Soal Identifikasi Proposal Kelas 11 – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 10, 11, dan 12 SMA untuk Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang identifikasi proposal.
* (Disertai kunci jawaban di akhir soal)
Soal Pilihan Ganda
Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!
Pilihlah satu jawaban yang paling benar!
Bacalah paragraf berikut dengan saksama untuk soal nomor 1 dan 2!
Gizi buruk pada anak sampai saat ini masih menjadi masalah di Indonesia. Hingga tahun 2017 ada sekitar satu juta anak di Indonesia yang mengalami gizi buruk. Hingga saat ini Indonesia masuk dalam lima besar untuk kasus gizi buruk. Gizi buruk akan memengaruhi banyak organ dan sistem organ yang akan merusak sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit. Gizi buruk juga dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan mental serta penurunan IQ.
Kasus gizi buruk ditemukan di Kecamatan Jakenan, tepatnya di Desa Karangrejo Lor. Di Desa Karangrejo Lor terdapat enam kasus gizi buruk pada balita. Data tersebut menunjukkan bahwa kasus gizi buruk di Desa Karangrejo Lor tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai penyebab gizi buruk pada balita, khususnya di Desa Karangrejo Lor. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mencegah dan menurunkan angka gizi buruk pada balita di Desa Karangrejo Lor.
1. Informasi yang dibahas dalam kutipan proposal di atas adalah …
A. Gizi buruk di Desa Karangrejo diakibatkan akses pelayanan yang sulit dijangkau oleh masyarakat desa.
B. Masyarakat Desa Karangrejo Lor kurang memperhatikan gizi anak balitanya.
C. Tingginya angka kasus gizi buruk di Desa Karangrejo Lor, Kecamatan Jakenan.
D. Gizi buruk yang terjadi di Desa Krangrejo Lor dapat memengaruhi pertumbuhaan dan perkembangan balita di Desa Karangrejo Lor.
E. Angka gizi buruk di Desa Karangrejo Lor, Kecamatan Jakenan yang sulit turun.
2. Informasi yang sesuai dengan kutipan proposal di atas adalah …
A. Anak bergizi buruk akan mengalami gangguan pertumbuhan dan penurunan IQ.
B. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab gizi buruk pada balita di Indonesia.
C. Data angka gizi buruk di Desa Karangrejo Lor terus bertambah.
D. Gizi buruk pada anak masih menjadi masalah terbesar bagi bangsa Indonesia.
E. Indonesia termasuk ke dalam lima negara yang memerangi gizi buruk.
3. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ”Hubungan Penurunan Populasi Capung dan Penurunan Kualitas Air” adalah observasi.
2) Objek penelitian ini adalah capung dan kualitas air.
3) Sumber data primer diperoleh dari penelitian yang dilakukan. Sumber data sekunder atau data pelengkap diperoleh dari buku, jurnal ilmiah, dan internet.
4) Metode pengumpulan dalam penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi.
5) Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik deskripsi.
Pernyatan-pernyataan tersebut merupakan bagian dari ….
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tinjauan Pustaka
D. Metodologi Penelitian
E. Hipotesis
4. Kalimat yang berisi pernyataan maksud dan tujuan proposal kegiatan karya wisata kelas XI SMA Nusa Pertiwi adalah …..
A. Tujuan umum penelitian ini mencakup dua hal yaitu meningkatkan pengetahuan peserta didik terhadap materi di dalam kelas dan meningkatkan kreativitas peserta didik di luar sekolah.
B. Kegiatan karya wisata bertujuan menambah ilmu pengetahuan peserta didik, membantu peserta didik dalam mengaktualisasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku sekolah, dan menggali ilmu-ilmu di luar sekolah.
C. Kegiatan ekstrakulikuler dapat menjadi bekal bagi peserta didik untuk terjun di tengah masyarakat setelah menyelesaikan studinya nanti.
D. Program “Satu Hari di Desa” ini bertujuan mengajak peserta didik untuk mengenal wilayah perdesaan sekaligus sebagai karya wisata.
E. Kepala sekolah beserta komite sekolah telah menetapkan kegiatan karya wisata sebagai kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XI.
5. Perhatikan ilustrasi berikut!
Warga SMA Persada akan mengadakan rehabilitasi lingkungan dalam bentuk kegiatan kerja bakti dan penanaman pohon. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 23 Juli 2020.
Latar belakang proposal yang sesuai dengan ilustrasi kegiatan tersebut adalah ….
A. Kebersihan lingkungan harus dijaga. Lingkungan yang bersih dan terjaga pelestariannya dapat menjaga kualitas udara. Salah satau cara menjaga kelestarian lingkungan adalah dengan merehabilitasi lingkungan.
