Soal Dampak Masa Penjajahan Bangsa Eropa

soal dampak masa penjajahan bangsa eropa

Soal Dampak Masa Penjajahan Bangsa Eropa – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal Sejarah Indonesia Kelas 11, XI KD 3.3 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa eropa.

Advertisements

Rangkuman Materi Dampak Politik, Budaya, Sosial, Ekonomi, dan Pendidikan Pada Masa Penjajahan Bangsa Eropa

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Indonesia merupakan salah satu negara yang pernah terjajah oleh negara lain. Letak Indonesia yang strategis dan kekayaan alam Indonesia menyebabkan Indonesia menjadi negara yang layak dilirik oleh negara-negara lain untuk dieksploitasi. Rakyat pribumi pada saat itu mengalami kehidupan yang sulit dengan adanya tentara asing yang memperlakukan mereka sewenang-wenang. Kekejaman pemerintahan Belanda masih membekas hingga sekarang.

Read More

Sampai sekarang pun, pengaruh dari kolonialisme masih ada. Baik dalam unsur pemerintahan, unsur ekonomi, maupun budaya, pengaruh negara Belanda bercampur dengan Indonesia. Tidak seluruh pengaruh tersebut bersifat negatif. Ada beberapa pengaruh dari masa penjajahan Belanda yang cenderung menguntungkan bagi Indonesia.

Secara umum, masa penjajahan meninggalkan beberapa warisan yang masih dilestarikan oleh Indonesia sampai sekarang. Contohnya, pada aspek politik, struktur pemerintahan mencerminkan pemerintahan yang diterapkan Belanda. Sistem pemerintahan di Indonesia sekarang merupakan penerapan ajaran Trias Politica yang dijalankan Belanda.

Dalam bidang budaya, kolonialisme meninggalkan beberapa karya seni budaya yang bercampur dengan budaya Indonesia. Pengaruh budaya itu melingkupi tarian, nyanyian, bahasa, dan sebagainya. Dalam bidang sosial, Belanda mewariskan penyebaran agama Kristen. Penyebaran agama ini terjadi juga di sekolah-sekolah. Di bidang ekonomi, bangsa Eropa memperkenalkan mata uang dan jaringan trasnportasi. Dalam pendidikan, Indonesia mewarisi sekolah-sekolah dan sistem pendidikan.

Negara Eropa memperkenalkan beberapa sistem dalam bidang-bidang tersebut bagi rakyat Indonesia untuk diwariskan dan sistem-sistem tersebut tidak sepenuhnya buruk, bahkan cenderung menguntungkan Indonesia. Bahkan, sistem tanam paksa memperkenalkan berbagai tanaman baru dan cara bercocok tanam yang efektif bagi Indonesia meskipun sistem itu juga menghasilkan penderitaan bagi masyarakat Indonesia. Tetapi, kita juga harus memperhatikan dampak buruk yang masih ada akibat penjajahan dan sebisa mungkin mengatasinya.

Penjajahan negara Eropa pada Indonesia telah menghambat perkembangan Indonesia sebagai wilayah yang independen selama 3,5 abad. Indonesia mulai dijajah sejak pemerintahan mereka masih berbentuk kerajaan dengan jumlah yang banyak dan wilayah yang terpisah-pisah. Namun karena penjajahan itu, Indonesia secara paksa harus menyadari kekuatan dalam persatuan dan sesegera mungkin bersatu mengalahkan penjajah.

Negara Eropa menjajah Indonesia dan merebut kedaulatan yang dimiliki sejak Indonesia sendiri belum terbentuk. Dengan sistem politik Belanda yang berfungsi untuk mempermudah Belanda untuk menguasai Indonesia, Divide and Conquer atau devide et impera, rakyat Indonesia dipaksa saling membunuh saudara mereka sendiri. Persatuan yang dibutuhkan jelas sulit tercapai.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Perhatikan keterangan berikut ini!

1) Munculnya golongan elite pandai

2) Lahirnya golongan terpelajar

3) Dibukanya sekolah-sekolah oleh pemerintah

4) Berkembangnya kesadaran kebangsaan

5) Adanya perlawanan untuk mencapai kemerdekaan

Pengaruh positif kebijakan pemerintah kolonila Belanda dalam bidang pendidikan ditunjukan oleh pasangan angka …

A. 1, 2, 3

B. 1, 3, 4

C. 2, 3, 4

D. 2, 3, 4

E. 3, 4, 5

2. Kolonialisme Portugis pada abad XVI turut mempengaruhi kehidupan bangsa Indonesia. Pengaruh Portugis dalam bidang seni memunculkan musik khas Indonesia yaitu …

A. keroncong

B. campusari

C. dangsut

D. pop

E. jaz

3. Munculnya surat kabar pribumi pada akhir abad XIX tidak terlepas dari peranan kaum terpelajar. Pengaruh poritif perkembangan surat kabar tesebut adalah …

A. membuka lapangan pekerjaan bagi rakyat indonesia

B. menunjukkkan pentingnya penggunaan teknologi

C. menumbuhkan kesadaran pentingnya kebersamaan

D. menumbuhkan kewaspadaan terhadap bangsa-bangsa Barat

E. mendorong bangsa bangsa Indonesai mengenal bangsa Barat

4. Buku yang berjudul Max Havelaar merupakan kritik terhadap pemrintah Belanda, buku ini mendeskripsikan tentang …

A. penerapan sistem sewa tanah yang merugikan rakyat

B. laranangan terhadap pribumi untuk mendirikan organisasi politik

C. keharusan pemerintah belanda untuk menerapkan politik balas budi

D. pembagian stratifikasi sosial Hindia belanda yang diskriminatif

E. Penerapan sistem tanam paksa yang sangat meugikan rakyat

5. Pada masa kolonial sebagian besar masyarakat Indonesia yang berada pada kelas menengah ke atas cenderung untuk mengikuti gaya hidup bangsa Belanda. Salah satu alasan sikap ini ditunjukan pada uraian berikut …

A. budaya lokal dianggap sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman

B. budaya Eropa ditetapkan sebagai budaya resmi di Indonesia

C. gaya hidup masyarakat lokal menghabiskan biaya lebih mahal

D. gaya hidup bangsa Eropa lebih sederhana tetapi berkelas

E. budaya Eropa dianggap sebagai budaya yang modern

6. Penerapan politik Etis mendorong tumbuhnya kesadaran mengenai pentingnya pendidikan. Kondisi tersebut dibuktikan dengan munculnya sekolah-sekolah milik pribimi seperti Taman Siswa dan muhamadiyah. Selain itu muncul pula sekolah-sekolah untuk kaum wanita. Informasi tersebut memberikan dampak besar bagi kehidupan bangsa Indonesia yaitu …

A. menumpas praktik kolonialisme melalui pendidikan

B. munculnya kaum terpelajar yang individualis

C. mengubah tradisi bangsa indonesia menjadi tradisi barat

D. mengenalkan bangsa indonesia pada kehidupan sekuler

E. memunculkan kaum terpelajar yang bersifat nasionalis

7. Gagasan Pax Nerlandica yang dicetuskan oleh Gubernur jenderal J.B Van Heuts pada awal abad ke XII. Makna dari gagasan tersebut adalah …

A. penggabungan kekuasaan Hindia Belanda ke dalam persekutuan negeri Belanda

B. penyatuan wilayah di bawah kekuasaan kesatuan Republik Indonesia

C. penyatuan wilayah kekuasaan indonesai di bawah kekuasaan hindia belanda

D. penyatuan kerajaan kerajaan lokal yang ada di wilayah kepulauan indonesia

E. Pemerataan kemakmuran untuk semua rakyat Hindia Belanda

8. Dalam bidang politik dari kolonialisme dan imperialisme bangsa Barat di Indonesia menyebabkan semakin  hilangnya  kekuasaan  politik  para  penguasa Indonesia yang beralih ke tangan Belanda, hal tersebut dibuktikan dengan informasi dibawah ini …

A. Penerapan sistem indirect rule (sistem pemerintahan tidak langsung) yaitu dengan memanfaatkan penguasa-penguasa  tradisional,  seperti  bupati  dan  raja yang memerintah atas nama VOC.

B. Terjadinya mobilitas sosial dengan adanya gelombang transmigrasi,terutama untuk memenuhi tenaga-tenaga di perkebunan-perkebunan yang dibuka Belanda di luar Jawa.

C. Muncul golongan buruh dan golongan majikan yang muncul karena berdirinya pabrik-pabirk dan perusahaan sehingga pekerjaan masyarakat Indonesia menjadi dinamis.

D. Munculnya elit terdidik karena tuntutan memenuhi pegawai pemerintah sehingga menyebabkan  didirikannya  sekolah-sekolah  di  berbagai  kota.Hal  ini mendrong lahirnya elit terdidik (priyai cendikiawan) di perkotaan. Walaupun jumlah mereka sedikit,tetapi sangat berperan dalam perkembangan pergerakan selanjutnya.

E. Pembentukan status sosial dimana yang tertingi adalah Eropa lalu Asia dan Timur yang terakhir kaum Pribumi.

9. Kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia membawa dampak dalam bidang sosial. Salah satu dampak dalam bidang sosial adalah munculnya masyarakat yang menganut agama Katolik yang di bawa oleh misionaris Gonzales Veloso, Fernao Vinagra dan Simon Vas, serta berkembangnya Kristen Protestan. Salah satu misionaris yang menyebarkan agama Katolik di Maluku adalah …

A. Antonio de oamay

B. Franxiscus Xaverius

C. Luwix Nommensen

D. Edwuard Douwes Doker

E. Crawfurd

10. Salah satu dampak pengaruh dari kolonialisme di bidang budaya yang sampai sekarang masih bisa dirasakan oeh bangsa Indonesia adalah …

A. banyaknya bahasa serapan yang diambil dari kosa kata Belanda, Portugis, dan Inggris

B. munculnya penggolongan kelas di masyarakat

C. diangkatnya para petinggi kerajaan sebagai pegawai negeri

D. lahirnya golongan cerdik pandai

E. dibangunnya sekolah-sekolah oleh pemerintah

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. A → Pembahasan: Pengaruh positif kebijakan pemerintah kolonial Belandadalam bidang pendidikan adalah 1) munculnya golonganelite pandai 2) lahirnya golongan terpelajar, 3) dibukanyasekolah- sekolah oleh pemerintah.
  2. A → Pembahasan: Musik keroncong adalah salah satu peninggalan penjajahan Bangsa Portugis di Indonesia.
  3. C → Pembahasan: Kehadiran surat kabar di tengah rakyat Indonesia sebagai media yang bisa dinikmati rakyat Indonesia secara luas, menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kebersamaan dan persatuan.
  4. E → Pembahasan: Max Havelaar merupakan buku yang ditulis oleh Multatuli, berisikan kritik terhadap pemerintah Belanda terkait dengan penerapan Sistem Tanam Paksa yang merugikan rakyat Indonesia.
  5. E → Pembahasan: Pada masa kolonial sebagian besar masyarakat Indonesia yang berada pada kelas menengah ke atas cenderung untuk mengikuti gaya hidup bangsa Belanda, karena budaya Belanda dianggap sebagai budaya yang modern.
  6. E → Pembahasan: Politik Etis (Edukasi) yang ditndai dengan munculnya sekolah-sekolah milik pribumi seperti Taman Siswa dan Muhamadiyah. Selain itu muncul pula sekolah-sekolah untuk kaum wanita. Keberadaan sekolah-sekolah telah memunculkan kaum terpelajar yang bersifat nasionalis.
  7. A → Pembahasan: Gagasan Pax Nerlandica yang dicetuskan oleh Gubernur jenderal J.B Van Heuts pada awal abad ke XII. bermaksud menggabungkan kekuasaan Hindia Belanda ke dalam persekutuan negeri Belanda.
  8. A → Pembahasan: Penerapan sistem indirect rule (sistem pemerintahan tidak langsung) yaitu dengan memanfaatkan penguasa-penguasa tradisional, seperti bupati dan raja yang memerintah atas nama VOC, seungguhnya menyebabkan semakin hilangnya kekuasaan politik para penguasa Indonesia yang beralih ke tangan Belanda.
  9. B → Pembahasan: Franxiscus Xaverius adalah salah satu misionaris yang menyebarkan agama Katolik di Maluku.
  10. A → Pembahasan: Salah satu dampak pengaruh dari kolonialisme di bidang budaya yang sampai sekarang masih bisa dirasakan oeh bangsa Indonesia banyaknya bahasa serapan yang diambil dari kosa kata Belanda, Portugis, dan Inggris.

Demikian prediksi soal dan jawaban terkait dampak masa penjajahan bangsa Eropa untuk UTS, UAS Modul Sejarah Indonesia Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *