Soal Bentuk Pertunjukan Musik Tradisional

soal bentuk pertunjukan musik tradisional

Soal Bentuk Pertunjukan Musik Tradisional – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Seni Budaya (Musik) kelas 10, X KD 3.4 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang bentuk pertunjukan musik tradisional.

Rangkuman Materi Bentuk Pertunjukan Musik Tradisional

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pertunjukan musik tradisional di Indonesia sangat beragam. Ditinjau dari bentuk penyajiannya, terdapat dua bentuk penyajian yaitu penyajian tunggal (solo) dan kelompok (ansambel).

Bacaan Lainnya

Beberapa alat musik sejak awal kelahirannya disajikan secara tunggal, namun dalam perkembangannya dimainkan pula dalam kelompok. Sehingga untuk kepentingan pertunjukan, alat musik sejenis ini dapat disajikan secara tunggal dapat pula secara kelompok.

Contoh alat musik yang dimaksud di antaranya adalah suling dan kacapi. Namun terdapat pula alat musik yang sejak kelahirannya selalu bersifat ansambel, salah satunya adalah seni gamelan.

Contoh pertunjukan musik tradisional di atas, baik penyajian tunggal maupun kelompok, menunjukan adanya kekayaan kesenian yang terdapat di Indonesia.

Untuk itu, sudah sewajarnya semua warga Indonesia bangga dan ikut menjaga kelestariannya. Cara yang tepat adalah berusaha mengapresiasi dan mempelajari keunikan yang terdapat di dalamnya, salah satunya melalui pelajaran Seni Budaya.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Indonesia sangat kaya dengan alat musik. Keragaman alat musik tersebar di setiap daerah di Nusantara, salah satunya yaitu alat musik saluang. Alat musik ini berasal dari daerah…

a. Sulawesi Selatan

b. Sumatera Barat

c. Sumatera Selatan

d. Bali

e. Sumatera Utara

2. Terdapat beragam seni musik tradisional di Indonesia, salah satunya adalah kesenian yang berasal dari Kalimantan Tengah yang dalam penyajiannya menggunakan alat musik kecapi, yaitu …

a. Seni Pantun

b. Sape

c. Seni Karungut

d. Seni Talempong Pacik

e. Seni Sasando

3. Bentuk pertunjukan musik tradisional, dimana setiap pemain musik harus menempatkan diri di antara pemain musik yang lain merupakan karakteristik dari …

a. Garapan Mandiri

b. Garapan Kolaborasi

c. Musik Sakral

d. Penyajian Tunggal (solo)

e. Penyajian kelompok (ansambel)

4. Bentuk pertunjukan musik tradisional, dimana, sangat terbuka improvisasi pemain dalam mengolah ornamentasi lagu merupakan karakteristik dari …

a. Garapan Mandiri

b. Garapan Kolaborasi

c. Musik Sakral

d. Penyajian Tunggal (solo)

e. Penyajian Kelompok (ansambel)

5. Salah satu contoh alat musik yang dapat dimainkan dalam penyajian tunggal dan kelompok adalah ….

a. Angklung

b. Gamelan Wayang

c. Talempong

d. Taganing

e. Kacapi

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. B → Pembahasan: Alat musik tradisional saluang berasal dari daerah Sumatera Barat.

2. C → Pembahasan: Kesenian daerah yang berasal dari Kalimantan Tengah dalam penyajiannya menggunakan alat musik kecapi disebut Seni Karungut.

3. E → Pembahasan: Bentuk pertunjukan musik tradisional, dimana setiap pemain musik harus menempatkan diri di antara pemain musik yang lain merupakan karakteristik dari penyajian kelompok.

4. D → Pembahasan: Bentuk pertunjukan musik tradisional, dimana, sangat terbuka improvisasi pemain dalam mengolah ornamentasi lagu merupakan karakteristik dari penyajian tunggal.

5. E → Pembahasan: Salah satu contoh alat musik yang dapat dimainkan dalam penyajian tunggal dan kelompok adalah Kacapi.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul seni budaya (musik) Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.