Soal Wawasan Nusantara Dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

soal wawasan nusantara dalam konteks negara kesatuan republik indonesia

Soal Wawasan Nusantara Dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas 10, 11, dan 12 SMA untuk Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal.

Oke, mari pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang wawasan nusantara dalam konteks negara kesatuan republik Indonesia.

* (Disertai kunci jawaban di akhir soal)

Bacaan Lainnya

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Negara yang tidak menerima pengaruh secara dominan dari negara yang berada di sekitarnya meskipun saling berdekatan disebut negara….

A Daratan

B Posibilitis

C Determinis

D Kepulauan

E Probabilitas

2. Tujuan dibentuknya negara Republik Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah  darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. 

Berdasarkan hal tersebut, yang merupakan tujuan eksternal wawasan nusantara adalah ….

A. mengembangkan suatu kerja sama dengan negara-negara maju saja

B. mewujudkan nasionalisme dengan menjunjung tinggi kepentingan golongan

C. mengembangkan kerja sama dengan menjunjung tinggi kepentingan masional

D. menjamin perwujudan persatuan kesatuan segenap aspek kehidupan nasional

E. terjaminnya kepentingan nasional dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia

3. Azas wawasan nusantara yang menyatakan bahwa keberanian, berfikir, berkata dan bertindak sesuai realita serta ketentuan yang benar biarpun realita dan ketentuan itu pahit dan kurang enak didengarnya, adalah…..

A. Keadilan

B. Kejujuran

C. Solidaritas

D. Kerja sama

E. Kesetiaan

4. Ketentuan atau kaidah yang harus dipatuh, ditaati, dipelihara dan diciptakan demi tetap taat atau setiannya komponen pembentuk bangsa Indonesia terhadap kesepakatan bersama adalah….

A. Asas wawasan nusantara

B. Fungsi wawasan nusantara

C. Hakikat wawasan nusantara

D. Pengertian wawasan nusantara

E. Pentingnya wawasan nusantara

5. Perhatikan aspek wanus berikut!

1) Geografi

2) Idiologi

3) Kekayaan alam

4) Sosial budaya

5) Pertahanan keamanan

Berdasarkan aspek wawasan nusantara diatas, yang merupakan aspek sosial wawasan nusantara ditandai oleh nomor ….

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 3), dan 5)

C. 1), 4), dan 5)

D. 2), 4), dan 5)

E. 3), 4), dan 5)

6. Pada hakikatnya wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Dengan demikian Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan politik akan menciptakan ….

A. iklim penyelenggaraan pemerintahan negara yang sehat dan dinamis

B. penghormatan atas bentuk kebhinnekaan sebagai karunia sang pencipta

C. tatanan ekonomi yang menjamin peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia

D. kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia yang hermonis dan tenggang rasa

E. kesadaran cinta tanah air dan bangsa yang dapat membentuk sikap bela Negara

7. Masalah perbatasan pada hakikatnya masalah yang relatif pelik yang dihadapi oleh dua atau beberapa negara yang secara geografis memiliki kedekatan wilayah. Konflik biasanya terjadi karena kurang  adanya kesepahaman antara kedua negara tersebut, berkaitan dengan tapal batas wilayah. Disamping hal diatas, konflik di wilayah perbatasan Indonesia dengan negara lain kerap terjadi karena  adanya aktivitas warga negara Indonesia di wilayah perbatasan dalam aktivitas sehariannya menggunakan mata uang asing dalam transaksi ekonomi, penggunaan Bahasa asing dalam komunikasi di Wilayah perbatasan. Hal inilah yang sering menyebabkan terjadinya suatu konflik di wilayah perbatasan antar negara.

Berdasarkan artikel diatas ditinjau dari faktor pendukung integrasi nasional, sebenarnya konflik di wilayah perbatasan Indonesia, relatif dapat dihindai, jika warga negara Indonesia ….

A mengutamakan Bahasa dan mata uang asing dalam transasksi ekonomi perdagangan agar wilayah perbatasan menjadi maju

B menggunakan mata uang rupiah dalam kegiatan ekonomi dan tetap menggunakan Bahasa Indonesia dalam komunikasi sehari-hari

C memanfaatkan situasi di daerah perbatasan dengan memanfaatkan keunggulan dari negara lain untuk digunakan di wilayah perbatasan

D tetap menggunakan mata uang Rupiah dalam perdagangan dan bahasa asing dalam menjalankan roda perekonomian wilayah perbatasan

E menggkombinasikan antar mata uang rupiah dan dolar guna memajukan wilayah perbatasan ditunjang dengan komunikasi dengan Bahasa asing

8. Perilaku yang mencerminkan budaya lalu lintas yang masih relatif kurang baik, ditandai dengan masih adanya beberapa pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan trotoar sebagai jalan pintas di tengah kemacetan. Berkenaan dengan pelanggaran tersebut pada hakikatnya telah terjadi ….

A. efiisensi pengendara sepeda motor lebih cepat sampai ke tempat tujuan

B. tindakan tegas polisi lalu lintas menilang sepeda motor yang melanggar aturan

C. revisi terhadap peraturan lalu lintas agar menimbulkan rasa jera dari pengendara

D. pelanggaran terhadap hak pejalan kaki dalam menggunakan trotoar sebagai fasilitas umum

E. pelanggaran kewajiban pengguna trotoar terhadap pemakai kendaraan bermotor di jalan raya

9. Salah satu implementasi dari Wawasan Nusantara adalah setiap warga negara memiliki kewajiban menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, warga negara harus terlebih dahulu memiliki rasa cinta kepada tanah air, dan dapat dengan mudah menciptakan persatuan dan kesatuan.

Pernyataan di atas sesuai dengan konsep utama dalam Wawasan Nusantara merupakan konsep ….

A. Patriotism bangsa

B. cara pandang bangsa

C. bangga terhadap bangsa

D. kewajiban warga negara

E. persatuan dan kesatuan bangsa

10. Suatu negara dalam melakukan hubungan internasional memiliki kebijakan politik luar negeri yang dianut untuk melindungi kepentingan nasionalnya. Begitu pula dengan Indonesia yang menerapkan politik luar negeri bebas aktif sebagai perwujudan wawasan nusantara sebagai satu kesatuan politik, dengan alasan …. 

A. bangsa Indonesia ingin melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia

B. untuk meningkatkan perdamaian dunia sehingga memudahkan dalam memenuhi segala kebutuhan kepentingan dalam negeri

C. menciptakan persaudaraan antarbangsa dalam satu rumpun sebagai pelaksanaan cita-cita yang tertuang dalam UUD NRI Tahun 1945

D. untuk memperkuat aturan dalam hukum internasional dan organisasi internasional untuk menjamin perdamaian yang kekal dan abadi

E. sebagai implementasi tujuan nasional yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial

11. Perhatikan Perwujudan kepulauan nusantara dibawah ini!

1. Bahwa keutuhan wilayah nasional dengan segala isi dan kekayaannya merupakan satu kesatuan wilayah, wadah, ruang hidup, dan kesatuan mitra seluruh bangsa, serta menjadi modal dan milik bersama bangsa.

2. Bahwa bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan berbicara dalam berbagai bahasa daerah, memeluk, dan meyakini berbagai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa harus merupakan satu kesatuan bangsa yang bulat dalam arti yang seluas-luasnya.

3. Bahwa secara psikologis, bangsa Indonesia harus merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa dan setanah air, serta mempunyai satu tekad dalam mencapai cita-cita bangsa.

4. Bahwa Pancasila adalah satu-satunya falsafah serta ideologi bangsa dan negara, yang melandasi, membimbing dan mengarahkan bangsa menuju tujuannya.

Dari Pernyataan tersebut diatas, yang merupakan perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan ….

A. politik

B. ideologi

C. ekonomi

D. sosial budaya

E. pertahanan keamanan

12. “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial …

Pernyataan diatas yang menggambarkan tujuan ekstern wawasan Nusantara adalah….

A. memajukan kesejahteraan umum

B. mencerdaskan kehidupan bangsa

C. kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara

D. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia

E. ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social

13. Bahwa kekayaan wilayah nusantara baik potensial maupun efektif adalah modal dan milik bersama bangsa, serta kebutuhan hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh wilayah tanah air. Implementasi dari pernyataan tersebut yaitu ….

A. pembangunan yang merata dengan meniadakan perbedaan antar wilayah

B. terselenggaranya kehidupan politik yang stabil diseluruh wilayah Indonesia

C. operasi pasar dalam rangka menstabilkan harga-harga kebutuhan pokok rakyat

D. penguasaan cabang-produksi yang penting bagi negara yang penting lewat BUMN

E. operasi keamanan dalam rangka penegakan hokum yang berlaku di masyaraka

14. Wawasan  Nusantara menjadi pola yang mendasari cara berfikir, cara bersikap, dan cara bertindak dalam menghadapi, menyikapi, atau menangani berbagai masalah menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Implementasi Wawasan Nusantara selalu berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh. Yang merupakan Implementasi Wawasan Nusantara di bidang sosial budaya adalah ….

