Soal Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Untuk UKM

soal cara membuat laporan keuangan sederhana untuk UKM

Soal Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Untuk UKM – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi cara membuat laporan keuangan sederhana untuk UKM.

Advertisements

Soal dan Kunci Jawaban Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Untuk UKM

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Dalam upaya untuk membuat keputusan yang rasional, pihak ekstern perusahaan maupun pihak intern perusahaan seharusnya menggunakan suatu alat yang mampu menganalisis laporan keuangan yang disajikan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Bacaan Lainnya

Di bawah ini merupakan pengertian laporan keuangan dari beberapa ahli, antara lain:

Menurut Mamduh M. Hanafi dan Abdul Halim, dalam buku Analisis Laporan Keuangan (2002:63), Laporan Keuangan adalah laporan yang diharapkan bisa memberi informasi mengenai perusahaan, dan digabungkan dengan informasi yang lain, seperti industri, kondisi ekonomi, bisa memberikan gambaran yang lebih baik mengenai prospek dan risiko perusahaan.

Laporan Keuangan merupakan produk akuntansi yang penting dan dapat digunakan untuk membuat keputusan-keputusan ekonomi bagi pihak internal maupun pihak eksternal perusahaan; merupakan potret perusahaan, yaitu dapat menggambarkan kinerja keuangan maupun kinerja manajemen perusahaan, apakah dalam kondisi yang baik atau tidak; merupakan rangkaian aktivitas ekonomi perusahaan yang diklasifikasikan, pada periode tertentu; merupakan ringkasan dari suatu proses transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama periode yang bersangkutan.

Dalam SAK ETAP Tahun 2009 yang ditetapkan IAI, laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan serta laporan keuangan lengkap yang meliputi:Laporan Neraca, laporan laba rugi, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Arus Kas, Catatan atas Laporan Keuangan.

Untuk membuat laporan keuangan, seperti yang sudah diuraikan di awal paragraf, Anda harus mempersiapkan beberapa buku catatan transaksi keuangan, di antaranya:Buku Kas, Buku Persediaan Barang, Buku Pembelian Barang,Buku Penjualan,Buku Biaya, Buku Piutang dan Buku Utang.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Laporan keuangan digunakan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara rutin yang mencakup laporan …. 

A. segala keuangan dari suatu perusahaan

B. neraca keuangan perusahaan

C. untung rugi suatu perusahaan

D. keuangan yang menggambarkan prospek dan risiko perusahaan.

2) Tujuan dari pembuatan laporan keuangan bagi suatu perusahaan yaitu ….

A. kewajiban manajemen perusahaan

B. menghadapi pesaing

C. memberikaninformasi aktiva, pasiva, dan modal perusahaan

D. menunjukakan bukti loyalitas terhadap perusahaan

3) Pada prinsipnya, neraca keuangan ditujukan untuk mengetahui posisi keuangan suatu perusahaan atau usaha pada periode tertentu setiap….

A. setahun sekali

B. setahun dua kali

C. setahun tiga kali

D. setahun empat kali

4) Rumus menghitung pendapatan laba kotor yaitu ….

A. Saldo Persediaan Awal + Pembelian – Persediaan Akhir

B. Penjualan – Harga pokok pembelian

C. Laba Kotor – Biaya

D. Penjualan – Persediaan akhir

5) Bila kondisi keuangan perusahaan Anda adalah: Uang tunai Anda sekarang misalnya Rp6.000.000, Persediaan barang Rp30.000.000, Utang total sejumlah Rp10.000.000 dan Modal sebesar Rp26.000.000, maka saldo keseluruhannya yaitu …

A. 20.000.000

B. 36.000.000

C. 46.000.000

D. 52.000.000

Kunci Jawaban

1) D

2) C

3) A

4) B

5) B

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Sanitasi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *