Soal Konsep Kreatif Musik Kontemporer

soal konsep kreatif musik kontemporer

Soal Konsep Kreatif Musik Kontemporer – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Seni Budaya (Musik) kelas 12, XII KD 3.3 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengertian, ciri-ciri, karakteristik, dan konsep kreatif musik kontemporer.

Rangkuman Materi Konsep Kreatif Musik Kontemporer

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Musik kontemporer sebenarnya adalah musik yang keberadaannya berkaitan erat dengan mengalirnya waktu. Itulah mengapa musik kontemporer sering juga disebut musik garda depan (avant-garde), karena musik tersebut selalu mengedepankan sebuah era.

Bacaan Lainnya

Pada masanya, musik Bach sudah dianggap sebagai musik kontemporer. Komposisi musik Bach yang bagai air mengalir tanpa jeda, ditambah gaya kontrapung (alur bass dan melodi yang saling kontra membentuk aliran harmoni) merupakan sebuah komposisi yang jauh melampaui kelaziman di masa itu.

Unsur-unsur musik kontemporer yaitu warna nada (tone color), harmoni, ritme, dan melodi.

Karakteristik umum pada musik kontemporer, adalah : melodi liriknya tak sebanyak periode sebelumnya, adanya harmoni yang disonan, ritme yang kompleks, terdapat banyak suara perkusi, suara dari alat musik tiup wood wind dan brass, serta suara perkusi lebih banyak ditemukan dibandingkan dengan periode sebelumnya, penggunaan suara sintetis dan elektronik.

Fungsi-fungsi musik kontemporer: Mengembangkan jenis musik baru baik yang berakar dari tradisi ataupun tidak, Aktualisasi gaya bermusik para komponis, Sebagai bentuk ditemukan dan berkembangnya gramatika musik, Suatu pembuktian bahwa sumber bunyi dapat diolah menjadi musik.

BACA JUGA:  Soal Konsep Pertunjukan Musik Tradisional

Secara komposisi dan karakteristik, karya musik kontemporer dapat dipetakan menjadi tiga kategori, yaitu: Pertama, karya musik yang bersifat iringan, Kedua, Karya musik yang bersifat ilustratif, Ketiga, karya musik yang bersifat otonom.

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Mengapa musik kontemporer sering juga disebut musik garda depan (avant-garde)?

2. Mengapa pada masanya musik Johann Sebastian Bach sudah dianggap sebagai musik kontemporer?

3. Sebutkan empat unsur-unsur musik kontemporer!

4. Sebutkan empat macam karakteristik umum pada musik kontemporer!

5. Sebutkan tiga kategori musik kontemporer berdasarkan karakteristik dan komposisi!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: karena musik tersebut selalu mengedepankan sebuah era. Pembahasan : musik kontemporer sering juga disebut musik garda depan (avant-garde) karena musik tersebut selalu mengedepankan sebuah era.

2. → Pembahasan: karena komposisi musik Bach yang bagai air mengalir tanpa jeda, ditambah gaya kontrapung (alur bass dan melodi yang saling kontra membentuk aliran harmoni) merupakan sebuah komposisi yang jauh melampaui kelaziman di masa itu. Pembahasan: musik Johann Sebastian Bach sudah dianggap sebagai musik kontemporer karena komposisi musik Bach yang bagai air mengalir tanpa jeda, ditambah gaya kontrapung (alur bass dan melodi yang saling kontra membentuk aliran harmoni) merupakan sebuah komposisi yang jauh melampaui kelaziman di masa itu.

BACA JUGA:  Soal Memainkan Alat Musik Tradisional

3. → Pembahasan: Unsur-unsur musik kontemporer adalah Warna nada (tone color), Harmoni, Ritme, dan Melodi. Pembahasan: empat unsur-unsur musik kontemporer Warna nada (tone color), Harmoni, Ritme, dan Melodi.

4. → Pembahasan: Melodi liriknya tak sebanyak periode sebelumnya, Adanya harmoni yang disonan, Ritme yang kompleks, Terdapat banyak suara perkusi, Suara dari alat musik tiup wood wind dan brass, serta suara perkusi lebih banyak ditemukan dibandingkan dengan periode sebelumnya, Penggunaan suara sintetis dan elektronik. Empat macam karakteristik umum pada musik kontemporer , Melodi liriknya tak sebanyak periode sebelumnya, Adanya harmoni yang disonan, Ritme yang kompleks, Terdapat banyak suara perkusi, Suara dari alat musik tiup wood wind dan brass, serta suara perkusi lebih banyak ditemukan dibandingkan dengan periode sebelumnya, Penggunaan suara sintetis dan elektronik.

5. → Pembahasan:

Secara komposisi dan karakteristik, karya musik kontemporer dapat dipetakan menjadi tiga kategori, yaitu:

  • Pertama, karya musik yang bersifat iringan,
  • Kedua, Karya musik yang bersifat ilustratif,
  • Ketiga, karya musik yang bersifat otonom.

Tiga kategori musik kontemporer berdasarkan karakteristik dan komposisi Secara komposisi dan karakteristik, karya musik kontemporer dapat dipetakan menjadi tiga kategori, yaitu:

  • Pertama, karya musik yang bersifat iringan,
  • Kedua, Karya musik yang bersifat ilustratif,
  • Ketiga, karya musik yang bersifat otonom.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul seni budaya (musik) Kelas 12, XII SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.