A. menjiwai segenap peraturan perundang-undang yang berlaku pada setiap strata

di seluruh Indonesia

B. terciptanya iklim penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis, yang Nampak dalam wujud pemerintahan yang kuat, aspiratif dan terpercaya

C. terciptanya tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran secara merata dan adil

D. menumbuh kembangkan kesadaran cinta tanah air dan bangsa yang akan membentuk  sikap bela negara pada setiap warga negara Indonesia

E. menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima, dan menghormati segala bentuk perbedaan atau kebhinnekaan  sebagai kenyataan hidup sekaligus karunia sang pencipta

15. gerakan memisahkan diri dalam negara berbhineka seperti Indonesia, hal ini merupakan ….

A. selama bukan daerah saya biarkan saja

B. wajar bila sudah mampu mengurus dan membesarkan daerahnya sendiri

C. tidak dapat ditolerir karena Indonesia berkomitmen dalam negara kesatuan

D. keinginan yang muncul karena merasa diperlakukan berbeda dari daerah lain

E. ujian untuk seluruh bangsa agar mampu bersikap toleran dan bijak dalam perbedaan

16. Berbagai upaya penangkapan kelompok yang dianggap radikal oleh aparat kepolisian merupakan … 

A. peristiwa tersebut tidak perlu diungkit lagi

B. upaya meminimalisasi orang yang berniat meneror masyarakat

C. menyadarkan rakyat lebih susah sehingga penangkapan lebih efektif

D. kecurigaan yang berlebihan karena belum tentu mereka akan meneror

E. pencegahan, namun pengawasan dan wajib lapor kegiatan itu lebih baik

17. Ketidakpahaman atas perbedaan budaya dan agama dapat menimbulkan berbagai hal, bagi saya perbedaan merupakan …

A. hal wajar

B. beda saja

C. perpecahan

D. karunia Tuhan YME

E. tidak akan pernah sama

18. Pada zaman kolonial Belanda penggolongan masyarakat Indonesia terbagi atas pribumi, Eropa, dan Timur Asing, bagi saya penggolongan kelompok masyarakat ini …

A. masalah ini tidak untuk dibesar-besarkan

B. wajar karena pemerintah kolonial ingin memecah belah bangsa Indonesia

C. menjadi pembelajaran untuk bangsa Indonesia untuk tidak melakukan rasisme

D. diperangi karena membuat bangsa Indonesia semakin tidak memahami arti bangsa

E. penggolongan tersebut untuk memudahkan pembuatan identitas kartu tanda penduduk

19. Trah, bangsa, keturunan, serta adat istiadat yang berbeda di negara Indonnesia, keadaan ini merupakan ….

A. tidak pernah ada keturunan asing di negara kita

B. asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia yang harus ditelusuri lagi

C. percampuran berbagai suku bangsa di dunia yang datang ke Indonesia

D. kekayaan bangsa karena terjadi proses berkelompok yang santun dan toleran

E. berhasilnya pernikahan antar suku bangsa yang ada di dunia terkumpul di Indonesia

20. Ketika kita berada pada lingkungan yang berbeda dengan adat istiadat kita, hal berikut ini akan saya lakukan ….

A. biasa saja seolah saya tidak berada di sana

B. mengambil semua budaya yang baru itu menjadi kepribadian saya

C. sampai saat ini tidak ada lingkungan yang memiliki perbedaan adat istiadat

D. menghormati dan menjaga perbedaan namun tetap memiliki jati diri sendiri

E. hal yang sesuai dengan budaya saya akan diambil dan menentang jika berbeda

21. Bila ada warga negara Indonesia yang memiliki suku bangsa yang berbeda diberitakan tersandung masalah hukum namun diperlakukan diskriminatif, bagi saya ….

A. mendukung apapun pemberitaan yang ada di media massa

B. tidak perlu dikhawatirkan karena itu berita yang tidak benar.

C. mengonfirmasi berita yang sebenarnya agar dapat melakukan upaya yang terbaik.

D. mungkin orang tersebut telah melanggar aturan yang ditetapkan hukum setempat.

E. harus dibela apapun yang telah dilakukannya karena semua warga negara adalah sama.

22. Tujuan dibentuknya negara Republik Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah  darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dibawah ini yang merupakan tujuan eksternal wawasan nusantara adalah ….

A. mengembangkan suatu kerja sama dengan negara-negara maju saja

B. mewujudkan nasionalisme dengan menjunjung tinggi kepentingan golongan

C. terjaminnya kepentingan nasional dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia

D. mengembangkan kerja sama dengan menjunjung tinggi kepentingan kawasan Tertentu

E. menjamin perwujudan persatuan kesatuan segenap aspek kehidupan nasional, yaitu politik, ekonomi, sosial budaya dan hankam

23. Perhatikan aspek wanus berikut!

1) Geografi

2) Idiologi

3) Kekayaan alam

4) Sosial budaya

5) Pertahanan keamanan

Berdasarkan aspek wawasan nusantara diatas, yang merupakan aspek sosial wawasan nusantara ditandai oleh nomor ….

A. 1), 2), 3)

B. 1), 3), 5)

C. 1), 4), 5)

D. 2), 4), 5)

E. 3), 4), 5)

24. Warga masyarakat yang berada di perbatasan dengan negara Malaysia mengancam akan menurunkan bendera Merah Putih, bagi saya hal ini adalah ….

A. Wajar karena pemerintah telah menelantarkan mereka

B. Harus diperangi karena dapat menimbulkan perpecahan

C. masalah ini terlalu dibesar-besarkan oleh media massa

D. adanya upaya provokasi dari negara tetangga untuk memisahkan diri

E. Meminta perhatian pada pemerintah untuk memperbaiki sesuai kemampuan

25. Apabila terdapat pangkalan militer negara lain yang berada di Indonesia, keadaan ini merupakan… .

A. pertanda tantangan perang untuk bangsa Indonesia

B. kebutuhan untuk sebuah negara yang rawan terorisme

C. tidak pernah ada pangkalan militer asing di negara kita

D. Indonesia menjadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB

E. diijinkan pemerintah sebagai bentuk kerjasama pakta pertahanan

26. Negara sangat pro aktif dalam memberantas penyalahgunaan narkoba terutama di kalangan pemuda dan pelajar, hal ini merupakan … .

A. tugas negara untuk menyelamatkan generasi

B. program kerja pemerintah sesuai standar internasional

C. pemuda maupun pelajar tidak mungkin terlibat narkoba

D. penyalah guna narkoba banyak dilakukan pemuda dan pelajar

E. upaya pertahanan kelangsungan negara melalui generasi sehat

27. Reboisasi merupakan salah satu upaya dalam menghijaukan kembali hutan yang gundul, dalam pemahaman saya sebagai warga negara upaya ini merupakan salah satu wawasan kebangsaan dalam bidang … .

A. kekayaan alam

B. sosial dan budaya

C. kemampuan penduduk

D. pertahanan dan keamanan

E. posisi silang negara Indonesia

28. Banyaknya pernyataan dari Komnas HAM yang mengatakan larangan kalian dijadikan objek politik praktis dengan menebar keberpihakan seorang guru terhadap politik yang didukungnya. Bagi saya memahami politik merupakan sebuah wawasan untuk …. 

A. pengetahuan agar tidak dibohongi oleh pemerintah

B. memahami bagaimana cara memberontak pada negara

C. berguru untuk masa depan agar dapat menjadi pejabat negara

D. memandang bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan ideologi Pancasila

E. upaya untuk menjadi penggembos dalam menentang kebijakan pemerintah

29. Banyak perilaku yang mengancam keamanan dan keselamatan warga baik di tempat umum maupun di rumah pribadi. Untuk mengurangi peristiwa tersebut, maka kesadaran yang harusnya  dibina adalah … 

A. memberi pelatihan bela diri

B. mempersenjatai diri sendiri

C. menaati hukum dan hak asasi manusia

D. menghormati tata krama bermasyarakat

E. menghayati peran pekerjaan masing-masing

30. Politik luar negeri Indonesia merupakan serangkaian kebijakan pemerintah dalam rangka hubungannya dengan dunia internasional dalam upaya untuk mencapai tujuan nasional. Berkenaan dengan hal tersebut, negara Indonesia menjalin hubungan kerjasama dengan negara lain tanpa memihak salah satu kekuatan yang ada merupakan perwujudan dari….