B. Kegiatan rehabilitasi lingkungan ini melibatkan seluruh warga SMA Persada Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan sikap tanggung jawab terhadap kebersiahan dan lingkungan. Rehabliatas lingkungan ini penting untuk masa depan warga SMA Persada.
C. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 23 Juli 2020, di wilayah SMA Persada. Rincian kegiatan tersebut yaitu kerja bakti dan penanaman pohon. Kegiatan tersebut akan dibuka oleh kepala SMA Persada.
D. Kegiatan kerja bakti dan penanaman pohon pada hari Minggu, tanggal 23 Juli 2020 di SMA Persada bertujuan untuk merehabilitasi lingungan yang mulai tercemar. Kegiatan ini digagas oleh warga SMA Persada.
E. Pelaksanaan kegiatan ini diserahkan kepada pengurus SMA Persada. Kesiswaan SMA Persada berharap agar kegiatan kerjabakti dan penanaman pohon ini dapat rutin diadakan. Dengan demikian, rehabilitasi lingkungan SMA Persada dapat terus berlangsung.
6. Cermati paragraf berikut!
Penelitian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) terhadap Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh 21 perusahaan menemukan AMDK gelas yang tidak layak minum. Selain itu, ada yang layak minum, tetapi dengan catatan habis dicermati lagi proses produksinya. Jika tidak, ia bisa menjadi tak layak minum. Penelitian YLKI ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya AMDK gelas yang tercemar karena bocor dan ditemukannya nomor register yang berbeda-beda dalam satu dus. Bahkan, ada AMDK yang kandungan koloninya jauh melebihi SNI sementara tanggal kedaluwarsa AMDK tersebut masih satu tahun lebih.
Informasi yang tidak sesuai dengan paragraf di atas adalah ….
A. Standar SNI untuk AMDK gelas boleh melebihi asal batas waktu kedaluwarsanya masih lama.
B. Terdapat AMDK gelas yang tidak layak minum berdasarkan penelitian YLKI.
C. Kandungan koloni jauh melebihi SNI sementara tanggal kedaluwarsa AMDK tersebut masih satu tahun lebih.
D. YLKI melakukan penelitian 21 perusahaan dan menemukan AMDK gelas yang tidak layak minum.
E. Ditemukannya AMDK gelas yang tercemar karena bocor dan ditemukannya nomor register yang berbeda-beda dalam satu dus.
7. Menentukan sistematika penulisan proposal.
Contoh:
(1) Tujuan
(2) Jenis Kegiatan
(3) Latar belakang
(4) Landasan Kegiatan
(5) Penutup
(6) Anggaran Biaya
Sistematika penulisan proposal kegiatan yang tepat ditandai dengan nomor…..
A. (1), (3), (2), (4), (6), dan (5)
B. (1), (3), (4), (2), (6), dan (5)
C. (3), (1), (4), (2), (6), dan (5)
D. (4), (2), (1), (6), (3), dan (5)
E. (4), (3), (2), (1), (6), dan (5)
8. Hal yang tidak termasuk isi proposal ialah ….
A. pendahuluan
B. tujuan
C. dana yang dianggarkan
D. jenis kegiatan
E. honor panitia
9. Memiliki kemampuan berbicara tidaklah semudah yang dibayangkan orang. Banyak ahli terampil menuangkan gagasan nya dalam bentuk tulisan namun sering mereka kurang terampil menyajikannya secara lisan (langsung). Oleh sebab itu, perlu kiranya diadakan lomba diskusi panel untuk tingkat SMU se-DKI ini. Sebagai wadah bagi siswa berlatih berbicara dan mengeluarkan pendapat ….
Penggalan proposal kegiatan di atas merupakan unsur proposal bagian ….
A. pendahuluan
B. sasaran
C. tema
D. dasar pemikiran
E. perkiraan anggaran
10. Bacalah kerangka proposal kegiatan berikut!
Topik Proposal: Pelatihan Pemanfaatan Limbah Kertas
Kerangka Proposal:
(1) Latar belakang
(2) ………
(3) Sasaran kegiatan
(4) Tempat dan waktu kegiatan
(5) Narasumber
(6) Susunan Panitia
(7) Jadwal kegiatan
Bagian yang tepat untuk melengkapi kerangka proposal tersebut adalah ….
A. Rumusan Masalah
B. Landasan Teori
C. Tujuan Kegiatan
D. Metode Pelatihan
E. Angaran Kegiatan
Kunci Jawaban
1. C
2. A
3. D
4. B
5. A
6. A
7. C
8. E
9. D
10. C
Pelajari Juga: Soal Hal Yang Dapat Diteladi Dari Tokoh Biografi Kelas 10
Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Bahasa Indonesia tentang Identifikasi Proposal Kelas 10, 11, dan 12 SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!