Soal Bangun Brand Sendiri

soal bangun brand sendiri

Soal Bangun Brand Sendiri – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal Prakarya dan Kewirausahaan (Kerajinan) kelas 10, 11, dan 12 SMA untuk Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Oke, mari pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang bangun brandmu sendiri.

Advertisements

* (Disertai kunci jawaban di akhir soal)

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Read More

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Tono, Aldi, Mira dan Desi berkumpul bersama untuk membicarakan tugas pelajaran PKWU, mereka mengalami kesulitan dalam menemukan ide bisnis mereka. Metode atau teknik apa yang sebaiknya digunakan mereka dalam menjaring ide bisnis…

a. Stimulasi Acak

b. Brainstorming

c. 5 Mengapa?

d. How Might We

e. Analisis SWOT

2. Dina sedang membuat sebuah produk uji coba berupa kerajinan lampu hias dari bahan botol plastik, proses/tahap yang sedang dilalui oleh Dina dalam Design Thinking disebut…

a. Empathize

b. Define

c. Ideate

d. Prototype

e. Test

3. Dalam metode Design Thinking, Tahapan dimana kalian harus dapat mendidentifikasi serta menentukan masalah yang akan diselesaikan adalah tahap …

a. Empathize

b. Define

c. Ideate

d. Prototype

e. Test

4. Seorang pengusaha mencoba untuk melakukan analisa pada ide usahanya, dia mencatat semua hal yang menjadi pembeda produknya dengan produk lainnya. Didalam analisa SWOT upaya yang dilakukan oleh pengusaha itu masuk kedalam elemen…

a. Kekuatan (strength)

b. Ancaman (threats)

c. Peluang (opportunities)

d. Persaingan (rival)

e. Kelemahan (weakness)

5. Pola mempertanyakan sesuatu dengan secara terus menerus untuk menghasilkan jawaban yang layak adalah salah satu pengertian dari teknik proses pencarian ide yaitu…

a. Stimulasi Acak

b. Brainstorming

c. 5 Mengapa?

d. How Might We

e. Analisis SWOT

6. Tahap untuk mendapatkan umpan balik dari konsumen pada metode Design Thinking adalah tahap …

a. Empathize

b. Define

c. Ideate

d. Prototype

e. Test

7. Yang bukan merupakan bagian dari analisa SWOT adalah …

a. Kekuatan (strength)

b. Ancaman (threats)

c. Peluang (opportunities)

d. Persaingan (rival)

e. Kelemahan (weakness)

8. Sebuah usaha dalam membuat “ide baru, pemikiran kreatif, imajinasi baru, metode baru” agar memiliki nilai tambah dari keadaan sebelumnya disebut dengan …

a. Resiko

b. Solusi

c. Peluang

d. Inovasi

e. Ide Bisnis

9. Dibawah ini merupakan limbah rumah tangga berbentuk bangun ruang, kecuali …

a. Botol Plastik

b. Botol Kaca

c. Kertas Bekas

d. Styrofoam

e. Kaleng

10. Sebuah simbol yang berfungsi sebagai identitas sebuah brand merupakan sebuah pengertian dari…

a. Logo

b. Warna Brand

c. Tagline/Slogan

d. Brand

e. Branding

11. Hal yang membedakan produk atau jasa anda dari para pesaing lainnya adalah…

a. Target Market

b. SWOT

c. Organisasi

d. Distribution Channel

e. Unique Selling Proposition

12. Singkatan yang berupa gabungan huruf atau suku kata, atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar merupakan pengertian dari…

a. Brand Association

b. Akronim

c. Distribution Channel

d. Unique Selling Proposition

e. Target market

13. Berikut ini yang merupakan komponen sebuah organisasi usaha yang menangani segala proses pembuatan sebuah produk usaha yaitu…

a. Financial

b. Marketing

c. Buyer

d. Sumber Daya Manusia

e. Produksi

14. Marketing Tools yang tepat digunakan untuk produk berbentuk makanan adalah berupa ….

a. Video Company Profile

b. Brosur Company Profile

c. Kartu Nama

d. Sampel Produk

e. Prototipe

15. Salah satu komponen branding yang utama selain logo dan tagline/slogan adalah ….

a. Ide Usaha

b. Nama Brand

c. Warna

d. Unit Selling Proposition

e. Distribution Channel

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. B. Brainstorming

Brainstorming akan sangat tepat digunakan dalam situasi berkelompok dimana setiap anggota kelompok dapat memberikan pendapat serta alasan mereka mengemukakan ide-ide mereka.

