Food Debris

food debris

Food debris adalah sisa makanan yang tertinggal di dalam rongga mulut dan biasanya terletak di antara gigi atau bahkan menempel pada permukaan gigi.

Kebanyakan debris makanan akan segera mengalami liquifikasi oleh enzim bakteri dan bersih 5-30 menit setelah makan, tetapi ada kemungkinan sebagian masih tertinggal pada permukaan gigi dan membran mukosa.

Pembersihan Food Debris Dari Rongga Mulut?

Aliran saliva, aksi mekanis dari lidah, pipi dan bibir serta bentuk dan susunan gigi dan rahang akan memengaruhi kecepatan pembersih sisa makanan. Pembersihan ini dipercepat oleh proses pengunyahan dan viskositas ludah yang rendah.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Materia Alba Adalah

Walaupun debris makanan mengandung bakteri, tetapi berbeda dari plak dan materia alba, debris ini lebih mudah dibersihkan. Debris harus dibedakan dengan makanan yang tertekan ke ruang interproksimal (food impaction).

Kecepatan pembersihan debris makanan dari rongga mulut bervariasi menurut jenis makanan dan individunya. Bahan makanan yang cair lebih mudah dibersihkan dibanding bahan makanan yang padat.

Gula yang dimakan dalam keadaan cair tertinggal dalam saliva selama 15 menit, sedangkan gula yang dimakan dalam keadaan padat tertinggal dalam saliva sampai 30 menit setelah pengunyahan.

Makanan-makanan yang lengket seperti roti, bonbon, dan karame dapat melekat pada permukaan gigi sampai lebih dari 1 jam, sedangkan makanan yang kasar seperti wortel mentah, apel akan dibersihkan dengan segera. Makanan yang dingin akan lebih cepat dibersihkan dengan makanan yang panas.

BACA JUGA:  Materia Alba Adalah

BACA JUGA: Biofilm adalah

Penutup

  • Food debris adalah sisa makanan yang tertinggal dalam rongga mulut.
  • Gerakan pipi, lidah dan ludah pada saat mengunyah dapat mempengaruhi pembersihan f. debris.

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian Food Debris, semoga bisa menjawab pertanyaan anda, kami ucapkan terima kasih.

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.