Soal Fungsi dan Struktur Organisasi di Laboratorium

soal fungsi dan struktur organisasi di laboratorium

Soal Fungsi dan Struktur Organisasi di Laboratorium – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, D4 jurusan TLM atau Teknologi Laboratorium Medis (Analis Kesehatan). Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi fungsi dan struktur organisasi di laboratorium.

Soal dan Kunci Jawaban Fungsi dan Struktur Organisasi di Laboratorium

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Struktur Organisasi merupakan skema atau gambaran di mana di dalamnya menunjukan bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal dalam sebuah organisasi. Dalam membuat struktur organisasi perlu diperhatikan 6 elemen yaitu spesialisasi pekerjaan, departementalisasi, rantai komando, rentang kendali, sentraliasi dan desentralisasi, serta formalisasi.

Bacaan Lainnya

Terdapat dua desain struktur organisasi yang sering digunakan oleh organisasi, yaitu desain organisasi umum meliputi struktur organisasi sederhana, birokrasi dan matriks, dan desain organisasi modern meliputi struktur organisasi tim, virtual dan nirbatas.

Pemilihan desain struktur organisasi sangat bergantung dari tujuan serta sumber daya yang dimiliki oleh organisasi tersebut.

Selanjutnya Struktur organisasi juga memiliki 4 fungsi, yaitu fungsi kejelasan tanggung jawab, kedudukan, jalur hubungan dan uraian tugas. Semua aspek mengenai struktur organisasi tersebut penting untuk diketahui oleh seorang ATLM saat bekerja di laboratorium medik dalam kapasitasnya nanti bila menduduki jabatan tertentu dalam struktur organisasi laboratorium medik, sehingga mengetahui tugas dan kewenangannya dalam bekerja.

BACA JUGA:  Soal Perubahan Fisiologis dalam Persalinan

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Berikut ini adalah definisi dari struktur organisasi :

A. Skema pengelompokan dan pengkoordinasian pekerjaan secara formal dalam organisasi

B. Gambar tentang pembagian dan pengelompokan pekerjaan dalam organisasi

C. Skema tentang pembagian, pengelompokan, dan pengkoordinasian pekerjaan dalam organisasi

D. Skema tentang pembagian, pengelompokan, dan pengkoordinasian pekerjaan secara formal dalam organisasi

2) Mana di antara pilihan di bawah ini yang termasuk ke dalam elemen struktur organisasi?

A. Spesialisasi pekerjaan

B. Uraian tugas

C. Koordinasi pekerjaan

D. Kedudukan

3) Rentang kendali adalah …

A. Garis komando yang terhubung antara atasan dan bawahannya

B. Garis wewenang tanpa putus yang membentang dari eselon yang paling atas sampai eselon paling bawah

C. Seberapa banyak jumlah bawahan yang dapat dikendalikan oleh atasan secara efektif dan efisien

D. Jumlah bawahan yang dibutuhkan oleh seorang atasan

4) Keunggulan dari sentralisasi pada struktur organisasi adalah …

A. Jenjang manajemen lebih sedikit (flat)

B. Perencanaan dan pengembangan organisasi lebih terintegrasi

C. Birokrasi berkurang. Pengambilan keputusan akan berada pada unit yang sekaligus melaksanakan.

D. Lebih responsif terhadap perubahan

5) Yang bukan termasuk ke dalam desain struktur organisasi umum adalah …

BACA JUGA:  Soal Sarana dan Peralatan Pengolahan Sampah

A. Struktur sederhana

B. Struktur Tim

C. Struktur Birokrasi

D. Struktur Matriks

7) Berikut ini yang bukan ciri – ciri dari struktur organisasi birokrasi adalah …

A. tugas-tugas operasi yang sangat rutin yang dicapai melalui spesialisasi

B. Aturan dan ketentuan yang sangat formal

C. Wewenang terdesentralisasi

D. Rentang kendali yang sempit

8) Karakteristik utama struktur tim adalah …

A. Meniadakan kendala-kendala departemental

B. Sentralisasi pengambilan keputusan

C. Membatasi karyawan menjadi spesialis

D. Memunculkan kendala-kendala departemental

9) Mana di antara pilihan berikut yang tidak termasuk ke dalam fungsi struktur organisasi?

A. Kejelasan tanggung jawab

B. Kejelasan kedudukan

C. Kejelasan Uraian tugas

D. Kejelasan hubungan

10) Perusahaan We Care menerapkan fungsi organisasi yang sangat membantu pihak pimpinan dalan melakukan pengawasan dan pengendalian. Dengan cara ini, bawahan akan lebih berkonsentrasi dalam melaksanakan suatu tugas. Perusahaan We Care menerapkan prinsip kejelasan…

A. tanggung jawab

B. uraian tugas

C. kedudukan

D. jalur hubungan

Kunci Jawaban

1. D

2. A

3. C

4. B

5. B

7. C

8. A

9. D

10. B

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa D3, D4 jurusan TLM atau teknologi laboratorium Medis (Analis Kesehatan) yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. ATLM Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.