Soal Definisi Masalah Sosial dan Eksklusi Sosial

soal definisi masalah sosial dan eksklusi sosial

Soal Definisi Masalah Sosial dan Eksklusi Sosial – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sosiologi kelas 11, XI KD 3.1 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang definisi masalah sosial dan eksklusi sosial.

Advertisements

Rangkuman Materi Definisi Masalah Sosial, Eksklusi Sosial dan Faktor Penyebab Masalah Sosial

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Definisi yang dikemukakan oleh beberapa ahli:

Bacaan Lainnya
  • Menurut Soerjono Soekanto, masalah sosial merupakan suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.
  • Menurut Soetomo masalah sosial adalah sebagai suatu kondisi yang tidak diinginkan oleh sebagian besar warga masyarakat.

Eksklusi sosial juga disebut marginalisasi sosial yaitu tindakan penyingkiran atau pengucilan ke pinggiran masyarakat.

Faktor yang menyebabkan terjadinya masalah sosial di masyarakat antara lain:

  1. Faktor ekonomi. Misalnya kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial, pengangguran, dll
  2. Faktor budaya. Misalnya kenakalan remaja, perceraian, masalah sampah, dll.
  3. Faktor biologis. Misalnya wabah penyakit menular, virus penyakit baru (HIV-AIDS, COVID-19), dan makanan beracun, gizi buruk, dll.
  4. Faktor psikologis. Misalnya aliran sesat, gerakan sparatis anti pemerintah, penyimpangan seksual adanya LGBT, dll.

Soal Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

  1. Setelah mengetahui definisi masalah sosial menurut para ahli, coba kemukakan pendapat kalian tentang definisi masalah sosial!
  2. Apakah hubungan antara eksklusi sosial dengan masalah sosial?
  3. Dari bebarapa faktor penyebab masalah sosial, menurut kalian faktor manakah yang paling prioritas untuk segera diatasi ? Jelaskan!
  4. Identifikasi masalah sosial yang ada di lingkungan kalian!
  5. Bagaimana pendapat kalian tentang pandemi Covid-19 ini? Bagaimana sikap kalian menghadapinya?

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

  • Masalah sosial yaitu, suatu kondisi yang tidak diinginkan yang tidak sesuai dengan unsur-unsur budaya serta membahayakan kehidupan kelompok sosial sehingga perlu diatasi.
  • Masalah sosial sebagai suatu kondisi yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan atau tidak disukai oleh karena perlunya untuk diatasi atau diperbaiki.

2. → Pembahasan: Eksklusi sosial juga disebut marginalisasi sosial, yaitu tindakan penyingkiran atau pengucilan ke pinggiran masyarakat. Eksklusi sosial mengacu pada cara-cara dimana individu dapat terputus dari keterlibatan penuh dalam masyarakat yang lebih luas. Jadi eksklusi sosial adalah salah satu efek dari masalah sosial, ketika seseorang atau sekelompok orang menjadi objek masalah sosial maka ada kecenderungan sebagian masyarakat menciptakan eksklusi sosial terhadap objek masalah tersebut.

3. → Pembahasan: Faktor-faktor penyebab masalah sosial antara lain : faktor ekonomi, faktor budaya, faktor, biologis, dan faktor psikologis. Semua faktor tersebut penting untuk diberikan solusi, tetapi faktor yang menjadi prioritas untuk segera diatasi adalah faktor ekonomi karena faktor ekonomi mempunyai peranan sangat penting menyangkut kebutuhan pokok manusia, faktor ekonomi akan terhubung dengan semua faktor penyebab masalah sosial. menciptakan masyarakat yang sejahtera, aman dan damai.

4. → Pembahasan:

Masalah sosial yang ada di sekitar:

  • Banyakanya pengemis di jalan
  • Manumpuknya sampah (membuang sampah sembarangan)
  • Tawuran pelajar
  • Balap liar
  • Pandemi Covid-19
  • Banyakanya pengangguran akibat PHK
  • Tindakan kriminalitas (curanmor, pembunuhan, perampokan, dll)
  • Pengedaran obat terlarang
  • Munculnya raja-raja palsu, aliran sesat
  • Pasangan sesama jenis/LGBT

5. → Pembahasan: Covid-19 yang sangat mengganggu kelangsungan hidup masyarakat, berbagai sendi kehidupan terdampak akibat adanya virus ini, mulai sektor Pendidikan, industri, ekonomi, politik, sosial dan budaya. Permasalahan penyebaran virus Covid-19 tidak hanya terkait masalah kesehatan. Lebih dari itu Covid-19 juga merupakan masalah sosial. Masalah sosial merupakan suatu kondisi negatif yang dihadapi oleh masyarakat. Solusinya dapat diambil oleh negara dan juga oleh masyarakat itu sendiri yang di dalamnya terdapat tokoh masyarakat, cendikiawan, ataupun para ilmuwan. Kita sebagai bagian dari masyarakat mempunyai tanggung jawab moral untuk ikut berkontribusi mengurangi dampak penyebaran virus ini dengan mentaati aturan protokol kesehatan dari selalu memakai masker saat keluar rumah, membiasakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun, menyediakan handsanitizer, menjaga jarak ketika berkomunikasi denganorang lain dsb. hal baik dimulai dari kita sendiri bukan hanya untuk diri kita tetapi juga untuk orang lain.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sosiologi Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *