Soal Budaya, Suku Bangsa dan Kesehatan

soal budaya, suku bangsa dan kesehatan

Soal Budaya, Suku Bangsa dan Kesehatan – Halo sobat gigi, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, D4 jurusan keperawatan gigi, Terapi Gigi dan Mulut serta yang berkaitan dengan Kesehatan gigi dan mulut. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi budaya, suku bangsa dan kesehatan.

Soal dan Kunci Jawaban Budaya, Suku Bangsa dan Kesehatan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Indonesia sebagai Negara agraris, sebagian besar penduduknya bermukim di daerah pedesaan dengan tingkat pendidikan mayoritas sekolah dasar dan belum memiliki budaya hidup sehat.

Bacaan Lainnya

Hidup sehat adalah hidup bersih dan disiplin sedangkan kebersihan dan kedisiplinan itu sendiri belum menjadi budaya sehari-hari.

Budaya memeriksakan secara dini kesehatan anggota keluarga belum tampak. Hal ini terlihat dari banyaknya klien yang datang ke pelayanan kesehatan untuk memeriksakan keadaan kesehatan sebagai tindakan kuratif belum didukung sepenuhnya oleh upaya promotif dan preventif, misalnya gerakan 3M pada pencegahan demam berdarah belum terdengar gaungnya jika belum mendekati musim hujan atau sudah ada yang terkena demam berdarah.

Dalam masyarakat kita data mengenai hubungan antar-ras, etnisitas, dan kesehatan, andaikatapun ada, sukar ditampilkan. Ini disebabkan karena data kesehatan yang dihimpun tidak memilah-milah penderita penyakit menurut etnisitas atau rasnya, sejalan dengan kebijaksanaan yang telah ditempuh pemerintah selama beberapa dasawarsa untuk tidak mengumpulkan informasi mengenai etnisitas dan ras penduduk.

Namun, dalam berbagai masyarakat lain tersedia data mengenai etnisitas dan ras sehingga data mengenai kesehatan dapat dikaitkan dengan etnisitas dan ras.

BACA JUGA:  Soal Transformasi Teknologi di Indonesia Dalam Perjalanan Sejarahnya

Data demikian sering menunjukkan bahwa etnisitas atau ras warga terkait dengan keadaan kesehatan mereka. Dalam masyarakat demikian, misalnya keadaan kesehatan kelompok mayoritas etnis atau ras sering lebih baik daripada keadaan kelompok minoritas.

Berbagai studi memperlihatkan bahwa warga kelompok minoritas cenderung mempunyai angka mortalitas dan morbiditas lebih tinggi, dan harapan hidup lebih rendah daripada warga kelompok mayoritas etnis atau ras.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Seluruh sistem gagasan dan rasa, tindakan, serta karya yang dihasilkan manusia dalam kehidupan bermasyarakat disebut…

A. Sosiologi

B. Kebudayaan

C. Etik

D. Emik

2) Wujud ideal kebudayaan adalah…

A. kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan yang sifatnya abstrak

B. Berbentuk benda nyata

C. Dongeng atau cerita rakyat

D. Barang-barang peninggalan sejarah

3) Sistem gagasan dan artefak merupakan…

A. Unsur budaya

B. Perubahan budaya

C. Inovasi budaya

D. Wujud budaya

4) Dongeng, cerita rakyat, dan lagu atau tarian tradisional termasuk ke dalam…

A. Kebudayaan Material

B. Kebudayaan Non Material

C. Unsur kebudayaan

D. Inovasi kebudayaan

5) Temuan-temuan yang dihasilkan dari suatu penggalian arkeologi …

A. Kebudayaan Material

B. Kebudayaan Non Material

C. Unsur kebudayaan

D. Inovasi kebudayaan

Kunci Jawaban

  1. B
  2. A
  3. D
  4. B
  5. A

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa D3, D4 jurusan keperawatan gigi, terapis gigi dan mulut serta yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut, disimak secara saksama yah. Kamu Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.