Soal Hal Yang Dapat Diteladi Dari Tokoh Biografi Kelas 10

soal hal yang dapat diteladani dari tokoh biografi kelas 10

Soal Hal Yang Dapat Diteladi Dari Tokoh Biografi Kelas 10 – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 10, 11, dan 12 SMA untuk Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang hal yang dapat diteladi dari tokoh biografi.

* (Disertai kunci jawaban di akhir soal)

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

A.A. Navis, nama lengkapnya Ali Akbar Navis. Beliau lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat, pada tanggal 17 November 1924.Ia tamat perguruan INS di Kayutanam pada tahun 1943. Pada masa penjajahan Jepang, A.A. Navis bekerja di pabrik porselen di sekitar daerah Padang Panjang, kemudia menjadi guru, pada tahun 1952 jadi kepala urusan kesenian perwakilan jawatan kebudayaan Sumetera Tengah.

Pada tahun 1950, A.A. Navis mulai mengikuti perkembangan kesusastraan secara aktif, seperti mengarang cerita pendek dan sandiwara radio. Seluruh cerita yang dibuat oleh beliau dipublikasikan dalam Mimbar Indonesia, Siasat, Kisah, Sastra, dan lain-lain. Ia sebagai pemenang hadiah majalah kisah pada tahun 1955. Karya-karyanya ialah Robohnya Surau Kami (1956), Bianglala (1963), Kemarau (1967). Semuanya diterbitkan oleh N.V. Nusantara.

1. Pertanyaan yang sesuai dengan teks biografi tersebut adalah…

A. Kapan A.A Navis mulai mengikuti perkembangan kesusastraan secara aktif?

B. Bagaimana pandangan A.A. Navis terhadap perkembangan kesusastraan Indonesia?

C. Mengapa A.A. Navis mendapatkan hadiah majalah Kisah pada tahun 1955?

D. Mengapa A.A. Navis tidak pernah menciptakan karya sastra berbentuk puisi?

E. Bagaimana cara A.A. Navis dalam menciptakan karya sastra berbentuk cerpen?

Cermati teks biografi berikut  untuk menjawab nomor 2 dan 3

Mohammad Natsir merupakan salah satu tokoh Indonesia yang berpenampilan paling sederhana sepanjang masa.Hal ini dikarenakan Natsir dikenal sebagai menteri yang “tidak memiliki baju bagus, jasnya bertambal.Dia dikenang sebagai menteri yang tak punya rumah dan menolak untuk diberi mobil mewah.”Mohammad Natsir diangkat sebagai perdana menteri oleh Presiden Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1950.Natsir juga diketahui menguasai banyak bahasa asing.Contohnya seperti bahasa Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, dan Arab.

2. Keistiweaan tokoh biografi tersebut adalah…

A. Beliau menguasai banyak bahasa asing

B. Beliau diangkat sebagai perdana menteri oleh Presiden Soekarno

C. Beliau merupakan tokoh Indonesia yang paling sederhana sepanjang masa

D. Menteri yang tidak memiliki rumah dan menolak menolak diberi mobil mewah

E. Karyanya banyak membahas tentang pemikiran islam , budaya, dan politik.

3. Sikap teladan pada tokoh biografi tersebut yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah….

A. Berpenampilan sederhana, walaupun pangkat dan jabatan tinggi.

B. Tetap berkarya, walaupun hidup penuh kesibukan

C. Menjadi perdana menteri Indonesia pada tahun 1950

D. Menolak ketika diberi sesuatu walaupun hidupnya kekurangan

E. Berbagai bahasa asing dikuasainya seperti bahasa Perancis, Belanda, Arab dll.

Bacalah teks biografi berikut ini untuk  menjawab nomor 4-5

B.J. Habibie merupakan salah satu tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di tanah air.Beliau adalah presiden ketiga Republik Indonesia.Nama dan gelar lengkapnya Prof. DR (HC).Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau lahir pada tanggal 25 Juni 1936 di Pare-pare, Sulawesi Selatan.B.J. Habibie merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, diantaranya adalah pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Pada tanggal 12 Mei 1962, Habibie menikah dengan Hasri Ainun Habibie dan dikarunai dua anak laki-laki, yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

4. Kutipan teks biografi tersebut termasuk kedalam struktur bagian…

A. Reorientasi

B. Peristiwa penting

C. Orientasi

D. Koda

E. Reaksi

5. Pada struktur teks biografi, bagian orientasi berisi…

A. Pandangan tokoh terhadap sesuatu

B. Pengenalan dan gambaran tokoh

C. Peristiwa yang dialami tokoh

D. Masalah yang dialami tokoh

E. Pendangan penulis terhadap tokoh

Cermati teks biografi berikut ini  untuk  menjawab nomor 6-7

Seperti anak-anak seumuran lainnya, Rudy Haryono sejak kecil juga tertarik dengan berbagai macam olahraga.Sejak SD tertarik dengan atletik dan renang.Pada masa SMP, dia juga berkecimpung di olahraga bola voli dan pada masa SMA sebagai pemain sepak bola yang handal.Namun, dari semua olahraga yang dia ikuti, keinginan terbesarnya akhirnya hanya jatuh pada permainan bulu tangkis.

Pada usia 9 tahun, Rudy kecil telah menunjukan bakatnya pada olahraga bulutangkis. Namun, ayahnya baru menyadari ketika Rudy sudah berumur 11 tahun. Sebelumnya, Rudy berlatih bulutangkis di jalan raya aspal di depan kantor PLN di Surabaya, yang sebelumnya dikenal dengan nama jalan Gemblongan. Rudy berlatih setiap hari Minggu, mulai pagi hari sampai dengan pukul 10 malam.Setelah sering berlatih, Rudy memutuskan untuk mengikuti kompetisi kecil-kecilan yang berada di sekitar Surabaya yang pada saat itu hanya diterangi oleh sinar dari lampu petromax.

6. Isi kutipan teks tersebut adalah…

A. Rudi Hartono memilih bulutangkis dari sekian banyak olahraga yang ditekuninya sejak kecil.

B. Rudi Hartono gemar melakukan beragam kegiatan olahraga sejak usia balita

C. Berbagai kompetisi olahraga yang diikuti Rudy Hartono di daerahnya saat masih Kecil

D. Kepedulian orangtua Rudy Hartono atas prestasi yang diraihnya dalam bidang bulu tangkis.

E. Rudi Hartono menekuni berbagai olahraga, seperti sepak bola, voli, dan bulutangkis

7. Nilai kehidupan yang paling menonjol dalam kehidupan teks biografi tersebut adalah…

A. Kepedulian orang tua Rudi Hartono terhadap bakat anaknya

B. Bakat seseorang harus dilatih sejak dini

C. Pemerintah harus menyediakan sarana dan prasaran olahraga

D. Menekuni segala macam keterampilan khususnya olahrga

E. Semangat dan ketekunan dalam mewujudkan bakat yang dimiliki.

Cermati teks biografi berikut untuk menjawab  nomor 8-10

Karl May merupakan seorang penulis asal Jerman yang lahir pada tahun 1842. Sejak lahir, Karl kecil menderita cacat buta karena kekurangan gizi. Untungnya, saat ia berumur 5 tahun, Kedua orang tua Karl memutuskan untuk mengoperasinya, sehingga ia bisa melihat lagi. Pada usianya yang ke-27 tahun, Karl dipenjara selama 7 tahun lamanya karena dituduh telah melakukan aksi pencurian.

Hebatnya lagi, ketika menjalani hukuman, Karl banyak membaca berbagai buku, terutama buku geografis.Dari situlah, Karl memiliki niat untuk menulis sebuah buku petualangan, walaupun sebenarnya dia sendiri tidak pernah berpetualang.Karena bakat menulis yang dimilikinya, Karl menjadi orang yang populer dan dikenal oleh banyak orang.

8. Bagaimana Karl menghabiskan waktu luangnya dalam menjalani hukuman?

A. Menulis buku terutama buku bertema geografis

B. Menulis buku cerita terutama buku bertema petulangan

C. Banyak membaca buku terutama buku geografis

D. Menekuni bakat menulisnya dengan susnggu-sungguh

E. Berlatih menulis cerita-cerita petulangan

9. Hal yang dapat diteladani dari Karl May adalah…

A. Walaupun sedang menjalani hukuman, ia tetap bersemangat untuk membaca buku-buku geografis

B. Kehidupannya yang sulit sejak ia masih kecil, sehingga ketika remaja ia dijauhi oleh teman-temannya

C. Ketekunannya dalam membaca buku-buku membuatnya terkenal di dunia

D. Perjuangannya melawan kemiskinan dengan merintis kemerdekaan

E. Kehidupannya berisi penderitaan sampai ia harus menjalani hukuman

10. Hal yang dapat diteladani dari tokoh biografi tersebut adalah…

A. Dia tetap dapat berjuang melawan kemiskinan

B. Dia tetap bersemangat untuk belajar

C. Dia tetap merintis kemerdekaan

D. Dia tetap menulis buku-buku petualangan

E. Dia tetap menciptakan biografi

Kunci Jawaban

1. B

2. B

3. C

4. B

5. C

6. A

7. E

8. D

9. C

10. A

Pelajari Juga: Soal Butir-butir Penting Buku Nonfiksi Kelas 11

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Bahasa Indonesia tentang Hal Yang Dapat Diteladi Dari Tokoh Biografi Kelas 10, 11, dan 12 SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Artikel Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *