Soal Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan

soal faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan

Soal Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul Biologi Kelas XII KD 3.1 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Biologi Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan.

Rangkuman Materi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan Pertumbuhan tanaman dikendalikan oleh dua faktor yaitu faktor luar (eksternal) dan faktor dalam (internal).

Bacaan Lainnya

Gen merupakan faktor hereditas atau pembawa sifat yang terdapat dalam tubuh tanaman Hormon pertumbuhan pada tumbuhan ada bermacam-macam diantaranya (1) auksin; (2) giberelin (3) sitokinin; (4) asam absisat, (5) etilen.

Faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan merupakan faktor yang berasal dari luar tubuh tumbuhan. Faktor eksternal tersebut antara lain nutrisi, cahaya, suhu, kelembapan dan aerasi.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Para pedagang buah biasanya memetik buah sebelum masak. Setelah beberapa hari buah disimpan atau diangkat keluar kota, buah ternyata sudah masak, faktor yang dapat mengakibatkan pemasakan buah ini adalah…

A. Kekurangan oksigen karena disimpan dalam tempat tertutup.

B. Tidak terkena cahaya pada saat penyimpanan.

C. Buah mengeluarkan hormon etilen.

D. Buah menyerap sitokinin.

E. Suhu lebih tinggi karena diperam

2.  Perhatikan gambar perbandingan A dan B. Hormon yang mempengaruhi perbedaan kecepatan pertumbuhan tanaman tersebut adalah….

Hormon yang mempengaruhi perbedaan kecepatan pertumbuhan tanaman tersebut adalah

A. Sitokinin

B. Auksin

C. Giberelin

D. Asam Absisat

E. Gas etilen

3. Etiolasi adalah pertumbuhan yang ….

A. Tidak dipengaruhi cahaya

B. Lambat jika ada cahaya

C. Sangat cepat jika ada cahaya

D. Lambat dalam kondisi gelap

E. Sangat cepat dalam kondisi gelap

4. Seseorang menginginkan pohon jambu di depan rumahnya rimbun sehingga membuat teduh. Cara yang harus dilakukan untuk merangsang tumbuhan seperti yang diharapkan adalah …

A. Menyiram dengan jumlah air yang berlebih

B. Menggores-gores batang

C. Menyemprot ujung batang dengan auksin

D. Mencangkul tanah disekitarnya

E. Memotong ujung batang tanaman

5. Faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan tanaman adalah …

A. Suhu, tanah, kelembapan, hormone

B. Suhu, cahaya, kelembapan, hormone

C. Suhu, pupuk, jenis tanaman, hormone

D. Tanah, jenis tanaman, kelembapan, suhu

E. Cahaya, pupuk, jenis tanaman, hormone

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. C → Pembahasan: Buah-buahan terutama yang sudah tua melepaskan gas yang disebut etilen. Etilen disintesis oleh tumbuhan dan menyebabkan proses pemasakan yang lebih cepat.

2. C → Pembahasan: Giberelin dapat mempercepat tumbuhnya tunas, dan mempercepat perbungaan (vernalisasi), yang berarti mempercepat pembuahan.

3. E → Pembahasan:

  • Auksin (Bahasa yunani Auxein = meningkatkan) Banyak terdapat di ujung-ujung koleoptil, atau ujung-ujung tunas.
  • Diketahui sebagai senyawa Asam Indol Asetat (AIA) atau Indol Acetic Acid (IAA). Kerjanya akan efektif bila tak ada cahaya.
  • Bekerja mempengaruhi/mempercepat proses pembelahan sel-sel meristem di ujung-ujung tunas (batang dan akar) Dengan sifat auksin ini, tumbuhan dapat tumbuh sangat cepat ditempat gelap (etiolasi).

4. E → Pembahasan: Karena dengan memotong ujung batang tanaman yang sudah lama, akan menjadikan tanaman bisa berkembang dan bertumbuh secara baru menjadi lebih banyak/lebat.

5. B → Pembahasan: Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan Pertumbuhan tanaman dikendalikan oleh dua faktor yaitu faktor luar (eksternal) dan faktor dalam (internal). Factor dalam terdiri dari gen dan hormone dedangkan factor luar terdiri dari cahaya, suhu, nutrisi, kelembaban dan aerasi.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Biologi Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.