Soal Menyusun Menu Anak Sekolah

soal menyusun menu anak sekolah

Soal Menyusun Menu Anak Sekolah – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi menyusun menu anak sekolah.

Advertisements

Soal dan Kunci Jawaban Menyusun Menu Anak Sekolah

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Nutrisi yang tepat dan cukup akan sangat menunjang untuk mendukung perkembangan dan kecerdasan bagi anak usia sekolah. Makanan yang kaya nutrisi dan gizi penting tak boleh diabaikan, demi mengejar ketertinggalan yang mungkin saja terjadi pada saat anak masih dalam kandungan maupun pada usia batita.

Read More

Pada saat anak berusia dalam kandungan, ia masih mengandalkan asupan dari makanan yang dikonsumsi oleh ibunya. Bisa jadi pada saat itu kebutuhan bayi akan gizi tidak terlalu terpenuhi, dan inilah yang harus bisa dikejar saat ini dengan asupan gizi yang cukup.

Asupan nutrisi yang cukup juga akan membantu proses pertumbuhan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga akan meningkatkan konsentrasi belajar dan meningkatkan kemampuan anak.

Beberapa hal masalah gizi dan kesehatan yang jangan sampai menimpa anak-anak karena kurang asupan gizi, seperti pertumbuhan terlambat, kegemukan, anemia, masalah gigi, infeksi, KEP, GAKY, Anemia, kegemukan dll.

Anak sekolah membutuhkan makanan yang bervariasi yang dapat memberikan energy, protein, kalbohidrat, lemak, vitamin dan mineral untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Perolehan asupan gizi yang seimbang sangat diperlukan dalam proses tumbuh kembang anak, meningkatkan kemampuan belajar yang baik, serta memberikan dampak positif untuk perkembangannya di masa depan.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Tujuan pemberian makan/gizi pada anak sekolah antara lain, kecuali ….

A. Memberikan zat gizi dalam jumlah yang cukup

B. Pemeliharaan kesehatan yang optimal

C. Memberikan support pertumbuhan dan perkembangan optimal

D. Mendidik kebiasaan makan yang baik

E. Memberikan makan sesuai dengan kebiasaan anak

2) Asupan gizi hasil recall untuk tono siswa SD klas V usia 11 tahun dengan berat badan 40 kg dan tinggi badan 145 cm adalah sbb : protein 30 gr, karbohidrat 236 gram dan lemak 32 gram. Berapakah tingkat asupan energi untuk Tono pada hari itu?

A. 100%

B. 90%

C. 80%

D. 64%

E. 54%

3) Bella, siswa SD kelas 2 usia 7 tahun dengan TB 125 cm dan Berat badan 25 kg. Bahan makanan sumber protein apakah yang baik untuk bela?

A. Nasi

B. Ikan

C. Tahu

D. Jeruk

E. Daun bayam

4) Erlang, usia 12 tahun saat ini duduk di bangku SD kelas VI mempunyai berat badan 45 kg dan tinggi badan 155 cm, tidak pernah sarapan pagi serta tidak suka sayuran, di sekolah anak kurang bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Makanan apakah yang sebaiknya dianjurkan untuk mengatasi kondisi erlang?

A. Mentega

B. Air mineral

C. Daging sapi

D. Daun bayam

E. Buah pepaya

5) Tita, siswa SD kelas 3 usia 8 tahun, tinggi badan125 cm dan berat badan 27 kg, suka mengkonsumsi jajanan manis seperti coklat dan permen, nafsu makan sangat baik, minum susu 1 gelas sebelum tidur, hasil recall Energi sehari untuk Tita adalah 1825 Kklal. Resiko masalah gizi yang dihadapi anak tsb adalah ….  

A. Obesitas

B. Malnutrisi

C. Anemia

D. Caries Gigi

E. Kurang iodium

Kunci Jawaban

1) E

2) D

3) B

4) C

5) D

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *