Soal Gangguan, Kelainan dan Penyakit pada Sistem Reproduksi

soal gangguan, kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi

Soal Gangguan, Kelainan dan Penyakit pada Sistem Reproduksi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul Biologi Kelas XI KD 3.12 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Biologi Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi gangguan, kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi.

Rangkuman Materi Gangguan, Kelainan dan Penyakit pada Sistem Reproduksi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Kesehatan reproduksi secara umum didefenisikan sebagai kondisi sehat dari sistem, fungsi, dan proses alat reproduksi.

Read More

Beberapa penyakit yang berkaitan dengan reproduksi antara lain gangguan pada saat mentruasi, kanker ovarium, kanker genetalia, gonorhoea, kanker serviks, prostatitis, kanker vagina, endometriosis, klamydia, urethritis, dan prostatitis.

Teknologi yang digunakan pada pengobatan penyakit sistem reprodukai meliputi pemberian obat-obatan, kemoterapi, bedah, sampai dengan memanfaatkan terapi hormon.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Keadaan di mana jaringan endometrium terdapat di luar uterus yaitu dapat tumbuh disekitar ovarium,oviduk atau jauh di luar uterus disebut…

A. Endometriosis

B. Kanker ovarium

C. Infeksi vagina

D. Kanker serviks

E. Gangguan Menstruasi

2. Apa yang dimaksud dengan Amenore primer…

A. Tidak terjadinya menstruasi sampai usia 17 tahun dengan atau tanpa

B. Tidak terjadi menstruasi selama 3-6 bulan atau lebih pada orang yang tengah mengalami siklus menstruasi

C. Mengalami haid usia 10 tahun

D. Mengalami manopause

E. Tidak terjadi menstruasi di usia balita

3. Seorang wanita dewasa melapor kepada seorang dokter bahwa suaminya mengidap penyakit kelamin. Dia menceritakan bahwa selain penyakit HIV/AIDS, suaminya ternyata juga mengidap penyakit dimana dibagian-bagian organ kelaminnya terdapat benjolan-benjolan yang merah dan membengkak, dan terkadang pecah dengan sendirinya. Indikasi lain memperlihatkan bahwa suaminya sering kencing nanah. Dari cerita laporan diatas dapat disimpulkan bahwa seorang laki-laki (suami) tersebut menderita penyakit kelamin yaitu…

A. Sifilis

B. Gronuloma inguinale

C. Herpes simplex

D. Uleus

E. Gonorhoe

4. Gangguan yang terjadi pada sistem reproduksi pria yang disebabkan oleh virus herpes ialah…

A. Prostatitis

B. Uretritis

C. Epididimis

D. Orkitis

E. Hipogonadisme

5. Penyakit pada sistem reproduksi yang disebabkan virus adalah ….

A. Sifilis

B. Gonore

C. AIDS

D. Herpes genetalis

E. Herpes simplex

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. A → Pembahasan: Endometriosis adalah keadaan di mana jaringan endometrium terdapat di luar uterus yaitu dapat tunbuh disekitar ovarium,oviduk atau jauh di luar uterus. Misalnya paru-paru.

2. A → Pembahasan: Amenore primer: Tidak terjadinya menstruasi sampai usia 17 tahun dengan atau tanpa perkembangan seksual.

3. E → Pembahasan: Ghonorhoe: Dibagian-bagian organ kelaminnya terdapat benjolan-benjolan yang merah dan membengkak, dan terkadang pecah dengan sendirinya. Indikasi lain memperlihatkan bahwa suaminya sering kencing nanah.

4. B → Pembahasan: Uretritis adalah peradangan pada uretra dengan gejala rasa gatal pada penis dan serhng buang air kecil. Organism yang paling sering menyebabkan uretritis adalah Chlamydia trachomatis, ureplasma urealytium atau virus herpes.

Demikian prediksi soal dan jawaban gangguan, kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi untuk UTS, UAS Biologi Kelas XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *