Soal Dampak Positif Negatif Perubahan Sosial Budaya dan Solusi Terbaik Mengatasinya

soal dampak positif negatif perubahan sosial budaya dan solusi terbaik mengatasinya

Soal Dampak Positif Negatif Perubahan Sosial Budaya dan Solusi Terbaik Mengatasinya – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPS kelas 9, IX SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang dampak positif negatif perubahan sosial budaya dan solusi terbaik mengatasinya.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas IX Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat cocok dijadikan bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

* (Disertai kunci jawaban).

Bacaan Lainnya

Rangkuman Materi Dampak Positif Negatif Perubahan Sosial Budaya dan Solusi Terbaik Mengatasinya

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Perubahan sosial budaya terus terjadi, manusia tidak boleh menolak dan menutup diri pada perubahan.

Perubahan sosial budaya memiliki dua sisi. Pada satu sisi, perubahan dapat dipandang positif karena memberikan manfaat bagi satu pihak tetapi pada sisi yang lain, perubahan dapat dianggap negatif karena mengganggu kehidupan pihak yang lain.

Terkait dengan sifat perubahan sosial, maka manusia sebagai makhluk sosial tidak boleh egois. Manusia harus selalu waspada, memperhatikan dan peduli pada orang-orang disekitarnya. Mau membantu orang yang mengalami kesulitan akibat suatu perubahan sosial budaya yang terjadi disekitarnya.

Perubahan sosial yang baik adalah perubahan yang tidak memecah belah atau mengganggu kerukunan kehidupan masyarakat. Suatu perubahan sosial akan bertahan lama dan menjadi kemajuan apabila mencerminkan nilai kebersamaan dalam suatu masyarakat.

Perubahan sosial yang mencerminkan nilai kebersamaan dapat membuat masyarakat berkembang tanpa mengalami konflik yang silih berganti. Untuk ini seluruh masyarakat harus bersikap terbuka, memperhatikan dan mendengarkan perspektif orang lain agar dalam setiap perubahan sosial dapat tercipta kompromi, agar perubahan sosial tidak merugikan satu pihak manapun.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban terbaik dari pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Jelaskan bagaiman sikap terbaik untuk manusia dalam menghadapi perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat sekitarnya!

2. Jelaskan dengan bahasa Ananda tiga kriteria perubahan sosial budaya yang dikatakan baik untuk semua masyarakat !

3. Jelaskan sikap terbaik bagi manusia sebagai makhluk sosial agar membuat suatu perubahan sosial dan budaya menjadi baik dan tidak merugikan pihak manapun!

4. Sebutkan dua contoh perubahan sosial yang baik dan menguntungken semua pihak

5. Sebutkan tiga komponen yang berperan penting untuk membuat perubahan sosial budaya menjadi baik untuk semua manusia!

Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Sikap terbaik untuk manusia dalam menghadapi perubahan sosial budaya di sekitar masyarakat adalah mau terus belajar, berupaya terus beradaptasi, menyesuaikan diri pada perubahan sosial yang terus terjadi.

Manusia tidak boleh menyerah, menolak dan menutup diri pada perubahan sosial. Hal ini dapat membuat seorang manusia tertinggal, tidak mampu bersaing dan tidak memiliki kemampuan memadai untuk beradaptasi pada kebutuhan zaman yang baru.

2. → Pembahasan:

Perubahan sosial yang baik adalah perubahan yang tidak menguntungkan satu pihak tetapi merugikan pihak yang lain. Perubahan sosial semacam ini memiliki 3 kriteria yaitu:

  • Memberikan keuntungan bagi semua pihak. Tidak ada yang dirugikan dari perubahan sosial yang terjadi, semua orang menerima.
  • Merupakan hasil dari terjadinya kompromi atau hasil diskusi semua pihak. Perubahan sosial dan budaya yang terjadi mencerminkan nilai kebersamaan dalam masyarakat.
  • Perubahan sosial budaya tidak memunculkan perpecahan dalam masyarakat karena semua merasa diuntungkan oleh perubahan sosial budaya tersebut.

3. → Pembahasan: Sikap terbaik manusia untuk membuat perubahan sosial dan budaya tidak merugikan pihak manapun!

  • Waspada, mau memperhatikan lingkungan sekitar. Memperhatikan pihak-pihak yang mengalami kesulitan beradaptasi pada perubahan sosial budaya.
  • Tidak egois, memiliki kepedulian dan mau membantu sesama mansuia yang dirugikan atau yang mengalami kesulitan beradaptasi pada perubahan sosial budaya.

4. → Pembahasan:

Dua contoh perubahan sosial yang baik dan menguntungken semua pihak:

  • Pembuatan sumur resapan agar air hujan di perkotaan dapat diserap di tanah. Membuat cadangan air tanah di perkotaan terjaga dan masyarakat pinggiran sungai tetap aman dari air sungai yang meluap akibat pembuangan air hujan ke sugai.
  • Pembangunan rest area Jalan Tol yang menjual produk lokal masyarakat sekitar. Ini membuat pembangunan jalan tol tidak merampas penghasilan dan ciri khas masyarakat daerah yang dilewati tol.

5. → Pembahasan:

Dua pihak-pihak yang memiliki peran penting untuk membuat perubahan sosial budaya menjadi baik untuk semua manusia dalam masyarakat.

  • Sesama manusia
  • Pemerintah dan Ilmu pengetahuan

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9, IX SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.