Modul Keteladanan Tokoh Dalam Teks Biografi Kelas 10

modul keteladanan tokoh dalam teks biografi kelas 10

Modul Keteladanan Tokoh Dalam Teks Biografi Kelas 10 pdf Bahasa Indonesia SMA KD 3.15 disusun Foy Aryo, M.Pd dari SMA Negeri 12 Jakarta.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengkoleksi modul Keteladanan Tokoh Dalam Teks Biografi kelas 10 ini serta opsi MODUL BAHASA INDONESIA SMA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
  • Kelas : X
  • Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
  • Judul Modul : Teks Biografi

Kompetensi Dasar

  • 3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
  • 4.15 Menceritakan kembali isi teks biografi baik lisan maupun tulis.

Deskripsi Singkat Materi

Salam sehat tanpa obat anak-anak. Bagaimana kabar kalian. Semoga kalian selalu dalam kondisi sehat dan berbahagia. Semangat menjalani hari-hari yang penuh makna ini, tetap jaga kesehatan karena di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.

Persiapan kalian yang utama adalah kalian dalam keadaan sehat sehingga dapat mempelajari modul ini dengan baik.

Pada modul ini, kalian akan mempelajari materi tentang teks biografi. Siapakah tokoh idolamu? Darimana kalian mengetahui riwayat hidup dan perjalanan kariernya? Dan apakah yang menarik dari tokh idolamu? Kira-kira hal apakah yang dapat kalian teladani dari tokoh tersebut?

Biografi ditulis secara naratif. Naratif menyajikan informasi secara kronologis/ berbentuk susunan cerita berdasarkan urutan waktu.

BACA JUGA:  Modul Hal Yang Dapat Diteladani Dari Tokoh Biografi Kelas 10

Teks biografi merupakan salah satu bentuk teks cerita ulang. Cerita ulang biasanya disajikan secara kronologis, mengikuti urutan waktu. Seperti halnya teks cerita pendek ataupun novel, dalam biografi juga terkandung unsur penokohan, latar, dan alur kejadian.

Ada tiga jenis teks cerita ulang yaitu cerita ulang personal, cerita ulang fakta, dan cerita ulang imajinasi. Yang termasuk cerita ulang personal antara lain buku harian dan surat pribadi. Cerita ulang fakta antara lain catatan sejarah, biografi, autobiografi, dan berita di media massa.

Cerita ulang imajinasi antara lain dongeng, novel dan cerpen. Riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokohnya disebut autobiografi, sedangkan riwayat hidup yang ditulis oleh orang lain disebut biografi. Biografi termasuk dalam cerita ulang.

Berdasarkan fungsi ataupun tujuannya, cerita ulang dikategorikan sebagai teks narasi, yakni teks yang bertujuan untuk mengisahkan suatu peristiwa dengan senyata-nyatanya sehingga pembaca ataupun pendengarnya seolah-olah menyaksikan langsung peristiwa itu.

Melalui modul ini kalian juga akan mengetahui struktur teks biografi dan kaidah kebahasaannya.

Petunjuk Penggunaan Modul

Supaya pembelajaran yang kalian lakukan lebih bermakna, yang perlu kalian lakukan adalah:

BACA JUGA:  Modul Hal Yang Dapat Diteladani Dari Tokoh Biografi Kelas 10

  1. Pastikan kalian mengerti target kompetensi yang akan dicapai.
  2. Mulailah dengan membaca materi.
  3. Kerjakan soal latihannya.
  4. Jika sudah lengkap mengerjakan soal latihan, cobalah buka kunci jawaban yang ada pada bagian akhir dari modul ini. Hitunglah skor yang kalian peroleh.
  5. Jika skor masih di bawah 70, cobalah baca kembali materinya, usahakan jangan mengerjakan ulang soal yang salah sebelum kalian membaca ulang materinya.
  6. Jika skor kalian sudah minimal tujuh puluh, kalian bisa melanjutkan ke pembelajaran berikutnya.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Pengertian biografi, struktur teks biografi, dan kaidah kebahasaan biografi
  • Kedua : Menceritakan kembali isi teks biografi baik lisan maupun tulis

Modul ini sangat bermanfaat bagi kalian. Kalian dapat lebih peka memahami keadaan sekeliling. Kepekaan tersebut dapat kalian digunakan untuk memahami informasi yang terdapat dalam teks biografi. Jika ada kata-kata yang tidak dipahami, kalian dapat mencermati glosarium sebagai gambaran makna katanya. Kalian pasti bisa. DOWNLOAD PDF MODUL BAHASA INDONESIA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.