Pendahuluan Proposal

pendahuluan proposal

Pendahuluan proposal adalah komponen paling penting dalam suatu karya tulis ilmiah. Bahkan kebanyakan mahasiswa/mahasiswi seringkali mengalami kesulitan saat hendak membuat proposal penelitian. Olehnya sangat penting memahami bagian ini.

Untuk lebih jelasnya, yuk di simak sob!

BAGIAN AWAL

Pada bagian awal penulisan proposal Karya tulis ilmiah (KTI) secara berurutan terdiri atas:

Bacaan Lainnya

1. Halaman Judul

Halaman judul memuat judul, maksud usulan Karya Ilmiah, lambang instansi pendidikan tinggi, nama dan Nomor Pendaftaran Mahasiswa (NPM), instansi yang dituju dan tahun pengajuan.  Jabaran mengenai yang dimuat pada halaman Judul adalah sebagai berikut:

  • Judul Karya Ilmiah dibuat singkat, padat, dan jelas maksimal 12-16 kata, juga menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak diteliti, tempat dan waktu pelaksanaan, serta tidak membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam.Judul disusun menyerupai bentuk piramida terbalik yang terdiri dari 3-4 baris kalimat (jika memungkinkan). pemenggalan kalimat dalam judul harus tepat dan tidak terputus. Hal ini lebih diutamakan daripada bentuk piramida terbalik.
  • Maksud usulan Karya Ilmiah adalah untuk memenuhi salah satu syarat guna memperoleh gelar ahli pada program studi yang dituju.
  • Lambang institusi perguruan tinggi dengan diameter maksimal 5,5 cm, dengan letak di tengah bidang.
  • Nama mahasiswa ditulis lengkap, tidak boleh disingkat beserta underline dan tanpa derajat kesarjanaan. NIM ditulis di bawah nama mahasiswa yang bersangkutan.
  • Institusi yang dituju adalah Program Studi dan institusi pendidikan.
  • Tahun pengajuan ditunjukkan dengan menuliskan tahun di bawah Institusi yang dituju.

2. Halaman Persetujuan

Halaman ini berisi persetujuan pembimbing Karya Ilmiah lengkap dengan tanda tangan dan tanggal persetujuan, sebagai bukti bahwa proposal ini layak dan disetujui untuk penelitian.

INGAT! Halaman persetujuan hanya ada sebelum uji usulan Karya Ilmiah.

3. Halaman Pengesahan

Halaman ini berisi pengesahan penguji, pembimbing Karya Ilmiah, dan Ketua Program Studi.

INGAT! : Halaman pengesahan hanya ada sesudah uji usulan Karya Ilmiah.

4. Kata Pengantar

Kata pengantar memuat uraian singkat tentang maksud usulan penelitian, penjelasan-penjelasan dan ucapan terima kasih serta tidak terdapat hal-hal yang bersifat ilmiah.

5. Daftar Isi

Daftar isi memberikan gambaran secara menyeluruh tentang isi usulan penelitian dan tertera urutan judul, sub judul, dan anak sub judul disertai dengan nomor halamannya.

6. Daftar Tabel

Daftar tabel menggambarkan keseluruhan tabel yang terdapat dalam usulan Karya Ilmiah yang dituliskan berdasarkan kemunculan setiap Babnya.

7. Daftar Gambar

Daftar gambar menggambarkan keseluruhan gambar (foto, diagram, bagan, skema, grafik dan yang sejenis lainnya) yang terdapat dalam usulan Karya Ilmiah yang dituliskan berdasarkan kemunculan setiap babnya.

8. Daftar Lampiran

Daftar lampiran menggambarkan keseluruhan lampiran yang terdapat dalam usulan Karya Ilmiah.

BAGIAN TENGAH

Pada bagian tengah ini ada beberapa hal yang anda harus pahami dan harus termuat dalam penyusunan proposal penelitian. Beberapa hal tersebut adalah:

  • Latar belakang
  • Perumusan masalah penelitian
  • Tujuan penelitian
  • Manfaat penelitian

Untuk memberikan pemahaman yang lebih baik maka berikut ini akan dibahas secara mendetail pendahuluan proposal bagian tengah tentang manfaat, latar belakang, rumusan masalah dan tujuan penelitian.

1. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian adalah suatu indikasi yang akan dicari dalam sebuah penelitian. Tujuan penelitian diharapkan dapat menjawab pertanyaan dan rumusan dalam sebuah penelitian.

KLIK Selengkapnya: Cara menyusun Tujuan Penelitian?

2. Manfaat Penelitian

Sebuah penelitian dalam suatu karya ilmiah hendaknya mempunyai nilai kemanfaatan. Anda dapat mengungkapkan kegunaan atau manfaat KTI dengan menguraikan kegunaan bagi diri sendiri, orang lain, lembaga, negara, atau kontribusinya terhadap pengembangan ilmu, pengetahuan dan teknologi.

KLIK Selengkapnya: Cara menyusun Manfaat Penelitian?

3. Rumusan Masalah

Masalah adalah kesenjangan antara apa yang seharusnya dengan kenyataan yang ada atau terjadi dengan yang seharusnya ada atau terjadi, antara harapan dan kenyataan.

KLIK Selengkapnya: Cara menyusun Rumusan Masalah Penelitian?

4. Latar Belakang

Latar belakang menjadi topik yang sangat penting karena memuat pertanyaan jawaban fundamental untuk sebuah penelitian ilmiah.

Untuk Selengkapnya: Cara menyusun Latar Belakang?

Nah, demikian informasi singkat seputar pendahuluan proposal yang kami ulas dengan singkat dan jelas. Untuk infomasi metodologi penelitian lainnya, silahkan simak artikel lain yang telah disediakan.

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.