Soal Resiko, Pemasaran, Administrasi Dan Rencana Usaha Pengolahan Makanan Awetan Dari Bahan Hewani – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 10, X KD 3.7 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Tentunya sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang resiko, pemasaran, administrasi dan rencana usaha pengolahan makanan awetan dari bahan hewani
Rangkuman Materi Resiko, Pemasaran, Administrasi Dan Rencana Usaha Pengolahan Makanan Awetan Dari Bahan Hewani
Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:
Resiko usaha antara lain:
- Permintaan (perubahan mode, selera, dan daya beli)
- Perubahan kongjungtur (perubahan kondidi perekonomian yang pasang surut)
- Persaingan
- Akibat lain, menyerupai: peristiwa alam, perubahan aturan, perubahan teknologi, dan lain-lain.
Konsep pemasaran awetan bahan baku hewani adalah
- Konsep produksi
- Konsep produk
- Konsep Penjualan
- Konsep pemasaran
Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :
- Daur hidup produk
- Posisi persaingan perusahaan di pasar
- Situasi ekonomi
Analisis Pemasaran (analisis 4P) yaitu:
- Product (produk)
- Price (harga)
- Place (tempat)
- Promotion (promosi)
Soal Pilihan Essay
Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!
Berikan jawaban yang paling benar!
1. Jelaskan pemahaman kalian yang dimaksud dengan pemasaran !
2. Sebut dan jelaskan strategi pemasaran awetan bahan baku hewani !
3. Dalam memasarkan sebuah usaha hasil awetan bahan baku hewani perlu adanya analisa pemasaran, jelaskan yang kalian!
Kunci Jawaban dan Pembahasan
1. → Pembahasan: Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran individu dan organisasi.
2. → Pembahasan:
strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :
a. Daur hidup produk
Strategi ini harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
b. Posisi persaingan perusahaan di pasar
Strategi ini pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
c. Situasi ekonomi
Strategi pemasaran ini harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pkalianngan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
3. → Pembahasan:
Analisis pemasaran usaha pengolahan makanan awetan bahan pangan hewani antara lain:
a. Product (produk)
Kualitas produk yang mampu memuaskan keinginan konsumen serta kuantitas yang mampu memenuhi kebutuhan pasar
b. Price (harga)
Mempertimbangkan harga pokok produksi dan melakukan perbandingan harga dengan produk sejenis atau serumpun
c. Place (tempat)
Lokasi penjualan sebaiknya mempunyai nilai tambah dan memiliki fasilitas yang memuaskan konsumen serta mudah dijangkau oleh para pembeli
d. Promotion (promosi)
Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain, memasang spanduk, menyebarkan brosur, pameran, dan sebagainya. Banyaknya cara promosi yang dilakukan oleh produsen, membuat konsumen lebih selektif dalam memilih barang yang akan dibeli.
Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!