Soal Alat-alat Reproduksi Wanita

soal alat-alat reproduksi wanita

Soal Alat-alat Reproduksi Wanita – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul Biologi Kelas XI KD 3.12 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Biologi Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi alat-alat reproduksi wanita.

Rangkuman Materi Alat-alat Reproduksi Wanita

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Organ reproduksi wanita terdiri dari bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar terdiri dari labia mayora, labia minora, himen, klitoris, dan mons veneris. Alat kelamin bagian dalam terdiri dari ovarium, oviduk/tuba fallopi, uterus dan vagina

Read More

Oogenesis adalah proses pembentukan sel telur di dalam ovarium pada siklus menstruasi. Hormon yang berperan dalam sistem reproduksi wanita adalah FSH, LH, estrogen, dan progesteron.

Setelah terjadi fertilisasi, terbentuklah zigot yang akan masuk kedalam uterus dan berkembang menjadi embrio. Di dinding rahim, embrio melanjutkan perkembangan dengan membentuk membran, yaitu kantong kuning telur, amnion, korion, dan alantois. Selain itu juga dibentuk plasenta (ari-ari) dan tali pusar. Setelah berkembang sempurna selama 9 bulan 10 hari, bayi dilahirkan.

Proses persalinan ditandai dengan adanya kontraksi, diikuti pecahnya amnion dan disusul keluarnya bayi. Kemudian 6-15 menit kemudian diikuti keluarnya plasenta. Hormon yang berperan adalah hormon relaksin, oksitosin, estrogen, dan prostaglandin.

Proses pengelupasan endometrium bersama dengan meluruhnya ovum yang tidak dibuahi disebut menstruasi. Siklus menstruasi terdiri dari tiga fase, yaitu fase ploriferasi, fase sekresi, dan fase menstruasi.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Alat reproduksi wanita terdiri atas:

1). Vagina 3). Tuba fallopi

2). Ovarium 4). Uterus

Jalannya sel telur sejak di bentuk sampai menjadi embrio secara berurutan di  mulai dari….

A. 2, 3 ,4

B. 2, 1, 4

C. 2, 4, 3

D. 3, 1, 4

E. 1, 2, 4

2. Peranan hormon progesteron….

A. Mempercepat pertumbuhan selaput lendir rahim

B. Merangsang pertumbuhan endometrium dinding rahim

C. Menghambat produksi FSH oleh pituitrin

D. Memacu petruitrin untuk memproduksi hormon LH

E. Memacu folikel dalam ovarium untk tumbuh

3. Pada gambar oogenesis di bawah ini, nomor 1, 2, 3 adalah…

gambar oogenesis

A. Oosit primer

B. Oosit sekunder

C. Ovum

D. Oogonium

E. Polosit

4. Menstruasi terjadi karena…

A. Tingginya kadar estrogen dan progresteron

B. Rendahnya kadar estrogen dan progresteron

C. Tingginya kadar LH

D. Rendahnya kadar FSH

E. Kadar estrogen meningkat, sedangkan progresteron sedikit

5. Pada proses fertilisasi, beberapa sperma berusaha masuk melewati tiga lapisan pelindung sel telur (korona radiata, zona palisade, dan membran plasma sel telur) menuju inti sel telur. Untuk menembus ketiga lapisan sel telur tersebut, sperma mengeluarkan enzim-enzim khusus yang tersimpan pada akrosom. Berikut ini enzim yang berfungsi untuk melarutkan dan membuat lubang pada zona palisade sehingga spermatozoa dapat menembus masuk ke inti sel telur yaitu…

A. Hialuronidase

B. Enzim proteolitik

C. Pelusidase

D. Enterokinase

E. Akrokinase

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. A → Pembahasan:

  • Ovarium atau indung telur, berbentuk seperti telur dan berjumlah sepasang. Letaknya, ada satu di rongga perut kiri dan satu lagi di rongga perut kanan.
  • Saluran reproduksi wanita yang berfungsi sebagai jalur sel telur menuju uterus (rahim) dinamakan saluran telur (oviduk) atau tuba Fallopi.
  • Uterus, berfungsi sebagai tempat pertumbuhan dan perkembangan janin.
  • Sel telur (ovum) yang lepas dari ovarium. melalui gerakan peristaltik, lalu disalurkan melalui oviduk (tuba fallopi) menuju uterus.

2. B → Pembahasan: Progesteron berfungsi menjaga pertumbuhan endometrium seperti pembesaran pembuluh darah dan pertumbuhan kelenjar endometrium yang menyekresikan cairan bernutrisi.

3. E → Pembahasan: Secara bersamaan, badan kutub primer membelah menjadi dua. Oleh karenanya, fase meiosis II menghasilkan satu ootid dan tiga badan kutub sekunder.

4. B → Pembahasan: Apabila sel telur pada uterus tidak dibuahi, korpus luteum mengalami degenerasi menjadi korpus albikan. Akibatnya, sekresi hormon estrogen dan progesteron semakin menurun dan sebaliknya sekresi hormon FSH dan LH naik kembali. Karena darah tidak mengandung hormon estrogen dan hormon progesteron, endometrium tidak bisa bertahan dan luruh bersama darah. Ini menunjukkan fase pascaovulasi berganti menjadi fase menstruasi.

5. A → Pembahasan: Agar sel telur dapat dibuahi oleh sperma, sperma mengeluarkan enzim hialuronidase dan enzim proteinase. Oleh kedua enzim tersebut, sel telur dapat ditembus oleh sperma.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Biologi Kelas XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *