Soal Globalisasi dan Fenomenanya

soal globalisasi dan fenomenanya

Soal Globalisasi dan Fenomenanya – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sosiologi kelas 12, XII KD 3.2 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang globalisasi dan fenomenanya.

Rangkuman Materi Globalisasi dan Fenomenanya

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Globalisasi merupakan proses yang menghasilkan dunia tunggal, masyarakat di seluruh dunia menjadi saling tergantung di hampir semua aspek kehidupan, baik kehidupan politik, ekonomi, maupun kebudayaan.

Bacaan Lainnya

Dalam bentuknya yang umum, globalisasi dapat didefinisikan oleh empat fenomena yang muncul dan meningkat sejak pertengahan abad ke-20, yaitu, perubahan yang sangat cepat di bidang elektronika, terjadinya aktivitas ekonomi dan perpindahan orang-orang yang bersifat lintas bangsa atau negara, diciptakannya ruang-ruang pergaulan sosial yang bersifat lintas bangsa atau bersifat trans-nasional, dan terjadinya perubahan-perubahan secara kuantitatif maupun kualitatif mengenai ideologi, nilai-nilai, dan norma-norma sosial.

BACA JUGA:  Soal Konsep Ketimpangan Sosial dan Faktor Penyebab Ketimpangan Sosial

Terdapat empat pendekatan untuk memahami globalisasi dalam bentuknya yang dominan sekarang, yaitu pendekatan sistem global, pendekatan budaya global, pendekatan politik global, dan pendekatan kapitalisme global.

Globalisasi mempunyai dua ciri utama, yaitu, pertama deteritorialisasi dan kedua trans-nasionalisme.

Apabila dulu masyarakat industri mengandalkan bahwa bisnis harus terikat pada suatu tempat atau negara nasional tertentu, akibat perkembangan teknologi komunikasi, hal tersebut menjadi tidak sesuai lagi.

Secara agak esktrim dapat dinyatakan bahwa dalam konteks globalisasi, diskusi mengenai negara bangsa menjadi usang dan tidak relevan lagi. Inilah yang disebut deterritorialisasi. Sedangkan, trans-nasionalisme dapat dilihat dalam berlakunya sistem perdagangan atau perusahaan yang operasionalnya melampui batas-batas wilayah negara nasional.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

 

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. A → Pembahasan:

(1) Globalisasi merupaka proses terciptanya dunia yang tunggal.

(2) Dalam globalisasi diwarnai oleh terjadinya revolusi elektronik dalam berbagai proses sosial.

(3) Penguasaan aset dan sumber-sumber ekonomi oleh perusahaan-perusahaan multi-nasional yang tentu bermodal besar.

2. D → Pembahasan:

BACA JUGA:  Soal Pengantar Gejala Sosial

(2) Penyeragaman budaya dengan merujuk pada kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di negara-negara maju, terutama di Eropa Barat dan Amerika Utara.

(4) Semakin intensifnya hubungan di antara individu, kelompok, atau masyarakat yang bersifat lintas negara karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

(5) Terjadinya aktivitas ekonomi dan perpindahan orang-orang yang bersifat lintas bangsa atau negara.

3. D → Pembahasan: Ekonomi Internasional adalah ilmu ekonomi yang membahas akibat saling ketergantungan antara negara-negara di dunia, baik dari segi perdagangan internasional maupun pasar kredit internasional.

4. C → Pembahasan: Penyeragaman budaya atau homogenisasi, Homogenisasi budaya adalah bentuk persamaan kebiasaan antara satu daerah dengan daerah lain. Kebudayaan menjadi tidak ada perbedaan.

5. A → Pembahasan: Globalisasi mempengaruhi perkembangan ekonomi politik di setiap negara berkembang, dikarenakan harus bersaing terhadap negara maju akibat ekonomi mereka lebih maju dan unggul.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sosiologi Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.