2. D. Protoype

Prototype merupakan tahap dimana sebuah produk dibuat purwa-rupa untuk dapat dilakukan sebuah pengujian demi mendapatkan feedback/umpan balik dari konsumen.

3. B. Define

Define merupakan tahap dimana hasil dari tahap empathize di analisa untuk dapat ditentukan akar permasalahan apa yang akan dicarikan solusinya.

4. A. Kekuatan (strength)

Dalam analisa SWOT menentukan kekuatan usaha kita termasuk pembeda produk kita dari produk lainnya merupakan Kekuatan (strength) yang harus dimunculkan.

5. C. 5 Mengapa?

5 Mengapa yang di gagas oleh Socrates merupakan metode untuk mendapatkan jawaban yang valid tentang sebuah permasalahan, metode ini dilakukan dengan cara mempertanyakan secara terus menerus permasalahan tersebut dengan kata mengapa? Untuk setiap jawaban yang didapat.

6. E. Test

Test merupakan tahap Design Thinking dimana kita menguji prototype (purwa-rupa) produk kalian untuk mendapatkan umpan balik sebagai bahan evaluasi menuju produk yang layak jual.

7. D. Persaingan (rival)

Persaingan (rival) tidak termasuk dalam analisis SWOT, walaupun kompetitor/ pesaing termasuk dalam kategori Ancaman (Threats).

8. D. Inovasi

Inovasi secara definidi merupakan sebuah usaha dalam membuat “ide baru, pemikiran kreatif, imajinasi baru, metode baru” agar memiliki nilai tambah dari keadaan sebelumnya.

9. C. Kertas Bekas

Kertas bekas tidak termasuk dalam limbah rumah tangga berbentuk bangun ruang karena masuk kedalam kategori limbah rumah tangga berbentuk bangun datar.

10. A. Logo

Logo dapat diartikan sebuah simbol yang berfungsi sebagai identitas sebuah brand.

11. E. Unique Selling Proposition

Unique Selling Proposition atau disingkat USP, dapat diartikan sesuatu hal yang membedakan produk atau jasa kalian dari para pesaing lainnya.

12. B. Akronim

Akronim merupakan singkatan yang berupa gabungan huruf atau suku kata, atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar. Dalam menentukan nama Brand akronim sering digunakan seperti ABC yang sudah dijelaskan pada materi pembelajaran atau produk COMPAQ yang merupakan singkatan dari “Compatibility and Quality”.

13. E. Produksi

Menurut definisinya Produksi merupakan suatu proses mengubah bahan baku menjadi barang jadi atau menambah nilai suatu produk (barang dan jasa), ini berarti segala bentuk pembuatan sebuah produk masuk dalam tahap produksi.

14. D. Sampel Produk

Sampel Produk cocok digunakan dalam produk makanan dimana konsumen dapat langsung merasakan rasa, bentuk serta tekstur produk makanan secara langsung, dan kalian dapat langsung menanyakan feedback/umpan balik hingga respon konsumen terhadap produk kalian.

15. C. Warna

Warna berperan sangat penting dalam proses branding, dalam sebuah penelitian mendaparkan hasil bahwa seseorang dapat mengambil keputusan terhadap orang lain, lingkungan maupun produk dalam waktu hanya 90 detik karena pengaruh warna.

Pelajari Juga: Soal Komponen Evaluasi Usaha, Permasalahan Serta Solusi Usaha Dan Langkah Pengembangan Usaha Kerajinan

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Prakarya dan Kewirausahaan (Kerajinan) tentang Bangun Brand Sendiri Kelas 10, 11, dan 12 SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (2 votes)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *