Modul Laporan Hasil Observasi Kelas 10

modul laporan hasil observasi kelas 10

Modul Laporan Hasil Observasi Kelas 10 pdf Bahasa Indonesia Wajib SMA KD 3.1 disusun Indri Anatya Permatasari, M.Pd dari SMA Negeri 56 Jakarta.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengkoleksi modul Laporan Hasil Observasi kelas 10 ini serta opsi MODUL BAHASA INDONESIA SMA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
  • Kelas : X
  • Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
  • Judul Modul : Laporan Hasil Observasi

Kompetensi Dasar

  • 3.1 Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
  • 4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.

Deskripsi Singkat Materi

Salam jumpa, bagaimana kabar kalian hari ini? Pasti kalian sedang bahagia, ya. Keinginan kalian telah terwujud, yaitu masuk ke sekolah yang kalian idam-idamkan. Selamat ya!

Berjanjilah bahwa kalian akan mencetak prestasi yang setinggi-tingginya di sekolah baru kalian. Kalian pun akan membuat sekolah kalian harum di antara sekolah lainnya. Ingatlah sebuah perjalanan ribuan mil dimulai dari langkah kecil. Artinya, tujuan besar kalian dimulai dari persiapan kalian saat ini. Sekecil apapun persiapan itu akan berarti sangat besar dan penting di kemudian hari.

BACA JUGA:  Modul Identifikasi Teks Eksposisi Kelas 10

Materi pertama pelajaran bahasa Indonesia kalian, adalah mengidentifikasi laporan hasil observasi. Apakah laporan hasil observasi itu? Ya, kalian sudah pernah mempelajari teks ini ketika kalian masih duduk di SMP, kelas VII. Jadi, materi ini bukanlah hal baru untuk kalian.

Laporan merupakan penyampaian suatu hasil kegiatan baik secara perseorangan maupun kelompok yang dibuat berdasarkan data dan fakta yang sebenarnya. Adapun, observasi merupakan pengamatan atau peninjauan secara cermat.

Dengan demikian, laporan observasi merupakan penyampaian suatu kegiatan yang diamati secara cermat sesuai dengan data dan fakta. Laporan hasil observasi bukan berdasarkan imajinasi atau rekayasa. Hal ini menegaskan bahwa bahwa laporan hasil observasi adalah sesuatu yang sudah terjadi.

Oleh karena itu, bekal kalian untuk mempelajari materi ini adalah menggunakan pancaindra kalian sebaik-baiknya agar dapat membuat laporan hasil pengamatan kalian sedetail mungkin.

Petunjuk Penggunaan Modul

Supaya belajar kalian dapat bermakna maka yang perlu kalian lakukan, yaitu:

  1. Pastikan kalian mengerti target kompetensi yang akan dicapai.
  2. Mulailah dengan membaca materi.
  3. Kerjakan soal latihannya.
  4. Jika sudah lengkap mengerjakan soal latihan, cobalah buka kunci jawaban yang ada pada bagian akhir dari modul ini. Hitunglah skor yang kalian peroleh.
  5. Jika skor masih di bawah 70, cobalah baca kembali materinya, usahakan jangan mengerjakan ulang soal yang salah sebelum kalian membaca ulang materinya.
  6. Jika skor kalian sudah minimal tujuh puluh, kalian bisa melanjutkan ke pembelajaran berikutnya.
BACA JUGA:  Modul Struktur dan Kebahasaan Teks Eksposisi Kelas 10

Cocokkanlah jawaban kalian dengan kunci jawaban latihan soal/ evaluasi yang terdapat di bagian akhir kegiatan pembelajaran dan akhir evaluasi. Hitunglah jawaban yang benar.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Isi Laporan Hasil Observasi
  • Kedua : Struktur Laporan Hasil Observasi

Modul ini akan sangat bermanfaat bagi kalian. Kalian dapat lebih peka memahami keadaan sekeliling kalian. Kepekaan kalian itu akan dapat digunakan untuk mengidentifikasi laporan hasil observasi. Jika ada kata-kata yang tidak dipahami, kalian dapat mencermati glosarium sebagai gambaran materi.

Bagaimana, pasti kalian sudah tak sabar ingin mempelajari lebih jauh tentang teks laporan hasil observasi, bukan? DOWNLOAD PDF MODUL BAHASA INDONESIA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

4/5 – (4 votes)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.