Soal Kebutuhan Asah (Kebutuhan akan Stimulasi Mental)

soal kebutuhan asah

Soal Kebutuhan Asah (Kebutuhan akan Stimulasi Mental) – Halo sobat Bidan Indonesia, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, D4, S1 dan profesi jurusan kebidanan. Dipelajari yuk, kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi kebutuhan asah (kebutuhan akan stimulasi mental).

Advertisements

Soal dan Kunci Jawaban Kebutuhan Asah (Kebutuhan akan Stimulasi Mental)

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Stimulasi adalah adanya perangsangan dari lingkungan luar anak, yang berupa latihan atau bermain. Anak yang banyak mendapatkan stimulasi yang terarah akan cepat berkembang dibandingkan dengan anak yang kurang mendapatkan stimulasi.

Read More

Asah merupakan proses pembelajaran bagi anak, agar anak tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas ceria dan berakhlak mulia, maka periode yang menentukan sebagai masa keemasan (golden period), jendela kesempatan (window of opportunity) dan masa krisis (critical period) yang mungkin tidak terulang.

Anak terutama bayi merupakan kelompok yang rentan terhadap masalah kesehatan dan tindak kekerasan yang meliputi perlakukan salah (abuse), eksploitasi, penculikan dan perdangangan bayi.

Asah merupakan kebutuhan untuk perkembangan mental psikososial anak yang dapat dilakukan dengan pendidikan dan pelatihan. Anak perlu distimulasi sejak dini untuk mengembangkan sedini mungkin kemampuan sensorik, motorik, emosi-sosial, bicara, kognitif, kemandirian, kreativitas, kepemimpinan, moral dan spiritual anak.

Pemberian stimulasi akan lebih efektif apabila memperhatikan kebutuhan-kebutuhan anak sesuai dengan tahap-tahap perkembangannya.

Pada tahap perkembangan awal anak berada pada tahap sensori motorik. Pemberian stimulasi visual pada ranjang bayi akan meningkatkan perhatian anak terhadap lingkungannya, bayi akan gembira dengan tertawa-tawa dan menggerak-gerakkan seluruh tubuhnya.

Pada saat ini di Indonesia telah dikembangkan program untuk anak-anak prasekolah yang bertujuan untuk menstimulasi perkembangan anak sedini mungkin, dengan menggunakan APE (alat permainan edukatif).

APE adalah alat permainan yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak disesuaikan dengan usianya dan tingkat perkembangannya, serta berguna untuk pengembangan aspek fisik (kegiatan-kegiatan yang menunjang atau merangsang pertumbuhan fisik anak), aspek bahasa (dengan melatih berbicara, menggunakan kalimat yang benar), aspek kecerdasan (dengan pengenalan suara, ukuran, bentuk, warna dan lain-lain), dan aspek sosial (khususnya dalam hubungannya dengan interaksi antara ibu dan anak, keluarga, dan masyarakat).

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1. Seorang ayah sedang bermain bola di halaman rumah dengan anaknya yang berusia 3 tahun. Manfaat bermain bagi anak selain mengisi waktu luangnya adalah….

A. Menunggu waktu mandi

B. Mengakrabkan ayah dan anak

C. Membuat nafsu makan bertambah setelah bermain

D. Mengendalikan dan mengoordinasi otot, perasaan dan emosi

2. Seorang bayi baru dilahirkan diberikan stimulasi mental dengan cara ditetekkan kepada ibunya. Stimulasi ini akan menyempurnakan refleks menghisap dan menelan. Reflek yang timbul pada bayi saat menemukan puting susu ibu adalah….

A. Reflek Moro

B. Reflek Rooting

C. Reflek Babinsky

D. Reflek Tonic Neck

3. Stimulasi (asah) diberikan sedini mungkin sampai anak berusia 4-5 tahun setelah lahir. Periode anak berusia 4-5 tahun setelah lahir ini adalah….

A. Golden Years

B. Bonding Child

C. Golden Child

D. Prototisme

4. Seorang anak beusia 3 tahun menurut tempatnya akan mendapatkan asah pendidikan di keluarga. Pendidikan anak mendapat asah di rumah adalah….

A. Pendidikan formal

B. Pendidikan informal

C. Pendidikan non formal

D. Pendidikan PAUD

5. Jika ada seorang anak mendapat pendidikan di kelompok pengajian atau sekolah minggu, maka pendidikan asah yang diperoleh adalah….

A. Pendidikan formal

B. Pendidikan informal

C. Pendidikan non formal

D. Pendidikan PAUD

Kunci Jawaban

1) C

2) B

3) A

4) B

5) C

SIMAK JUGA!

Demikian kumpulan prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa D3, D4, S1 dan profesi jurusan kebidanan yang bisa kami sajikan, jangan lupa untuk menyimak soal-soal lainnya. Bidan Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *