Materia Alba Adalah

materia alba

Materia Alba adalah suatu deposit lunak, berwarna kuning atau putih keabu-abuan yang melekat pada permukaan gigi, restorasi, kalkulus dan gingiva.

Tidak mempunyai struktur yang spesifik serta mudah disingkirkan dengan semprotan air, akan tetapi untuk penyingkiran yang sempurna diperlukan pembersihan secara mekanis.

Untuk lebih jelasnya, yuk disimak!

Bacaan Lainnya
gambar Materia Alba
Gambar Materia Alba

Akibat dari Materia Alba

Materia alba dapat menyebabkan iritasi lokal pada gingiva sehingga dapat merupakan penyebab umum terjadinya gingivitis, efek iritasi oleh materia alba ini kemungkinan disebabkan oleh bakteri serta produk-produknya.

BACA JUGA:  Food Debris

Letak, Cara Terbentuk dan Komposisi 

Deposit ini pelekatannya kurang erat jika dibandingkan dengan plak gigi. Deposit dapat terlihat jelas tanpa menggunakan larutan disklosing dan sering kali cenderung menumpuk pada sepertiga gingival mahkota gigi dan pada gigi yang malposisi.

Deposit ini dapat terbentuk pada permukaan gigi yang baru dibersihkan dalam beberapa jam dan pada waktu tidak digunakan untuk pengunyahan.

Dahulu materia alba ini diduga terdiri atas debris makanan, akan tetapi sekarang diketahui kalau materia alba ini terdiri atas massa organisme, sel-sel epitel yang mengalami degenerasi, leukosit, gabungan dari protein saliva dan sisa makanan.

BACA JUGA:  Food Debris

Penutup

  • Materia alba merupakan endapan berwarna kuning atau putih keabu-abuan yang melekat pada permukaan gigi dan restorasi.
  • Endapan ini mudah dibersihkan dengan semprotan air, namun untuk membersihkannya secara sempurna maka diperlukan pembersihan secara mekanis.
  • Endapan dapat mengakibatkan iritasi lokal sehingga dapat menjadi penyebab gingivitis.

Demikian penjelasan terkait Materia Alba adalah, semoga bisa menjawab pertanyaan anda, kami ucapkan terima kasih.

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.