Soal Imunisasi Dasar

soal imunisasi dasar

Soal Imunisasi Dasar – Halo sobat Bidan Indonesia, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, D4, S1 dan profesi jurusan kebidanan. Dipelajari yuk, kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi imunisasi dasar.

Soal dan Kunci Jawaban Imunisasi Dasar

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu, bayi baru lahir dan bayi sangat memerlukan pemberian imunisasi. Imunisasi merupakan suatu proses untuk membuat sistem pertahanan tubuh kebal terhadap infasi mikroorganisme. Tujuan dari pemberian imunisasi diharapkan anak menjadi kebal terhadap penyakit sehingga dapat menurunkan angka morbiditas dan mortalitas serta dapat mengurangi kecacatan akibat penyakit tertentu.

Read More

Terdapat 10 penyakit pada anak yang dapat dicegah dengan imunisasi meliputi: yaitu: Difteri, Pertusis, Tetanus, Tubercullosis (TBC), Campak, Poliomielitis, Hemofillus Influenza tipe b (Hib), HPV (Human Papiloma Virus) dan Hepatitis A.

Imunisasi Dasar meliputi: Imunisasi BCG dilakukan sekali pada bayi usia 0-11 bulan, lalu DPT diberikan tiga kali pada bayi usia 2-11 bulan dengan interval minimal 4 minggu. Imunisasi polio diberikan empat kali pada bayi 0-11 bulan dengan interval minimal empat minggu. Sedangkan campak diberikan satu kali pada bayi usia 9-11 bulan. Terakhir imunisasi hepatitis B harus diberikan tiga kali pada bayi usia 1-11 bulan, dengan interval minimal empat minggu.

Dalam penyelenggaraan program imunisasi dibutuhkan dukungan vaksin, alat suntik dan rantai dingin (cold chain) agar kualitas vaksin sesuai dengan standar guna menumbuhkan imunitas yang optimal bagi sasaran imunisasi.Prinsip dalam pemberian imunisasi adalah tepat sasaran, tepat dosis, tepatcara, tepat waktu.

KIPI adalah kejadian medik yang berhubungan dengan imunisasi baik berupa reaksi vaksin, reaksi suntikan, efek farmakologis, kesalahan prosedur, koinsiden atau hubungan kausal yang tidak dapat ditentukan

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1. Yang dimaksud dengan imunisasi adalah…

A. Suatu proses mengobati penyakit tertentu pada anak

B. Upaya pemerintah untuk menurunkan penyakit pada anak

C. Upaya petugas kesehatan guna menghindarkan anak terhadap penyakit

D. Suatu proses untuk membuat sistem pertahanan tubuh kebal terhadap infasi mikroorganisme tertentu

2. Berikut ini merupakan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, yaitu….

A. Hepatitis, tuberculosa, difteri, diare

B. Polio, difteri, tetanus, hepatitis, toxoplasma

C. Difteri, campak, polio, hepatitis, diare, tubercosis

D. Hepatitis, tuberculosa, difteri, pertusis, tetanus, encephalitis, polio

3. Seorang ibu membawa bayinya yang berusia 10 hari ke puskemas untuk mendapatkan pelayanan imunisasi bayinya. Bidan akan melakukan pemberian imunisasi BCG pada bayi tersebut. Bidan telah menyapkan alat dan vaksin. Teknik injeksi pada kasus tersebut di atas adalah…

A. IV

B. IC

C. SC

D. IM

4. Seorang ibu datang ke posyandu ingin mengimunisasikan anaknya yang saat ini berusia 9 bulan. Berat badan bayi sekarang 8 kg, kondisi anak sehat. Jenis imunisasi yang diberikan pada bayi tersebut adalah…

A. Polio

B. BCG

C. Campak

D. Hepatitis 0

5. Seorang bidan akan melakukan imunisasi HB uniject, ternyata dijumpai VVM pada vaksin tersebut dengan kondisi B. Tindakan bidan yang tepat pada situasi tersebut adalah…

A. Vaksin tersebut tidak digunakan

B. Pasien dipulangkan dengan alasan vaksinnya rusak

C. Tetap menggunakan vaksin apabila belum kadaluwarsa

D. Mengganti vaksin dengan vaksin yang kondisi VVM nya A

Kunci Jawaban

  1. D
  2. D
  3. B
  4. C
  5. C

SIMAK JUGA!

Demikian kumpulan prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa D3, D4, S1 dan profesi jurusan kebidanan yang bisa kami sajikan, jangan lupa untuk menyimak soal-soal lainnya. Bidan Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *