Aquired Pellicle

aquired pellicle adalah

Aquired pellicle adalah lapisan tipis, licin, tidak berwarna, translusen, aseluler dan bebas bakteri. Lokasinya tersebar merata pada permukaan gigi dan lebih banyak terdapat pada daerah yang berdekatan dengan gingiva.

Jika diwarnai dengan larutan pewarna (disclosing solution) akan terlihat sebagai suatu permukaan yang tipis dan pucat dibandingkan dengan plak yang lebih kontras warnanya.

Kapan Waktu Terbentuknya Aquired Pellicle?

Aquired pelicle ini dapat terbentuk setelah gigi erupsi dan setelah kutikula email primer dan reduced email epithelium (membran Nasmyth) hilang karena abrasi atau pada permukaan gigi yang baru saja selesai disikat atau dibersihkan sehingga gigi langsung berkontak dengan saliva dan flora mikroorganisme.

Bacaan Lainnya

Bagaimana Cara Terbentuknya Aquired Pellicle?

Ada beberapa pendapat tentang cara pengendapan glikoprotein saliva pada permukaan gigi antara lain absorbsi protein saliva di permukaan email terjadi karena adanya daya Tarik-menarik antara kalsium hidroksiapatit pada permukaan gigi dengan glikoprotein saliva.

Menurut pendapat ini, bakteri tidak ikut berperan dalam pembentukan aquired pelicle. Pendapat yang kedua mengatakan bahwa pengendapan protein saliva karena adanya bakteri yang menghasilkan enzim.

Pendapat yang ketiga mengatakan bahwa pengendapan protein saliva terjadi karena adanya daya-tarik menarik antara email dan protein dan karena adanya bakteri yang menghasilkan produk metabolismenya, jadi merupakan gabungan dari pendapat satu dan dua.

Dengan adanya pengendapan protein saliva pada permukaan email maka terbentuklah lapisan dengan ketebalan 0,05 – 0,8 mikron, meski ada pula yang mengatakan bahwa ketebalan aquired pelicle  ini sekitar 1 – 10 mikron, yang melekat erat pada permukaan gigi dan berhubungan dengan enamel rod di bawahnya.

Aquired pelicle ini terjadi atas mukoprotein dan glikoprotein saliva dengan sedikit lipid. Aquired pelicle dapat dihilangkan sementara dengan cara menyikat gigi, tetapi tidak lama kemudian akan terbentuk kembali.

Penelitian yang pernah dilakukan  terhadap lapisan yang melekat pada permukaan gigi dengan menggunakan mikroskop elektron, membagi lapisan ini dalam tiga bagian yaitu: subsurface cuticule, surface cuticule dan stained pellicle.

Subsurface Cuticule

Subsurface cuticule terbentuk setelah gigi erupsi dan membran Nasmyth yang melindungi gigi menghilang karena abrasi sehingga pada permukaan gigi terbentuk suatu struktur dendritik yang terdiri atas saluran-saluran ultramikroskopik yang menembus permukaan gigi sedalam 1-3 mikron yang terbentuk karena demineralisasi erosif pada permukaan gigi. Saluran-saluran ini kemudian akan diisi oleh bahan protein yang berasal dari saliva.

Di atas subsurface cuticule terdapat lapisan lain yang dinamakan surface cuticule (kutikula permukaan) dengan ketebalan 0,2 mikron yang juga berasal dari protein saliva dan yang paling luar adalah stain pellicle dengan ketebalan 1-10 mikron, berasal dari protein saliva yang mengendap karena adanya enzim ekstraseluler yang dihasilkan bakteri pada permukaan gigi. Selain itu, lapisan ini mengandung bakteri yang sudah mati dan mengalami lisis.

Peranan aquired pelicle ini belum diketahui dengan pasti, tetapi disepakati bahwa lapisan ini merupakan tahap permulaan dari pembentukan plak gigi.

Penutup

  • Aquired pelicle adalah lapisan yang tipis, licin tidak berwarna dan bebas bakteri yang terletak pada seluruh permukaan gigi.
  • Lapisan ini akan mudah dilihat menggunakan pewarna (disklosing).
  • Lapisan ini terbentuk pada gigi yang baru erupsi dan pada gigi yang baru selesai dibersihkan.
  • Lapisan ini terdiri dalam tiga bagian yaitu: subsurface cuticule, surface cuticule dan stained pellicle.
  • Peranan aquired pelicle ini belum diketahui dengan pasti, tetapi disepakati bahwa lapisan ini merupakan tahap permulaan dari pembentukan plak gigi.

Demikian artikel yang bisa menjawab pertanyaan Aquired pelicle adalah. Kami ucapkan terima kasih.

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.