Soal Konsep dan Prinsip Gizi Pada Bayi

soal konsep dan prinsip gizi pada bayi

Soal Konsep dan Prinsip Gizi Pada Bayi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi konsep dan prinsip gizi pada bayi.

Advertisements

Soal dan Kunci Jawaban Konsep dan Prinsip Gizi Pada Bayi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Masa bayi dimulai dari 0 hari atau hari setelah lahir sampai usia 12 bulan. Msa ini merupakan periode kritis pada masa pertumbuhan dan perkembangan, pada masa ini juja terjadi beberapa perubahan fisiologis, demikian juga dengan organ dan sistim organ termasuk sistim pencernaan dan sistim syarafnya Masa bayi mempunyai ciri-ciri perkembangan fisik, kecerdasan, emosi, bahasa, bermain, pengetian dan juga moral.

Bacaan Lainnya

Asupan gizi mempunyai pengaruh yang besa terhadap perkembangan kesehatan bayi sampai masa dewasanya kelak. Kebutuhan masing-masing bayi berbeda satu sama lain tergantung pada usia, kecepatan tumbuh, aktifitas, efisiensi penyerapan dan penggunaan makanan dalam tubuh. Diit yang seimbang juga akan berpengaruh pada sistim imunitas, kemampuan intelektual dan pembentukan emosional. Pemberian gizi yang berkualitas dan tepat harus diberikan pada masa ini karena gangguan zat gizi pada masa ini akan mempengaruhi kualitas kehidupan masa selanjutnya.

Pemantauan kondisi kesehatan dan gizi bayi perlu dikakukan untuk mengidentifikasikan bayi yang beresiko malnutrisi untuk melakukan intervensi perbaikan gizi sebelum terjadi komplikasi, disamping itu asupan yang cukup akan mendukung percepatan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Masa bayi sangat rentan terhadap penularan penyakit karena sistim imunitasnya belum sempurna. Faktor yang menyebabkan masalah gizi bayi pada bayi antara lain kurangnya pemahaman orang tua terhadap gizi dan kesehatan, asupan makan serta informasi yang keliru. Masalah gizi yang sering timbul antara lain : alergi, karies gigi, obesitas, diare dan GAKY.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Seorang bayi usia 9 bulan. Bentuk makanan pakah yang sebaiknya diberikan bagi anak tersebut?

A. ASI

B. PASI

C. Makanan saring

D. Makanan Lunak

E. Makanan Biasa

2) Bayi A, lahir 14 Oktober 2016, BB : 8,4 kg, PB: 70 cm. Berapakah energy yang diperlukan untuk pertumbuhannya?

A. 50% dari total energy

B. 20% dari energy basal

C. 50% dari Basal metabolism

D. 12% dari energy basal

E. 15% dari energy total

3) Tita, bayi perempuan berusia 6 bulan, pada saat dilahirkan usia kandungan ibumencapai 39 mggu, berat lahir 4000 gr dan panjang badan 50 cm, lingkar kepala 31 cm, berat badan saat ini 8.5 kg dan panjang badan 80 cm. Berapakah kebutuhan protein untuk Tita?

A. 17 gram

B. 18.7 gram

C. 20 gram

D. 24 gram

E. 31.9 gram

4) Masa kritis tumbuh kembang bayi sangat bergantung pada hal berikut, kecuali ….

A. Nutrisi

B. Stimuli

C. Social ekonomi

D. Kondisi orang tua

E. Pola asuh

5) Makanan biasa (nasi) sebaiknya mulai diperkenalkan pada bayi usia:

A. 8 bulan

B. 9 bulan

C. 10 bulan

D. 11 bulan

E. 12 bulan

Kunci Jawaban

1) D

2) D

3) A

4) D

5) E

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *