Soal Cara Berpikir Sinkronik

soal cara berpikir sinkronik

Soal Cara Berpikir Sinkronik – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 10, X KD 3.5 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang cara berpikir sinkronik.

Advertisements

Rangkuman Materi Cara Berpikir Sinkronik

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  • Sinkronik diartikan sebagai segala sesuatu yang bersangkutan dengan pristiwa yang terjadi pada suatu masa.
  • Sinkronik artinya mempelajari peristiwa sejarah dengan segala aspeknya pada masa atau waktu tertentu secara mendalam.
  • Sinkronik dalam sejarah adalah kajian yang lebih menitikberatkan pada penelitian gejala-gejala yang meluas dari sebuah peristiwa tetapi dengan waktu yang terbatas.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Read More

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Mempelajari peristiwa sejarah dengan segala aspeknya pada masa dan waktu tertentu dengan lebih mendalam merupakan pemahaman ilmu sejarah yang bersifat ….

A. Diakronik

B. Kronik

C. Anakronik

D. Kronologi

E. Sinkronik

2. Perhatikan gambar berikut!

tiga tokoh pemimpin dunia yang berpengaruh pada masa Perang Dunia II

Gambar tersebut merupakan tiga tokoh pemimpin dunia yang berpengaruh pada masa Perang Dunia II. Berdasarkan keterangan di atas, terlihat manusia sebagai unsur terpenting dalam peristiwa sejarah, yaitu …

A. Penentu batas suatu peristiwa sejarah

B. Penentu perjalanan suatu peristiwa sejarah

C. Penulis peristiwa sejarah

D. Penentu akhir suatu peristiwa sejarah

E. Penentu peranan manusia lainnya dlaam peristiwa sejarah

3. Perhatikan data berikut.

1) Mengkaji peristiwa sejarah yang terjadi pada masa tertentu

2) Menitikberatkan kajian peristiwa pada pola-pola, gejala dan karakter

3) Sifat kajian mendalam

4) Membahas peristiwa sejarah dalam waktu yang terus memanjang 

5) Memiliki tema yang sangat pendek

Dari data di atas, yang merupakan ciri berpikir sinkronik adalah …

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 3), dan 4)

C. 2), 3), dan 4)

D. 2), 4), dan 5)

E. 3), 4), dan 5)

4. Jika seorang sejarawan ingin menyusun sejarah perekonomian bangsa Indonesia pada zaman Jepang dengan menggunakan cara berpikir sinkronik, maka hal yang perlu dilakukan adalah….

A. Membandingkan perkembangna ekonomi masa pendudukan Jepang di Indonesia dengan perkembangan ekonomi masa pendudukan Jepang di Singapura

B. Meneliti gejala atau fenomena gejala atau fenomena perkembangan kehidupan ekonomi bangsa Indonesia yang terjadi pada masa pendudukan Jepang

C. Meneliti dampak atau efek perekonomian masa pendudukan Jepang pada masa Reformasi

D. Faktor-faktor pendukung  ekonomi Indonesia masa Pendudukan Jepang yang digali dari sejak masa Kolonial Belanda

E. Kondisi ekonomi Indonesia saat ini yang merupakan warisan dari sistem ekonomi jepang masa pendudukan

5. Konsep berpikir sinkronik dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah akan membutuhkan …

A. Waktu yang lama untuk membuat suatu analisa

B. Sumber asli hasil wawancara dengan pelaku sejarah

C. Bantuan ilmu-ilmu sosial lainnya

D. Biaya penelitian yang besar

E. Pebandingan dengan ilmu sosial lainnya

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. E → Pembahasan: Kajian sejarah secara sinkronik artinya mempelajari peristiwa sejarah dengan segala aspeknya pada masa atau waktu tertentu secara mendalam. Lebih lengkapnya dapat dijelaskan bahwa konsep sinkronik dalam ejarah adalah cara mempelajari atau mengkaji, pola-pola, gejala, dan karekter dari sebuah peristiwa sejarah pada masa tertentu.

2. B → Pembahasan: Berdasarkan keterangan di atas, terlihat manusia sebagai unsur terpenting dalam peristiwa sejarah, yaitu penentu suatu perjalanan peristiwa sejarah. Dalam sejarah perjalan umat manusia, peristiwa sejarah dapat menunjukkan kehidupan karena sejarah mempelajari aktivitas manusia dalam konteks waktu. Dengan memperhatikan aspek waktu, akan terlihat perubahan kehidupan manusia. Perubahan tersebut dapat berupa aspek, politik, ekonomi, soisal, dan budaya. Aspek-aspek tersebut memiliki hubungan yang aling terkati.

3. A → Pembahasan:

Asinkronik mempunyai ciri-ciri sebagai berikut;

  • Mengkaji peristiwa sejarah yang terjadi pada masa tertentu
  • Menitikberatkan kajian peristiwa pada pola-pola, gejala dan karakter
  • Bersifat horizontal
  • Tidak ada konsep perbandingan
  • Cakupan kajian lebih sempit dari diakronik
  • Kajiannya sistematis
  • Sifat kajian mendalam

4. B → Pembahasan: Seorang sejarawan ingin menyusun sejarah perekonomian bangsa Indonesia pada zaman Jepang. hal yang akan dia lakukan adalah meneliti gejala atau fenomena gejala atau fenomena perkembangan kehidupan ekonomi bangsa Indonesia yang terjadi pada masa pendudukan Jepang itu saja, tidak ada tulisan yang membandingkan dengan kondisi ekonomi masa pendudukan Jepang di tempat lain. Jika menerapkan konsep sinkronik, sejarwan tersebut hanya akan mengamati semua yang terkait dengan masalah perekonomian tersebut secara mendalam dan terstruktur.

5. C → Pembahasan: Konsep sinkronik mengutamakan penggambaran ruang linkgup yang luas dan memiliki kurun waktu yang pendek. Hal ini membuat proses analisis peristiwanya bersifat menyeluruh, tetapi dalam jangka waktu yang pendek. Oleh karena itu, dalam berpikir sinkronik, kita akan memerlukan bantuan ilmu sosial lainnya. Konsep berpikir sinkronik akna membantu kita memahami lebih dalam dan menyeluruh terhadap suatu peristiwa sejarah.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *