Soal Strategi Promosi

soal strategi promosi

Soal Strategi Promosi – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 11, XI KD 3.4 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang strategi promosi.

Rangkuman Materi Strategi Promosi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Jenis Strategi Promosi

  • Periklanan (advertising)
  • Promosi Penjualan (sales promotion)
  • Penjualan Tatap Muka (Direct Selling)
  • Hubungan Masyarakat (Publishitas)

Sasaran Promosi

Sasaran dari promosi adalah sebagai berikut ini:

  • Para agen dan juga distributor yang bersedia menjualkan produknya
  • Pemerintah yang memerlukan produk dari perusahaan tersebut
  • Mereka yang memiliki kekuasaan dan bisa memerintahkan untuk membelinya
  • Seluruh masyarakat konsumen agar mereka mau membeli produk
  • Para pembeli/pelanggan dari perusahaan tersebut
  • Para pemakai produk tersebut pada waktu sekarang
  • Masyarakat yang mempunyai daya beli.

Teknik Promosi:

  • Memberikan kupon (coupons)
  • Price-off Deals (Discount) (Potongan harga)
  • Premium and advertising specialties (Promo spesial)
  • Contest and sweeptakes (Kontes dan undian)
  • Sampling and trial offers (Pemberian contoh produk)

Jenis-Jenis dari sampling and trial offers:

  • In-Store Sampling
  • Door-to-door sampling
  • Mail Sampling
  • Newspaper sampling
  • On-Package sampling
  • Mobile sampling
  • Brand (Product) placement
  • Rebates
  • Frequency (Continuity) programs
  • Event Sponsorship

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

  1. Jelaskan yang dimaksud dengan periklanan!
  2. Tuliskan kelemahan dari periklanan (advertising)!
  3. Sebutkan siapa saja yang menjadi sasaran promosi!
  4. Bagaimana cara melakukan promo terhadap usaha kuliner murah meriah!
  5. Sebutkan teknik promosi usaha makanan khas daerah!
BACA JUGA:  Soal Asuhan Neonatus dengan Permasalahan Lain

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. → Pembahasan:

Yang menjadi sasaran promosi adalah masyarakat. Kenapa? Karena Masyarakat yang merupakan kumpulan manusia yang memiliki kebutuhan dan juga keinginan atau juga dapat disebut sebagai sumber potensial yang bisa mendorong terjadinya permintaan pada pasar.

  1. → Pembahasan:

Kelemahan:

  • Membutuhkan biaya yang tinggi untuk memproduksi sebuah iklan, serta meng-update suatu iklan dengan iklan yang lebih mutakhir agar konsumen tidak melihat iklan yang itu-itu saja.
  • Sering kali hanya diabaikan.
  1. → Pembahasan:

Sasaran dari promosi adalah sebagai berikut ini.

  • Para agen dan juga distributor yang bersedia menjualkan produknya
  • Pemerintah yang memerlukan produk dari perusahaan tersebut
  • Mereka yang memiliki kekuasaan dan bisa memerintahkan untuk membelinya
  • Seluruh masyarakat konsumen agar mereka mau membeli produk
  • Para pembeli/pelanggan dari perusahaan tersebut
  • Para pemakai produk tersebut pada waktu sekarang
  • Masyarakat yang mempunyai daya beli.
  1. → Pembahasan:

Berikut beberapa cara promosi rumah makan yang murah tapi tepat sasaran:

  • Mulut ke mulut atau testimonial
  • Promosi melalui jejaring sosial
  • Loyalty Programs
  • Up-Selling
  • Mengadakan suatu acara
  • Email dan mobile banking
  • Blog dan Video
  • Stiker promosi di tempat-tempat menunggu
  1. → Pembahasan:

Teknik Promosi:

  • Memberikan kupon (coupons)
  • Price-off Deals (Discount) (Potongan harga)
  • Premium and advertising specialties (Promo spesial)
  • Contest and sweeptakes (Kontes dan undian)
  • Sampling and trial offers (Pemberian contoh produk)

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 11, XI SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.