Soal Teknik Pemasakan Makanan

soal teknik pemasakan makanan

Soal Teknik Pemasakan Makanan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi teknik pemasakan makanan.

Soal dan Kunci Jawaban Teknik Pemasakan Makanan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Teknik pengolahan adalah cara mengolah atau mengubah bahan makanan menjadi makanan dengan berbagai macam metoda.

Bacaan Lainnya

Teknik dasar pengolahan makanan dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Teknik pengolahan panas basah (moist heat cooking).
  • Teknik pengolahan panas kering (dry heat cooking).
  • Teknik pengolahan panas minyak (oil heat cooking).

Teknik pengolahan panas basah (moist heat cooking)

  • Boiling (merebus). Boiling adalah proses memasak makanan di dalam air mendidih, atau memasak makanan berbasis/pada media cairan seperti air, kaldu, santan atau susu yang direbus.
  • Simmering (merebus dibawah titik didih dengan api kecil). Simmering adalah teknik memasak makanan dalam cairan panas yang dipertahankan pada titik didih air yaitu rata-rata pada suhu 100°C (212°F).
  • Poaching (merebus dibawah titik didih 80ºC-90ºC). Poaching berada di antara simmering dan boiling yaitu proses merebus bahan makanan yang dilakukan dengan perlahan-lahan.
  • Blanching (blansir). Blanching adalah teknik memasak dengan cara merebus sayuran atau buah ke dalam air yang telah mendidih dalam waktu cepat.
  • Steaming (mengukus). Steam adalah proses memasak lembab/basah, dengan memanfaatkan panas dari uap air atau dikenal dengan istilah mengukus.
  • Braising (merebus dalam cairan sedikit). Braising berasal dari bahasa Perancis ‘braiser’ yaitu teknik memasak dengan pemanasan lembab/basah (moist heat).
  • Stewing (menggulai). Stew merupakan teknik pengolahan bahan makanan padat yang dimasak dalam air atau berbasis cairan, serupa dengan simmering dan kemudian disajikan tanpa dikeringkan.
  • Pressure cooking. Pressure cooking adalah metode memasak dalam panci yang ditutup rapat dan terkunci sehingga tidak ada udara atau cairan yang dapat keluar.

Teknik pengolahan panas kering (dry heat cooking)

BACA JUGA:  Soal Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Aktivitas

  • Baking merupakan teknik memasak makanan dengan panas kering oleh konveksi (penghantar) uap udara panas di dalam oven.
  • Grilling adalah bentuk memasak makanan yang melibatkan panas langsung. Sumber panas yang dapat digunakan untuk griling ada tiga yaitu arang kayu, listrik, dan gas.
  • Roasting adalah metode memasak dengan menggunakan panas kering, dari nyala api yang terbuka, oven atau sumber panas lain.

Teknik pengolahan panas minyak (oil heat cooking)

  • Frying (menggoreng). Frying adalah metode memasak makanan dalam minyak atau lemak.
  • Sautéing adalah metode memasak makanan dengan menggunakan sedikit minyak atau lemak yang hanya menempel pada permukaan wajan atau alat pemanas seperti wajan dadar (frying pan), wajan, atau sauteuse.
  • Stir frying. Stir frying merupakan metode menggoreng cepat pada temperatur yang sangat tinggi. Stir frying menggunakan sedikit minyak dengan alat wajan yang agak dalam. Istilah stir menunjukkan bahwa makanan harus di stir (digerakkan, atau dibolak-balik) secara terus menerus untuk mencegah makanan itu gosong pada salah satu sisinya atau agar seluruh permukaan makanan matang.
  • Shallow Frying. Shallow frying adalah metode memasak makanan dalam jumlah sedikit, dengan lemak atau minyak yang dipanaskan terlebih dahulu dalam pan dangkal (shallow pan) atau ceper. Jumlah lemak yang digunakan untuk menggoreng hanya sedikit yaitu dapat merendam sekitar 1/3 bagian makanan yang digoreng.
  • Deep Frying.Deep-frying adalah metode menggoreng dengan minyak berjumlah banyak sehingga semua bagian makanan yang digoreng terendam di dalam minyak panas. Deep frying diklasifikasikan ke dalam metode memasak kering sebab tidak ada air yang digunakan dalam proses memasak tersebut.
  • Pan Frying. Pan frying termasuk teknik memasak dengan menggunakan minyak goreng, tetapi minyak yang digunakan lebih sedikit daripada deep frying. Istilah pan frying lebih tepat diterapkan pada teknik menggoreng yang menggunakan pan (pan penggoreng).

Media pengolahan makanan dari bahan makanan mentah menjadi bahan makanan yang siap dikonsumsi, berkualitas, dan aman, antara lain:

  • Pengolahan dengan media udara yaitu membakar dan memanggang.
  • Pengolahan dengan media air yaitu merebus dan menyetup.
  • Pengolahan dengan media lemak yaitu menggoreng.
  • Pengolahan langsung melalui dinding panci yaitu dinding alat langsung dipanaskan seperti membuat kue wafel dan menyangrai yaitu menumis tanpa minyak.
  • Pengolahan dengan media kombinasi. Menumis dengan sedikit minyak/margarin untuk membuat layu atau setengah masak kemudian ditambahkan air sedikit dan ditutup.
  • Pengolahan dengan media elektromagnetik. Memasak dengan menggunakan energi dari gelombang elektromagnetik misalnya memasak dengan menggunakan oven microwave.
BACA JUGA:  Soal KB Mini Pil

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Teknik memasak ini menggunakan media cairan panas yang dijaga pada titik didih air dengan mengecilkan api pada saat gelembung air mulai terbentuk pada awal air akan mendidih. Teknik memasak apa yang dimaksud?

A. Blanching.

B. Stewing.

C. Frying.

D. Simmering.

2) Seorang tenaga pengolah makanan di Instalasi Gizi sebuah Rumah Sakit sedang melakukan pengolahan lauk untuk diet Rendah Lemak untuk mempertahankan rasa asli dari makanan dan bumbu-bumbunya. Teknik yang digunakan menggunakan panci yang berlapis dimana panci bawahnya berisi air yang direbus sedang lapisan atasnya berlubang untuk memberi kesempatan uap air masuk melalui lubang tersebut. Teknik pengolahan apa yang digunakan tenaga pengolah itu?

A. Boiling.

B. Steaming.

C. Poaching.

D. Deep frying.

3) Berapakah suhu yang tepat pada proses penggorengan?

A. > 2000C

B. 125 – 1500C

C. 175 – 1900C

D. 100 – 1250C

4) Apa jenis makanan yang diolah menggunakan metode deep frying?

A. Kentang / French fries.

B. Rendang daging sapi.

C. Setup brokoli.

D. Botok tempe.

5) Apa fungsi pengolesan bahan makanan dengan margarine pada teknik roasting?

A. Agar aroma khas bahan makanan muncul.

B. Agar bahan makanan tidak kehilangan kelembaban.

C. Agar bumbu lebih meresap.

D. Agar tidak terjadi perubahan warna atau karamelisasi

Kunci Jawaban

1) D

2) B

3) C

4) A

5) B

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.