Manfaat Penelitian

manfaat penelitian

Manfaat Penelitian adalah komponen penting yang terdapat pada bagian pendahuluan karya tulis ilmiah. Sangat penting untuk dipahami, terkhus yang sedang atau akan melakukan penelitian.

Untuk selengkapnya, yuk disimak sob!

Sebuah penelitian dalam suatu karya ilmiah hendaknya mempunyai nilai kemanfaatan. Anda dapat mengungkapkan kegunaan KTI dengan menguraikan kegunaan bagi diri sendiri, orang lain, lembaga, negara, atau kontribusinya terhadap pengembangan ilmu, pengetahuan dan teknologi.

Bacaan Lainnya

Yang Perlu diperhatikan

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menuliskan manfaat penelitian atau disingkat MP adalah bahwa hendaknya mencakup:

  1. Siapa penerima manfaat

Peneliti dalam penulisan KTI harus menyebutkan secara spesifik siapa saja yang dapat menerima benefit dari penelitian yang sudah dilakukan. Penerima manfaat bisa tenaga kesehatan (tentu saja teknisi pelayanan darah), institusi tempat dilakukan penelitian (bisa Rumah Sakit, Unit Transfusi Darah, Desa, dll), bagi responden atau subjek penelitian (pendonor, pasien, masyarakat, dll), dan peneliti lain.

  1. Apa manfaat dari penulisan laporan KTI

Peneliti harus menyebutkan secara spesifik manfaat apa saja yang diterima dari penelitian yang sudah dilakukan dalam KTI. Jenis manfaat bisa saja berkaitan dengan pemahaman mengenai besar masalah, dampak masalah, kebutuhan pendonor dan lain sebagainya.

Sebuah penelitian dalam karya tulis ilmiah dapat didefinisikan sebagai serangkaian kegiatan terhadap pemecahan suatu masalah. Hal ini tentunya sebuah penelitian dalam karya tulis ilmiah mempunyai nilai guna. Manfaat dalam sebuah penelitian karya tulis ilmiah dapat bermanfaat secara keilmuan atau teoritis dan manfaat dalam praktik.

Jenis Manfaat Penelitian

Untuk uraian manfaat sebuah penelitian karya tulis ilmiah akan diuraikan sebagai berikut:

  1. Manfaat Teoritis

Berdasarkan L.A Levit 2009 menyatakan sebuah penelitian sebuah karya tulis ilmiah dapat  mengarah pada penemuan signifikan, pengembangan sebuah metode atau teknik yang baru, efek samping dari intervensi medis dengan mengendalikan variabel yang dapat mempengaruhi hasil penelitian, tetapi umpan balik dari pengalaman klinis dunia nyata juga penting untuk membandingkan dan meningkatkan penggunaan obat, vaksin, perangkat medis, dan diagnostik dan peningkatan yang luar biasa dalam bidang  kesehatan yang berguna untuk masyarakat.

Rumusan MP dalam bidang ilmu pengetahuan disebut dengan (scientific) yang membahas tentang rumusan MP terhadap ilmu pengetahuan kesehatan, khususnya dalam bidang teknologi bank darah.

  1. Manfaat praktis

Jenis ini yang biasanya diutamakan oleh pengguna (consumer), merupakan rumusan masalah untuk siapa manfaat hasil penelitian nanti, misalnya untuk responden, pengelola program, kepala institusi, masyarakat.  Sasaran manfaat praktis antara lain:

  • Profesi: Hasil penulisan penelitian dalam KTI ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan darah yang optimal bagi teknisi pelayanan darah.
  • Institusi Pelayanan: Hasil penulisan penelitian dalam KTI ini diharapkan dapat memberikan kegunaan dalam institusi pelayanan darah agar dapat memberi dan mempertahankan pelayanan darah yang optimal.
  • Klien dan Masyarakat: Agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan terutama pelayanan darah yang bermutu.

Contoh Penulisan

Agar pemahaman Anda lebih mendalam dalam penulisan, di bawah ini akan ada beberapa contoh yang bisa anda gunakan sebagai gambaran dalam menulis manfaat dalam penelitian karya tulis ilmiah, contohnya sebagai berikut:

#CONTOH PERTAMA

Judul Penelitian: Pengetahuan Mahasiswa tentang Donor Darah di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Nama Peneliti: Luki Dwi Susanti

MP:

  • Manfaat Teoritis, penelitian ini dapat digunakan sebagai pengembangan ilmu pengetahuan yang telah didapat dan dapat pula sebagai bahan kajian untuk kegiatan khusus  mengenai donor darah.
  • Manfaat Praktis (bagi profesi), penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah ilmu di bidang kesehatan terutama tentang tema donor darah dalam menyusun strategi untuk melestarikan program donor darah sukarela.
  • Manfaat Praktis (bagi Instansi pendidikan), penelitian ini di harapkan dapat memberi masukan kepada instansi pendidikan dalam program rekrutmen donor darah sehingga akan semakin banyak pendonor darah sukarela yang mendonorkan darah secara rutin.
  • Manfaat Praktis (bagi peneliti selanjutnya), penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi atau masukan bagi peneliti lain, khususnya para peneliti yang akan melakukan penelitian di bidang yang serupa.

#CONTOH KEDUA

Judul Penelitian: Motivasi Masyarakat Dalam Melakukan Donor Darah di RSUD Dr. Hardjono Ponorogo

Nama Peneliti: Puji Andriani

MP:

  • Manfaat Teoritis, sebagai bahan masukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan bidang rekrutmen dan pelestarian donor. Manfaat Praktis (bagi PMI), menambah sumber kepustakaan di PMI tempat penelitian serta untuk mengembangkan ilmu pengetahuan tentang donor darah dan manfaat donor darah.
  • Manfaat Praktis (bagi peneliti selanjutnya), Sebagai referensi dan sumber data peneliti selanjutnya untuk meneliti tentang motivasi masyarakat dalam donor darah.

BACA JUGA: Cara sitasi dengan Mendeley

Nah, demikian penjelasan lengkap tentang manfaat penelitian, lengkap dengan jenis dan contohnya. Untuk memperluas khasanah kamu tentang metodologi penelitian, silahkan simak artikel lainnya yang ada di website ini.

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.