Soal Jalur Pajanan Racun

soal jalur pajanan racun

Soal Jalur Pajanan Racun – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi jalur pajanan racun.

Soal dan Kunci Jawaban Jalur Pajanan Racun

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Suatu kerja toksik pada umumnya merupakan hasil dari sederetan proses fisika, biokimia, dan biologik yang sangat rumit dan komplek. Tiga fase pada jalur pajanan toksisitas:

Bacaan Lainnya

1) Fase eksposisi merupakan kontak suatu organisme dengan xenobiotika, pada umumnya, kecuali radioaktif, hanya dapat terjadi efek toksik/ farmakologi setelah xenobiotika terabsorpsi. Pada fase ini terdapat 3 jalur pajanan yaitu inhalasi, melalui kontak kulit dan jalur pencernaan atau oral.

2) Fase toksokinetik disebut juga dengan fase farmakokinetik. Setelah xenobiotika berada dalam ketersediaan farmasetika, pada mana keadaan xenobiotika siap untuk diabsorpsi menuju aliran darah atau pembuluh limfe, maka xenobiotika tersebut akan bersama aliran darah atau limfe didistribusikan ke seluruh tubuh dan ke tempat kerja toksik (reseptor). Pada saat yang bersamaan sebagian molekul xenobitikaakan termetabolisme, atau tereksresi  bersama urin melalui ginjal, melalui empedu menuju saluran cerna, atau sistem eksresi lainnya

BACA JUGA:  Soal Risiko di Unit Rekam Medis

3) Fase toksodinamik adalah interaksi antara tokson dengan reseptor (tempat kerja toksik) dan juga proses-proses yang terkait dimana pada akhirnya muncul efek toksik/farmakologik. Interaksi tokson-reseptor umumnya merupakan interaksi yang bolak-balik (reversibel). Hal ini mengakibatkan perubahan fungsional, yang lazim hilang, bila xenobiotika tereliminasi dari tempat kerjanya (reseptor)

Efek toksik / farmakologik suatu xenobiotika tidak hanya ditentukan oleh sifat toksokinetik xenobiotika, tetapi juga tergantung kepada faktor yang lain seperti:

  • Bentuk farmasetika dan bahan tambahan yang digunakan
  • Jenis dan tempat eksposisi,
  • Keterabsorpsian dan kecepatan absorpsi,
  • Distribusi xenobiotika dalam organisme,
  • Ikatan dan lokalisasi dalam jaringan,
  • Biotransformasi (proses metabolisme), dan
  • Keterekskresian dan kecepatan ekskresi, dimana semua faktor di atas dapat dirangkum ke dalam parameter farmaseutika dan toksokinetika (farmakokinetika).

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Masuknya xenobiotik melaui jalur pernapasan dan alveoli merupakan tempat utama terjadinya absorpsi xenobiotika yang berbentuk gas, seperti carbon monoksida, oksida nitrogen, belerang dioksida atau uap cairan, seperti bensen dan karbontetraklorida dinamakan….

A. Inhalasi

BACA JUGA:  Soal Konsep Dasar Neonatus, Bayi dengan Kelainan Bawaan

B. Oral

C. Sub cutan

D. Kontak kulit

2) Xenobiotik masuk kedalam tubuh melalui saluran cerna seperti dapat terjadi bersama makanan, minuman, atau secara sendiri baik sebagai obat maupun zat kimia murni dinamakan….

A. Inhalasi

B. Oral

C. Sub cutan

D. Kontak kulit

3) Interaksi antara tokson dengan reseptor (tempat kerja toksik) dan juga proses-proses yang terkait dimana pada akhirnya muncul efek toksik/farmakologik yang disebut ….

A. Toksokinetik

B. Eksposisi

C. Toksodinamik

D. Jalur Pajanan

4) Kontak suatu organisme dengan xenobiotika, pada umumnya, kecuali radioaktif, hanya dapat terjadi efek toksik/ farmakologi setelah xenobiotika terabsorpsi yang dinamakan….

A. Toksokinetik

B. Eksposisi

C. Toksodinamik

D. Jalur Pajanan

5) Penurunan kadar xenobiotika dalam sistem biologi / tubuh organisme, proses tersebut reaksi biotransformasi dan ekskresi disebut….

A. Adsorpsi

B. Distribusi

C. Anabolisme

D. Eliminasi

Kunci Jawaban

1) A

2) B

3) C

4) B

5) C

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.