Soal Cara Berpikir Diakronik dan Sinkronik Dalam Karya Sejarah

Soal Cara Berpikir Diakronik dan Sinkronik Dalam Karya Sejarah – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal sejarah kelas 10, 11, dan 12 SMA untuk Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Oke, mari kita pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang cara berpikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah.

* (Disertai kunci jawaban di akhir soal)

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Perhatikan wacana berikut!

Pada tahun 1888, terjadi pemberontakan yang dilakukan oleh para petani di Banten. Peristiwa pemberontakan tersebut ditulis dalam sebuah buku oleh Sartono Kartodirjo yang berjudul pemberontakan Petani Banten 1888. Fokus kajian dari buku Sartono ini para petani dengan melihat pola-pola, gejala, dan karakter sosial mereka. Menurutnya, pemberontakan petani di Banten disebabkan para petani tidak menginginkan modernitas. Selain itu, ia juga menjelaskan peran lain kaum bangsawan dan elit agama yang membantu petani melakukan perlawanan terhadap kebudayaan Barat. Namun, dalam praktiknya, para petani justru bersifat pasif dan hanya dijadikan alat oleh para bangsawan dan elit agama untuk memberontak agar tetap bepegang pada sistem tradisional.

Konsep berpikir sejarah yang dominan digunakan dalam penulisan peristiwa sejarah tersebut adalah …

A. Sinkronik

B. Progressif

C. Kronoligis

D. Diakronik

E. Anakronik

2. Perhatikan gambar berikut!

pelantikan B.J. Habibie sebagai presiden RI ke-3 Indonesia

Gambar tersebut merupakan foto pelantikan B.J. Habibie sebagai presiden RI ke-3 Indonesia. Sejak dikumandangkannya proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, Indonesia menjadi negara merdeka yang berdaulat untuk memilih kepala negaranya sendiri berdasarkan konstitusi. Peristiwa 17 Agustus 1945 memiliki arti yang sangat penting hingga hari ini bagi bangsa Indonesia, hingga bagi kehidupan bangsa lain di dunia.

Konsep berpikir dalam ilmu sejarah terkait pemaknaan peristiwa proklamasi tersebut adalah ….

A. Perubahan lambat

B. Perubahan sepat

C. Keberlanjutan

D. Diakronik

E. Sinkronik

3. Perhatikan data berikut!

1. Masa berburu dan meramu

2. Masa bercocok tanam

3. Masa bercocok tanam tingkat lanjut

4. Masa perundagian

Berdasarkan data tersebut, dengan mudah kita dapat memahami bahwa periodisasi sejarah yang disusun itu berdasarkan …..

A. Penggunaan peralatan sehari-hari

B. Perkembangan teknologi

C. Perkembangan jenis kekayaan alam penunjang hidup

D. Tingkat kecerdasan manusia

E. Sistem mata pencaharian

4. Peristiwa sejarah diwali sejak keberadaan manusia di muka bumi ini sehingga memiliki rentang waktu yang sangat panjang. Untuk mempermudah dalam mempelajari dan memahami peristiwa demi peristiwa dalam sejarah, maka diperlukan adanya …

A. Kategorisasi

B. Periodisasi

C. Diakronik

D. Sinkronik

E. Kronik

5. Pemahaman tentang periodisasi sejarah yang dibuat dan berkaitan dengan perkembangan kebudayaan secara garis besar dikenal dengan ….

A. Zaman kuno dan baru

B. Masa awal dan pertengahan

C. Zaman praaksara dan aksara

D. Zaman batu dan tulisan

E. Zaman batu dan logam

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. Jawaban A

Pembahasan → Konsep sinkronik mengutamakan penggambaran ruang lingkup yang luas dan memiliki kurun waktu yang pendek. Hal ini membuat proses analisis peristiwanya bersifat menyeluruh, tetapi dalam jangka waktu yang pendek. Oleh karena itu, dalam berpikir sinkronik, kita akan memerlukan bantuan ilmu sosial lainnya. Konsep berpikir sinkronik akna membantu kita memahami lebih dalam dan menyeluruh terhadap suatu peristiwa sejarah.

2. Jawaban D

Pembahasan → Ilmu sejarah memiliki sifat yang diakronik, yaitu memanjang dalam waktu dalam ruang lingkup yang terbatas.

3. Jawaban E

Pembahasan → Periodisasi yang dibuat berdasarkan sistem mata pencarian hidup dalam sejarah Indonesia.

  • Masa berburu dan meramu
  • Masa bercocok tanam
  • Masa bercocok tanam tingkat lanjut
  • Masa perundagian

4. Jawaban B

Pembahasan → Sejarah mengenal istilah periodisasi, yakni mengklarifikasi peristiwa-peristiwa sejarah dalam tahap-tahap dan pembabakan tertentu. Pembabakan waktu ini berguna untuk memudahkan memahami suatu peristiwa sejarah.

5. Jawaban C

Pembahasan → periodisasi yang akan dibuat berkaitan dengan perkembangan sejarah kebudayaan secara umum, maka dibuat periode perkembangan kebudayaan sebagai berikut:

  • Zaman praaksara yang juga disebut dengan zaman prasejarah praaksara adalah zaman yang dimulai sejak manusia belum mengenal tulisan hingga ditemukannya tulisan.
  • Zaman aksara atau disebut juga dengan zaman sejarah, yaitu zaman ketika manusia sudah menenal tulisan hingga sekarang.

Pelajari Juga: Soal Akar-Akar Nasionalisme Indonesia dan Pengaruhnya Pada Masa Kini

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Sejarah tentang Cara Berpikir Diakronik dan Sinkronik Dalam Karya Sejarah Kelas 10, 11, dan 12 SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Artikel Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *