Soal Akar-Akar Demokrasi di Indonesia

soal akar-akar demokrasi di indonesia

Soal Akar-Akar Demokrasi di Indonesia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 11, XI KD 3.9 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang akar-akar demokrasi di Indonesia.

Rangkuman Materi Akar-Akar Demokrasi di Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Akar-akar demokrasi di Indonesia dapat dilihat dari lahirnya berbagai perkumpulan dan perserikatan, seperti Volksraad. Volksraad sengaja didirikan, bukan sebagai parlemen perwakilan rakyat Indonesia melainkan hanya sebagai penasihat Gubernur Jenderal Hindia-Belanda. Akan tetapi, beberapa aktivis pergerakan nasional memanfaatkan Volksraad sebagai wadah perjuangan untuk membela kepentingan rakyat Indonesia dan perjuangan bagi kemerdekaan Indonesia.

Bacaan Lainnya

Salah satu tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang sekaligus sebagai tonggak demokrasi di Indonesia adalah Kongres Pemuda II. Musyawarah yang menyatukan semua organisasi pemuda diberbagai daerah di Indonesia yang membuahkan hasil ksepakatan penting bagi keberlangsungan kehidupan bangsa Indonesia dengan lahirnya Sumpah Pemuda.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Negara yang mempelopori munculnya paham demokrasi, adalah …

A. Indonesia

B. Inggris

C. Perancis

D. Yunani

E. Italia

2. Dibawah ini yang bukan merupakan ciri-ciri paham demokrasi adalah ….

A. Keputusan Pemerintah untuk Seluruh Rakyat

B. Menjalankan Konstitusi

C. Adanya Perwakilan Rakyat

D. Adanya Sistem Kepartaian

BACA JUGA:  Soal Pemikiran Yang Melandasi Revolusi Rusia dan Indonesia

E. Digunakannya keputusan pemerintah

3. Perhatikan kasus-kasus di bawah ini !

1) Penyelenggaraan irigasi, pengairan hanya diperuntukkan bagi perkebunan-perkebunan milik Belanda.

2) Penyelenggaraan pendidikan, dibagi menjadi dua golongan. Pertama golongan anak-anak pegawai negeri, bangsawan dan orang-orang yang mampu. Kedua, adalah golongan untuk rakyat biasa yang hanya diberi pelajaran membaca dan menulis tingkat dasar yang setingkat dengan sekolah dasar kelas 2 (dua).

3) Perpindahan penduduk dari Jawa yang dipindahkan ke luar Jawa dengan tujuan perkebunan-perkebunan Belanda dan swasta asing. Rakyat yang mengikuti program ini akhirnya dijadikan sebagai kuli kontrak.

Dari kasus-kasus di atas kita bisa melihat pelanggaran yang dilakukan oleh pemerintah Kolonial Belanda pada masa ….

A. Politik Pintu Terbuka

B. Politik Tanam Paksa

C. Politik Ekonomi Liberal

D. Politik Etis

E. Politik Monopoli Perdagangan

4. Salah satu ciri pergerakan nasional yang bersifat kooperatif sehubungan dengan dibentuknya Volksraad oleh pemerintah kolonial Belanda adalah ….

A. menolak menjadi anggota Volksraad

B. ikut duduk sebagai anggota Volksraad

C. mendengarkan usulan anggota Volksraad

D. tidak mengikuti rapat anggota Volksraad

E. tidak setuju atas berdirinya Volksraad

5. Dengan adanya sumpah pemuda, setiap organisasi kedaerahan secara konsekuen meleburkan diri ke dalam wadah yang telah disepakati bersama yaitu …

A. Pemuda Indonesia Bersatu

B. Indonesia Merdeka

C. Bersatulah Pemuda Indonesia

D. Pemuda Indonesia

E. Indonesia Muda

6. Sumpah Pemuda memiliki arti penting bagi seluruh rakyat Indonesia baik pada masa itu maupun masa kini. Makna Sumpah Pemuda bagi para pemuda pada saat ini adalah …

A. merupakan pendobrak lahirnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa

B. sumpah pemuda merupakan sejarah awal lahirnya persatuan bangsa

BACA JUGA:  Soal Perkembangan Paham Demokrasi, Liberalisme, Sosialisme, Nasionalisme, dan Pan Islamisme

C. merupakan tonggak sejarah yang malahirkan semangat nasionalisme

D. berloma-lomba untuk meningkatkan kesadaran berbuat yang lebaih baik

E. menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa Indonesia

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. C → Pembahasan: Pengertian Demokrasi (ala Revolusi Perancis), ialah suatu prinsip bahwa setiap manusia dilahirkan dengan hak yang sama dalam kehidupan bernegara. Hak tersebut antara lain: hak bersuara, mengemukakan pendapat, berserikat, dan berkumpul.
  2. E → Pembahasan: Adanya keterlibatan warga negara (rakyat) dalam pengambilan keputusan politik, baik langsung maupun tidak langsung (perwakilan) dalam pemerintahan.
  3. D → Pembahasan: Tujuan politik etis adalah memajukan tiga bidang yakni edukasi dengan menyelenggarakan pendidikan, Irigasi dengan membangun sarana dan jaringan pengairan, dan juga Transmigrasi/ imigrasi dengan mengorganisasi perpindahan penduduk.
  4. B → Pembahasan: Dewan yang dibentuk 1918 oleh Belanda berperan sebagai badan penasihat yang hanya berhak memberikan usul-usul kepada pemerintah Hindia Belanda, dijadikan media bagi pergerakan nasional untuk melakukan perjuangan.
  5. E → Pembahasan: Organisasi pemuda yang diresmikan tanggal 31 Desember 1930 yang merupakan penggabungan antara organisasi Jong Java, Pemuda Indonesia dan Jong Sumatra.
  6. E → Pembahasan: Dengan adanya sumpah pemuda maka generasi muda masa kini bisa tahu bahwa kita adalah satu tanah air indonesia, satu bangsa indonesia, dan menjunjung tinggi bahasa persatuan Indonesia. Memberikan makna untuk mencintai indonesia dengan segenap hati dan jiwa dan memberi penekanan agar bangga menjadi bagian dari negara Indonesia.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.