Soal Pengertian, Tujuan dan Manfaat Promosi – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 11, XI KD 3.4 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Tentunya sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengertian, tujuan dan manfaat promosi.
Rangkuman Materi Pengertian, Tujuan dan Manfaat Promosi
Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:
Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup usaha serta meningkatkan kualitas penjualan yang secara tidak langsung akan meningkatkan kegiatan pemasaran dalam memasarkan produk yang dihasilkan.
Tujuan promosi sebagai berikut:
- Merangsang pembelian kembali
- Mendapatkan para konsumen baru.
- Memberi pengaruh terhadap pembelian produk yang baru serta menyaing strategi promosi penjualan yang dilakukan pesaing.
- Komunikasi yang terjalin dalam promosi penjualan tidak hanya komunikasi satu arah.
- Meningkatkan performa kerja perusahaan.
- Menyinergikan aktivitas sumber daya manusia pada bidang penjualan dan periklanan.
Manfaat lain dari adanya kegiatan promosi:
- Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen
- Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk
- Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai konsumen
- Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran
- Mengetahui strategi promosi yang tepat
- Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya
- Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi.
Soal Pilihan Essay
Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!
Berikan jawaban yang paling benar!
- Jelaskan mengenai arti penting pemasaran dalam wirausaha makanan asli khas daerah!
- Jelaskan pengertian promosi!
- Menurut kalian pentingkah promosi dalam penjualan? Jelaskan!
- Identifikasikan tujuan adanya strategi promosi!
- Identifikasikan manfaat promosi baik bagi prodsen maupun konsumen!
Kunci Jawaban dan Pembahasan
1. → Pembahasan: Memasarkan merupakan kunci keberhasilan suatu usaha tidak terkecuali usaha makanan khas daerah. Seberapa besar produksi makanan khas daerah yang kita hasilkan tetapi pemasaran terhadap barang yang kita produksi buruk, usaha yang kita jalani tidak akan berlanjut.
2. → Pembahasan: Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup usaha serta meningkatkan kualitas penjualan yang secara tidak langsung akan meningkatkan kegiatan pemasaran dalam memasarkan produk yang dihasilkan.
3. → Pembahasan: Penting, karena promosi digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan permintaan atau penjualan produk yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan laba yang diperoleh.
4. → Pembahasan:
Tujuan promosi sebagai berikut:
- Merangsang pembelian kembali.
- Mendapatkan para konsumen baru.
- Memberi pengaruh terhadap pembelian produk yang baru serta menyaingi strategi promosi penjualan yang dilakukan pesaing.
- Komunikasi yang terjalin dalam promosi penjualan tidak hanya komunikasi satu arah.
- Meningkatkan performa kerja perusahaan.
- Menyinergikan aktivitas sumber daya manusia pada bidang penjualan dan periklanan.
5. → Pembahasan:
Manfaat lain dari adanya kegiatan promosi:
- Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen
- Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk
- Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai konsumen
- Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran
- Mengetahui strategi promosi yang tepat
- Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya
- Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi.
Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 11, XI SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!