Soal Mengatasi Masalah Lingkungan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul Biologi Kelas X KD 3.11 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Biologi Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi pembelajaran mengatasi masalah lingkungan.
Rangkuman Materi Mengatasi Masalah Lingkungan
Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:
Pada dasarnya terdapat tiga cara yang dapat dilakukan manusia untuk mencegah dan menanggulangi pencemaran serta untuk melestarikan lingkungan, yaitu secara administratif, secara teknologis, dan secara edukatif/ pendidikan.
Pemanfaatan limbah dengan cara didaur ulang atau tanpa daur ulang merupakan upaya manusia untuk menanggulangi masalah lingkungan yang disebabkan oleh pemcemaran lingkungan.
Manusia adalah komponen biotik yang memiliki pengaruh ekologi terkuat di biosfer bumi. Oleh karenanya supaya tidak terjadi bencana alam diterapkan etika lingkungan dalam mengelola sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan, dimana manusia mempunyai tanggung jawab dan kewajiban melestarikan keseimbangan lingkungan baik lingkungan biotik maupun lingkungan abiotik
Soal Pilihan Ganda
Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!
Pilihlah satu jawaban yang paling benar!
1. Manusia adalah bagian dari lingkungan yang mempunyai kewajiban menjaga kelestarian hidup dan lingkungannya. Tindakan bijaksana yang dilakukan manusia adalah ….
A. memelihara dan mengelola lingkungan secara terencana dan terkendali
B. mengusahakan tercapainya keselarasan dan keseimbangan lingkungan
C. menjaga tidak terjadi peledakan penduduk
D. menjaga tanaman tetap berfotosintesis
E. menjaga interaksi antara tumbuhan dan hewan secara serasi
2. Tujuan pengelolaan lingkungan hidup terdapat pada pernyataan di bawah ini, kecuali….
A. mencapai kelestarian hubungan manusia dengan lingkungan hidup sebagai tujuan membangun manusia seutuhnya
B. mewujudkan manusia sebagai pembina lingkungan hidup
C. pemanfaatan sumber daya sesuai dengan keinginan manusia
D. melaksanakan pembangunan berwawasan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan mendatang
E. negara memiliki peranan penting agar kelestarian alam dapat terjaga
3. Bencana banjir yang melanda beberapa kota tidak hanya disebabkan oleh tingginya curah hujan. Faktor kerusakan hutan di kawasan tangkapan air wilayah hulu sungai diidentifikasi sebagai penyebab utama sering terjadinya banjir. Dampaknya juga berupa pendangkalan sungai. Kerusakan hutan diebabkan oleh beberapa kegiatan manusia, antara lain pembelakan liar dan penambangan liar. Kerusakan hutan juga banyak terjadi akibat kebakaran hutan, alih fungsi hutan menjadi kebun kelapa sawit, pertambangan batu baru, dan penambangan emas liar.
Cara mengatasi permasalahan tersebut adalah….
A. Membangun tanggul-tanggul di sepanjang aliran sungai
B. Merevisi undang-undang tentang pencemaran
C. Melarang usaha penambangan atau eksploitasi sumber daya alam
D. Mengharuskan pabrik atau proyek melakukan analisa dampak lingkungan
E. Memperketat pendidikan terhadap masyarakat dengan sistem
4. Sampah organik di dalam sungai atau kolam menyebabkan kadar O2 meningkat sehingga mengganggu kehidupan organisme di perairan. Usaha yang tepat adalah sampah organik itu sebaiknya …
A. tetap ditimbun di tempat tertentu
B. dikeringkan lalu dibakar
C. dijadikan pupuk kompos
D. ditimbun tanah agar tidak berbau
E. dibakar, abunya untuk pupuk
5. Pengelolaan secara biologis merupakan cara paling efektif menanggulangi limah dari bahan berbahaya dan beracun (limbah B3) karena….
A. membutuhkan waktu yang relatif singkat
B. biaya yang dibutuhkan relatif murah
C. tidak menimbulkan limbah baru bagi lingkungan
D. tidak membutuhkan teknologi yang rumit
E. meminimalisir dampak bagi lingkungan
Kunci Jawaban dan Pembahasan
1. A → Pembahasan: Kehidupan manusia di muka bumi ini tidak terlepas dari peran serta lingkungan. Sebagaimana manusia merupakan bagian dari lingkungan, bersama-sama dengan tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme yang telah menjadi satu mata rantai yang tidak akan terpisah. Oleh karenanya manusia harus bijak dalam mengelola lingkungan. Pengelolaan lingkungan hidup merupakan pengelolaan terpadu dalam pemanfaatan, penataan, pemeliharaan, pengawasan, pengendalian, pemuliaan, dan pengembangan lingkungan hidup. untuk itu manusia berkewajiban memelihara dan mengelola lingkungan secara terencana dan terkendali.
2. C → Pembahasan:
Tujuan pengelolaan lingkungan hidup antara lain:
- mencapai kelestarian hubungan manusia dengan lingkungan hidup sebagai tujuan membangun manusia seutuhnya
- mewujudkan manusia sebagai pembina lingkungan hidup
- melaksanakan pembangunan berwawasan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan mendatang
- negara memiliki peranan penting agar kelestarian alam dapat terjaga
3. D → Pembahasan: Mengatasi permasalahan lingkungan harus diidentifikasi terlebih dahulu faktor-faktor penyebabnya dan sumber penyebabnya sehingga dapat dicari langkah-langkah alternatif mengatasi permasalahan lingkungan tersebut. Kerusakan hutan misalnya, banyak terjadi karena faktor manusia yang tidak bijak memanfaatka sumber daya di hutan sedangkan kegiatan pemanfaatan sumber daya di hutan harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan. Oleh karenanya dibutuhan analisis dampak lingkungan terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan pemanfaatan hutan.
4. C → Pembahasan: Limbah-limbah organik tertentu, seperti sampah sayuran, sampah daun atau sampah ranting dapat dimanfaatkan kembali dengan cara didaur ulang, misalnya menjadi pupuk kompos. Selain itu, kertas bekas juga dapat didaur ulang menjadi kertas pembungkus, kertas tisu, kertas koran, dan kertas tulis.
5. E → Pembahasan: Bioremediasi ialah penggunaan jenis mikroorganisme dan bakteri sebagai bahan untuk mengurai atau mendegradasi limbah B3 yang dapat mengurangi damapak bagi lingkungan jika dibandingkan dengan cara fisik dan kimia.
Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Biologi Kelas X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!