Soal Gejala Sosial

soal gejala sosial

Soal Gejala Sosial – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sosiologi kelas 10, X KD 3.1 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang gejala sosial.

Rangkuman Materi Gejala Sosial

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pengertian gejala sosial juga dapat kita artikan sebagai sebuah peristiwa yang sering terjadi pada lapisan masyarakat baik masyarakat tradisional maupun masyarakat modern.

Bacaan Lainnya

Faktor Penyebab Gejala Sosial

Faktor kultural, Faktor ini merupakan nilai yang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan masyarakat atau komunitas. Sedangkan Faktor structural bisa dilihat dari pola hubungan antar individu dan kelompokyang terjalin dalam lingkungan masyarakat.

Macam-Macam Gejala Sosial

Ekonomi, Dilihat dari aspek ekonomi, gejala sosial sangat berkaitan dengan perekonomian masyarakat. Jika ada seseorang yang kurang bisa mencukupi kebutuhan, maka akan terjadi beberapa gejala sosial di lingkungannya.

Budaya, Keragaman budaya yang ada disekitar kita juga dapat menyebabkan timbulnya gejala sosial seperti tindakan peniruan budaya asing yang negatif, kenakalan remaja dan lain sebagainya. Lingkungan alam, Gejala sosial dalam lingkungan alam menyangkut aspek kesehatan. Seseorang yang terserang penyakit bisa mengakibatkan gejala sosial dilingkungan sekitarnya. Psikologis, Jika seseorang mengalami gangguan kejiwaan dapat menyebabkan gejala sosial dalam masyarakat seperti diorganisasi jiwa, aliran ajaran sesat dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  Soal Dampak Konflik Sosial

Dampak Gejala Sosial Di Masyarakat

Dampak positif, Hal ini dapat dilihat dengan adanya kemajuan di bidang ateknologi salah satunya teknologi komunikasi dengan alat komunikasi modern seperti smartphone dan alat komunikasi modern lainnya yang membuat kita dapat berinteraksi jarak jauh tanpa harus bertemu secara langsung.

Dampak negatif, Seseorang yang tidak bisa menerima perubahan akan mengalami keguncangan culture shock. Ketidakmampuan seseorang dalam menghadapi gejala sosial akan membawnya ke arah perilaku menyimpang.

Soal Uraian

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

  1. Jelaskan yang dimaksud dengan gejala sosial?
  2. Gejala sosial timbul dari adanya kemiskinan. Sebutkan ciri-ciri kemiskinan?
  3. Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku menyimpang?
  4. Jelaskan perbedaan antara penyimpangan primer dengan penyimpangan sekunder?
  5. Jelaskan bagaimana suatu gejala dapat dikatakan sebagai gejala sosial?

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Gejala sosial adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam masyarakat atau dalam kehidupan sosial.

2. → Pembahasan:

Ciri-ciri kemiskinan, antara lain:

  • Mereka tidak memiliki faktor poduksi, seperti tanah, modal, ataupun keterampilan, sehingga kemampuan untuk memperoleh pendapatan menjadi terbatas.
  • Mereka tidak memiliki kemungkinan untuk memperoleh aset produksi dengan kekuatan sendiri.
  • Tingkat pendidikan rendah dan waktu mereka tersita untuk mencari nafkah.
  • Kebanyakan mereka tinggal di pedesaan.
  • Mereka yang hidup dikota masih berusia muda dan tidak didukung oleh keterampilan yang memadai.
BACA JUGA:  Soal Interaksi Sosial

3. → Pembahasan:

Faktor-faktor yang menyebabkan perilaku menyimpang, antara lain:

  • Adanya perubahan norma-norma dari suatu periode ke periode waktu lain.
  • Tidak ada norma atau aturan yang bersifat mutlak yang bisa digunakan untuk menentukan benar atau tidaknya kelakuan seseorang.
  • Adanya individu-individu yang tidak mematuhi norma.
  • Adanya individu-individu yang belum mendalami norma atau belum menyadari kenpa norma-norma itu harus dipatuhi.
  • Terdapatnya individu-individu yang kurang yakin akan kebenarannya atau kebailkan norma dimana terdapat norma-norma yang tidak sesuai.

4. → Pembahasan:

Perbedaan penyimpangan primer dengan sekunder yaitu:

  • Penyimpangan primer adalah penyimpangan bersifat sementara (temporer) atau perbuatan menyimpang yang pertama kali dilakukan seseorang yang pada aspek kehidupan lain, selalu berlaku konfromis (mematuhi norma-norma yang berlaku).
  • Penyimpangan sekunder adalah penyimpangan sosial dilakukan secara terus-menerus, meskipun sanksi telah diberikan kepadanya.

5. → Pembahasan: Suatu gejala dapat diakatakan sebagai gejala sosial apabila bersangkutan dengan hubungan antar manusia dan mengganggu keutuhan bermasyarakat.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sosiologi Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.