Modul Makna Tersirat Dalam Teks Anekdot Kelas 10

modul makna tersirat dalam teks anekdot kelas 10

Modul Makna Tersirat Dalam Teks Anekdot Kelas 10 pdf Bahasa Indonesia SMA KD 3.5 disusun Sutji Harijanti, S.Pd., M.Pd dari SMAN 5 Semarang.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengkoleksi modul Makna Tersirat Dalam Teks Anekdot kelas 10 ini serta opsi MODUL BAHASA INDONESIA SMA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
  • Kelas : X
  • Alokasi Waktu : 4 JP 2 X Pertemuan
  • Judul Modul : Makna Tersirat dalam Teks Anekdot

Kompetensi Dasar

  • 3.5 Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
  • 4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis.

Deskripsi Singkat Materi

Halo peserta didik yang hebat, semoga kalian selalu sehat dan semangat. Selamat berjumpa di modul pembelajaran Bahasa Indonesia.

BACA JUGA:  Modul Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot Kelas 10

Dalam modul ini akan dibahas beberapa aspek yang merupakan bagian dari teks anekdot, aspek-aspek tersebut adalah : Mendata pokok-pokok isi anekdot; Menganalisis teks anekdot; Mengonstruksi makna tersirat dalam teks anekdot; Menciptakan teks anekdot.

Hidup di dunia pasti banyak mengalami peristiwa kadang menyenangkan, menyedihkan, menyeramkan, dan menggelikan. Peristiwa tersebut membuat kita ketakutan, sedih, atau pun tertawa terbahak-bahak. Namun, dibalik peristiwa tersebut pasti ada makna yang tersirat, yang kadang dapat dijadikan untuk instropeksi diri.

Pun demikian dalam pembahasan di modul ini, teks anekdot akan membahas cerita lucu yang dapat dijadikan sebagai bahan sindiran yang didalamnya terkandung makna tersirat, yang secara rinci akan dibahas secara jelas sesuai dengan tujuannya yang mengarah pada aspek-aspek yang sudah dipaparkan sebelumnya. Untuk itu, mari kita pelajari bersama-sama .

Petunjuk Penggunaan Modul

Agar modul dapat digunakan secara maksimal maka kalian diharapkan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Pelajari dan pahami peta materi yang disajikan dalam setiap modul.
  2. Pelajari dan pahami tujuan yang tercantum dalam setiap kegiatan pembelajaran.
  3. Pelajari uraian materi secara sistematis dan mendalam dalam setiap kegiatan pembelajaran.
  4. Lakukan uji kompetensi di setiap akhir kegiatan pembelajaran untuk menguasai tingkat penguasaan materi.
  5. Diskusikan dengan guru atau teman jika mengalami kesulitan dalam pemahaman materi. Lanjutkan pada modul berikutnya jika sudah mencapai ketuntasan yang diharapkan.
BACA JUGA:  Modul Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot Kelas 10

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Struktur Anekdot
  • Kedua : Kebahasaan Anekdot

Modul ini sangat bermanfaat bagi kalian. Kalian dapat lebih peka memahami keadaan sekeliling kalian. Kepekaan kalian itu akan dapat digunakan untuk memahami struktur dan kebahasaan dalam anekdot.

Jika ada kata-kata yang tidak dipahami, kalian dapat mencermati glosarium sebagai gambaran makna katanya. Kalian pasti bisa. DOWNLOAD PDF MODUL BAHASA INDONESIA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.