A. kerjasama multilateral

B. kerjasama internasional

C. kerjasama negara non blok

D. kerjasama antar dua negara

E. politik luar negeri bebas aktif

Kunci Jawaban Pilihan Ganda

1. B

2. D

3. B

4. A

5. D

6. A

7. B

8. D

9. E

10. E

11. B

12. E

13. A

14. E

15. E

16. E

17. D

18. C

19. D

20. D

21. C

22. A

23. C

24. E

25. E

26. E

27. A

28. D

29. C

30. E

Soal Essay

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas!

1. Wawasan nusantara pada hakikatnya merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Jelaskan bagaimana pentingnya wawasan nusantara dalam konteks NKRI?

2. Ketahanan Nasional pada hakikatnya bergantung kepada kemampuan bangsa dan Negara di dalam mendayagunakan secara optimal gatra Alamiah. Jelaskan  Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara

3. Ketahanan Nasional pada hakikatnya bergantung kepada kemampuan bangsa dan Negara di dalam mendayagunakan modal dasar untuk penciptaan kondisi dinamis yang merupakan kekuatan dalam penyelenggaraan kehidupan nasional. Berdasarkan hal tersebut Jelaskan Aspek Pancagatra dalam Wawasan Nusantara!

4. Implementasi Wawasan Nusantara senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh. Jelaskan implementasi wawasan nusantara dalam bidang poleksosbudhankam bagi bangsa Indonesia!

5. Pada hakikatnya Implementasi Wawasan Nusantara menuntut peran warga negara yang menunjang perwujudan kesejahteraan dan keutuhan wilayah NKRI. Jelaskan perwujudan peran warga negara dalam mendukung implementasi wawasan nusantara sebagai satu kesatuan geopolitik Indonesia!

Kunci Jawaban Essay

1. Pembahasan→ Pada dasarnya wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, dengan dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Selain itu wawasan nusantara merupakan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehipan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Dengan demikian dalam konteks Negara Kesatuan Repblik Indonesia wawasan nusantara sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia dan merupakan perwujudan dari kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan (HANKAM). serta merupakan pencerminan dari : Kepentingan yang sama, tujuan yang sama terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa dan kesatuamn wilayah Indonesia.

Dengan kata Wawasan Nusantara menjadi pola yang mendasari cara berfikir, bersikap dan bertindak dalam rangka menangani permasalahan yang menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2. Pembahasan→

Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara adalah:

1) Letak dan Bentuk Geografis

Indonesia terletak pada 6 LU – 11 LS, 95 BT – 141 BT, dilalui garis khatulistiwa yang ditengah-tengahnya terbentang garis equator sehingga Indonesia mempunyai 2 musim yaitu musim hujan dan kemarau.

2) Keadaan dan Kemampuan Penduduk

Penduduk ialah semua orang yang menempati suatu daerah tertentu. Kemampuan penduduk yang tidak seimbang dengan pertumbuhan penduduk dapat menimbulkan ancaman-ancaman terhadap pertahanan nasional.

3) Keadaan dan kekayaan alam

Sifat unik kekayaan alam yaitu jumlahnya yang terbatas dan penyebarannya tidak merata. Sehingga menimbulkan ketergantungan dari dan oleh negara dan bangsa lain.

3. Pembahasan→ Aspek Pancagatra dalam Wawasan Nusantara

1. Ideologi

Ideologi adalah pengetahuan dasar atau cita-cita. Ideologi merupakan konsep yang mendalam mengenai kehidupan yang dicita-citakan serta yang ingin diiperjuangkan dalam kehidupan nyata. Ideologi dapat dijabarkan kedalam sistem nilai kehidupan, yaitu serangkaiannilai yang tersusun secara sistematis dan merupakan kebulatan ajaran dan doktrin.

Dalam strategi pembinaan ideologi ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan yaitu : Ideologi harus diaktualisasikan dalam bidang kenegaraan oleh WNI‡ Ideologi sebagai perekat pemersatu harus ditanamkan pada seluruh WNI

2. Politik

Dalam hal ini politik diartikan sebagai asas, haluan, atau kebijaksanaanyang digunakan untuk mencapai tujuan dan kekuasaan. Kehidupan politik dapat dibagi kedalam dua sektor yaitu sektor masyarakat yang memberikaninput dan sektor pemerintah yang berfungsi sebagai output. Sistem politik yang diterapkan dalam suatu negara sangat menentukankehidupan politik di negara yang bersangkutan.

Upaya bangsa Indonesia untuk meningkatkan ketahanan di bidang politik adalah upaya mencari keseimbangan dan keserasian antara keluaran dan masukan berdasarkan pancasila dan merupakan pencerminan dari demokrasi pancasila.

3. Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah seluruh kegiatan pemerintah dan masyarakat dalam mengelola faktor produksi dan distribusi barang dan jasa untuk kesejahteraan rakyat. Upaya meningkatkan ketahanan ekonomi adalah upaya meningkatkan kapasitas produksi dan kelancaran barang dan jasa secaramerata ke seluruh wilayah negara.Upaya untuk menciptakan ketahan ekonomi adalah Sistem ekonomi diarahkan untuk kemakmuran rakyat.

4. Sosial Budaya

Sosial budaya merupakan kondisi dinamik budaya bangsa yang berisai keuletan untuk mengembangkankekuatan nasional dalmmenghadapi dan mengatasi ATHG, baik dari dalam maupun luar, baik yang langsung maupun yang tidak langsung, yang membahayakan kelangsungan hidup sosial NKRI berdasarkan pancasila dan UUD 1945. Sedangkan ketahanan budaya merupakan pengembangan sosial budaya dimana setiap wargamasyarakat dapat mengembangkan kemampuan pribadi dengan segenap potensinya berdasarkan nilai-nilai pancasila.

5. Pertahanan dan Keamanan

Pertahanan dan keamanan diartikan sebagai kondisi dinamik kehidupan pertahanan dan keamanan bangsa Indonesia yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi ATHG yang membahayakan identitas, integritas, dan kelangsungan hidup bangsa berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

Ketahanan dibidang keamanan adalah ketangguhan suatu bangsa dalam upaya bela negara, dimana seluruh IPOLEKSOSBUD-HANKAM disusun,dikerahkan secara terpimpin, terintegrasi, terorganisasi untuk menjamin terselenggaranya Sistem Ketahan Nasional Prinsip- prinsip Sistem Ketahanan Nasional antara lain: Bangsa Indonesia cinta damai tetapi lebih cinta kemerdekaan Pertahanan keamanan dilandasi dengan landasan ideal pancasila, landasankonstitusional UUD 1945, dan landasan visional wawasan nusantara Pertahanan keamanan negara merupakan upaya terpadu yang melibatkan segenap potensi dan kekuatan nasional Pertahanan dan keamanan diselenggarakan dengan Sishankamnas (Sishankamrata).

4. Pembahasan→ Implementasi Wawasan Nusantara dalam bidang Poleksosbudhankam:

1) Implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan politik akan menciptakan iklim penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis. Hal tersebut nampak dalam wujud pemerintahan yang kuat, aspiratif, dan terpercaya yang dibangun sebagai penjelmaan kedaulatan rakyat

2) Implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan ekonomi akan menciptakan tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara merata dan adil.

3) Implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan sosial budaya akan menciptakan  sikap  batiniah  dan  lahiriah  yang  mengakui, menerima, dan menghormati segala bentuk perbedaan atau kebhinekaan sebagai kenyataan hidup sekaligus karunia sang Pencipta.

4) Implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan Hankam akan menumbuh kembangkan kesadaran cinta tanah air dan bangsa, yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela negara pada setiap warga negara Indonesia. Kesadaran dan sikap cinta tanah air dan bangsa serta bela negara ini akan menjadi modal utama yang akan menggerakkan partisipasi setiap warga negara Indonesia dalam menanggapi setiap bentuk ancaman.

5. Pembahasan→ Perwujudan peran warga negara dalam mendukung implementasi wawasan nusantara sebagai satu kesatuan geopolitik Indonesia diantaranya:

  • Memandang Pancasila sebagai ideologi final negara dan menolak ideologi lain yang bertentangan dengan nilai nilai Pancasila.
  • Mendukung dan menjalankan sistem politik nasional yang mendorong terbentuk demokratisasi yang harmonis sesuai dengan penerapan demokrasi Pancasila, penerapan HAM yang sejalan dengan prinsif universal  Piagam HAM PBB.
  • Mengupayakan terwujudnya sistem ekonomi nasional berdasarkan atas asas kekeluargaan dan ekonomi kerakyatan demi terwujudnya pembangunan nasional yang adil dan berkelanjutan.
  • Menciptakan dinamisasi dan harmonisasi dalam kehidupan bermasyatakat, berbangsa dan bernegara demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Ikurserta dalam pertahanan dan keamanan negara, dalam bentuk berpartisipasi aktif dalam sistem hankamrata.

Pelajari Juga: Soal Sistem Hukum dan Peradilan di Indonesia

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) tentang Wawasan Nusantara Dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia Kelas 10, 11, dan 12 SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Artikel Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *