi kesan ceria

b. tangga nada slendro memberi kesan khidmat

c.  tangga nada slendro memberi kesan riang

d. tangga nada pentatonis memberikan kesan monoton

e. tangga nada kromatis memberi kesan dinamis

5. Beberapa alat musik tradisional memiliki fungsi ganda, kita harus melihatkonteks penggunaannya. Alat musik tradisional yang disajikan pada panggung pertunjukan pentas seni di sekolah, lebih mengedepankan fungsi.…

a. Religius

b. Pelengkap upacara adat

c. Komunikasi dan hiburan

d. Iringan tari

e. Identitas daerah

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. C → Pembahasan: Alat musik tradisional dibuat dari bahan yang berbeda-beda. Bahan pada alat musik tradisional mempengruhi karakter suara atau warna suara dari alat musik tradisional tersebut. Hal ini dipengaruhi faktor akustik bahan tersebut, ukuran volume bahan yang digunakan juga mempengaruhi karakter bunyi.

BACA JUGA:  Soal Jenis Pertunjukan Musik Barat

2. E → Pembahasan: Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat alat musik tradisional adalah perunggu. Alat musik tradisional berbahan perunggu dengan ketebalan dan diameter yang kecil ketika dibunyikan mempunyai karakter suara yang keras terang dan tinggi sesuai sifat bahannya.

3. A → Pembahasan: Bentuk dan ukuran alat musik tradisional mempengaruhi warna suara ketika dimainkan walaupun terbuat dari bahan yang sama. Misal Seruling dengan bahan bambu, besar seruling (diameter) atau panjang pendek seruling tersebut dibuat tentu akan berbeda suara nya antara diameter yang besar dan kecil. Seruling dengan diameter yang lebih besar tentu akan menghasilkan karakter suara bas dan yang lebih kecil karakternya melengking.

4. C → Pembahasan: Tangga nada slendro dengan notasi 1 2 3 5 6 ketika dimainkan akan memberi kesan riang karena sifat interval nada 1 3 5 menunjukan karakter akord mayor ditambah dengan nada 6 nya menambah suasana yang cemerlang.

5. C → Pembahasan: Pertunjukan musik tradisional di sekolah lebih bersifat apresiasi, komunikasi dan hiburan. Hal ini sesuai dengan tingkat pemahaman seni siswa seusia remaja yang masih sering melakukan aktifitas sebatas eksistensi dan rasa keingintahuan untuk menambah pengalaman.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul seni budaya (musik) Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.