Soal Akar-Akar Nasionalisme Indonesia dan Pengaruhnya Pada Masa Kini – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal sejarah kelas 10, 11, dan 12 SMA untuk Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Oke, mari kita pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang akar-akar nasionalisme Indonesia dan pengaruhnya pada masa kini.
* (Disertai kunci jawaban di akhir soal)
Soal Pilihan Ganda
Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!
Pilihlah satu jawaban yang paling benar!
1. Soekarno menginginkan suatu karakter politik nasionalisme Indonesia (nation character building) yang di dalamnya berisi tentang …
A. Anti imperialisme, anti demonstrasi, pro-perdamaian
B. Anti kolonialisme, anti perdamaian, pro-permusuhan
C. Anti impreliasme, anti kolonialisme, pro-perdamaian
D. Imperialisme, kolonialisme, kontra-perdamaian
E. Imperialisme, Kolonialisme, pro-permusuhan
2. Pada awal perkembangan nasionalisme di Indonesia ditandai dengan adanya …
A. Gerakan perbaikan meliputi perbaikan sosial, pendidikan maupun budaya
B. Gerakan reaktif terhadap kebijakan pemerintah kolonial
C. Gerakan provoaktif untuk menentang kolonial
D. Aksi perlawanan rakyat
E. Peningkaatan jumlah kaum cendekiawan
3. Perhatikan pernyataan dibawah ini!
1. Periode awal perkembangan
2. Periode bertahan
3. periode nasionalisme politik
4. Periode radikal
Berdasarkan pernyataan diatas urutan yang tepat mengenai tahapan munculnya rasa nasionalisme pada masa penjajahan yang diwarnai dengan organisasi pergerakan adalah….
A. 1,2,3, dan 4
B. 1,2,4 dan 3
C. 1,3,2,dan 4
D. 1,3,4 dan 2
E. 2,1,4 dan 3
4. Tujuan nasionalisme Soekarno pada masa Orde Lama adalah …
A. Membangkitkan rasa percaya diri bangsa Indonesia
B. Meningkatkan pembangunan Indonesia di berbagai bidang
C. Meningkatkan persatuan dan pembangunan di daerah
D. Meningkatkan harkat dan martabat bangsa Indonesia
E. Mengajak rakyat meningkat rasa cinta tanah air
5. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Perundingan Linggarjati
2. Perjanjian Renville
3. Perjanjian Bongaya
4. Perjanjian Sunda Kelapa
5. Konferensi Meja Bundar (KMB)
Berikut ini yang termasuk dalam perjuangan Diplomasi adalah …
A. 1,2 dan 3
B. 1,2 dan 5
C. 2 dan 3
D. 3 dan 5
E. 3 dan 4
6. Dampak negatif dari era reformasi yang berlangsung di Indonesia khususnya pada tahun 1998-2004 adalah ….
A. Rakyat terjebak pada euphoria kebebasan
B. Penegakkan demokrasi
C. Pemerintah yang transparan
D. HAM
E. Kasus korupsi melibatkan pejabat publik
7. Permasalahan paling kompleks yang dialami oleh negara Indonesia yang mengakibatkan tergerusnya nasionalisme adalah ….
A. Lemahnya aparatur penegak hukum
B. Permasalahan disintegrasi kedaerahan
C. Perkembangan globalisasi yang kian pesat
D. Perselisihan ideologi, politik, dan moral
E. Rendahnya kepercayaan terhadap kinerja pemerintah
8. Hadirnya kehidupan masyarakat dipelopori oleh sejarah pergerakan nasional Indonesia yang dilakukan oleh….
A. Para kiai
B. Kaum terpelajar
C. Masyarakat pribumi
D. Pedagang
E. Kaum ulama dan tumenggung
9. Fenomena generasi muda yang mengalami kepudaran terhadap jiwa nasionalisme disebabkan karena….
A. Orientasi nasionalisme adalah sikap dan perbuatan
B. Labeling nasionalisme menjadi stigma bagi generasi muda
C. Ukuran nasionalisme dipahami hanya sebatas perjuangan secara fisik
D. Kurangnya daya juang terhadap tantangan perubahan zaman
E. Kurangnya sosok heroisme bagi kaum muda
10. Permasalahan paling kompleks yang dialami oleh negara Indonesia yang mengakibatkan tergerusnya nasionalisme adalah….
A. Lemahnya aparatur penegak hokum
B. Permasalahan disintegrasi kedaerahan
C. Perkembangan globalisasi yang kian pesat
D. Perselisihan ideologi, politik, dan moral
E. Rendahnya kepercayaan terhadap kinerja pemerintah
11. Nasionalisme yang lahir di Indonesia bukanlah nasionalisme Barat, melainkan nasionalisme of humanity yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno yang berarti bahwa….
A. Kemanusiaan adalah satu
B. Kemanusiaan merupakan perbedaan yang harus dipertahankan
C. Karakter bangsa lahir dari kemanusiaan
D. Jiwa dan jati diri bangsa dipersatukan
E. Kemanusiaan adalah sebuah karakter
12. Nasionalisme era Orde Baru lebih mengarah pada state-oriented, yakni…
A. Kebebasan menyatakan pendapat
B. Negara memberikan kebebasan dalam segala hal
C. Negara sebagai pusat dalam segala hal
D. Negara sebagai pemegang kontrol utama
E. Negara memberi otonomi daerah
13. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme adalah …
A. Mencintai produk dalam negeri dan memiliki rasa percayasebagai bangsa Indonesia
B. Membangun komunitas pemuda
C. Ikut serta dalam pasar internasional
D. Ikut serta dalam pembangunan ekonomi
E. Memperkenalkan budaya Indonesia dalam berbagai media
14. Fenomena generasi muda yang mengalami kepudaran terhadap jiwa nasionalisme disebabkan karena..
A. Orientasi nasionalisme adalah sikap dan perbuatan
B. Labeling nasionalisme menjadi stigma bagi generasi muda
C. Ukuran nasionalisme dipahami hanya sebatas perjuangan secara fisik
D. Kurangnya daya juang terhadap tantangan perubahan jaman
E. Kurangnya sosok heroisme bagi kaum muda
15. Salah satu tanggapan negatif terhadap Petisi Sutardjo datang dari kelompok van Helsdingen-Notosoeroto. Kelompok ini menolak Petisi Sutardjo karena …
A. menuduh Sutardjo Kartohadikusumo menjalankan oportunistische politiek
B. menganggap petisi tersebut dapat melemahkan cita-cita lIndonesia merdeka
C. mengikuti saran dari Staten Jenderal yang menolak keinginan tokoh nasionalis
D. mendukung setiap kebijakan yang ditetapkan Staten Jenderal dan Ratu Belanda
E. rakyat Indonesia belum mampu menyelenggarakan pemerintahan sendiri
16. Dalam proses perumusan UUD 1945, para pendiri negara menyadari pentingnya menjunjung tinggi hak asasi manusia. Hal tersebut dibuktikan dengan dasar negara Indonesia yaitu sila pertama dan kedua Pancasila memiliki makna….
A. hak asasi manusia menjadi dasar dalam UUD 1945
B. Sebuah kebebasan beragama menjadi salah satu permasalahan di negara Indonesia
C. menjamin kebebasan setiap warga negaranya untuk menentukan agama
D. UUD 1945 memuat peraturan tentang kebebasan beragama bagi warga
E. negara yang menentukan salah satu agama sebagai agama wajib bagi setiap warga negara
Kunci Jawaban
1. A
2. A
3. D
4. A
5. B
6. A
7. C
8. B
9. C
10. D
11. A
12. D
13. A
14. D
15. E
16. C
Pelajari Juga: Perbedaan Diakronis dan Sinkronis Dalam Sejarah
Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Sejarah tentang Akar-Akar Nasionalisme Indonesia dan Pengaruhnya Pada Masa Kini Kelas 10, 11, dan 12 SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!