Soal Jenis Biaya Produksi (Harga Pokok Produksi) Kerajinan Dengan Inspirasi Budaya Nonbenda

soal jenis biaya produksi (harga pokok produksi) kerajinan dengan inspirasi budaya nonbenda

Soal Jenis Biaya Produksi Kerajinan Dengan Inspirasi Budaya Nonbenda – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal PKWU Kerajinan kelas 10, X KD 3.4 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang jenis biaya produksi (harga pokok produksi) kerajinan dengan inspirasi budaya nonbenda.

Rangkuman Materi Jenis Biaya Produksi (Harga Pokok Produksi) Kerajinan Dengan Inspirasi Budaya Nonbenda

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  • Biaya Variabel Total / Total Variable Cost (TVC) adalah keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh faktor produksi variabel.
  • Cara menghitung Biaya Tetap Rata-rata / Average Fixed Cost (AFC) adalah dengan cara biaya total dibagi dengan jumlah produksi.
  • Cara menghitung Variabel Rata-Rata / Average Variable Cost (AVC) adalah dengan cara membagi Biaya Variabel Total (TVC) dengan jumlah produksi.
  • Cara menghitung Biaya Total Rata-Rata / Average Total Cost (AC) adalah dengan cara Biaya Total dibagi dengan jumlah produksi.
  • Biaya Marginal / Marginal Cost (MC) diperoleh melalui hasil penambahan Biaya Produksi yang digunakan untuk menambah produksi satu unit barang / produk.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Wirausahawan miniature menyewa gedung untuk tempat memproduksi produk sebanyak 500 buah dalam satu minggu yang membutuhkan bahan baku yang cukup banyak dan biaya membeli lem, amplas dan paku dalam mendukung jumlah produksi bertambah maka kuantitas lem, amplas dan paku juga bertambah, sehingga biayapun ikut bertambah. Salah satu biaya tetap dari produksi miniature adalah….

A. Biaya membeli amplas.

B. Biaya membeli lem.

C. Biaya membeli paku.

D. Biaya sewa tempat.

E. Biaya plastik.

2. Berikut ini adalah komponen biaya:

1) Gaji.

BACA JUGA:  Soal Identifikasi Informasi dalam Teks Editorial

2) Listrik.

3) Plastik.

4) Bahan baku.

Yang termasuk biaya tetap adalah…

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 1 dan 4

D. 2 dan 3

E.  2 dan 4

3. CV. sejahtera menghitung harga pokok yang dibebankan pada produk yang telah selesai dengan cara mengumpulkan biaya-biaya produksi untuk pesanan produk kerajinan non benda.   Pembebanan harga pokok ini menggunakan metode….

A. Harga pokok produksi

B. Harga pokok pesanan

C. Harga pokok proses

D. Harga pokok standard

E. Harga pokok tinggi

4. UD. Makmur yang bergerak dibidang pengolahan kayu untuk kerajinan miniature non benda, mencatat jumlah biaya produksinya dengan cara memisahkan biaya produksi menjadi biaya langsung dan biaya tidak langsung. Hal ini berarti UD. makmur menggunakan metode….

A. Harga pokok pesanan

B. Harga pokok proses

C. Harga pokok standar

D. Harga pokok produksi

E. Harga pokok penjualan

5. Pendapatan sama dengan modal yang dikeluarkan, tidak terjadi kerugian atau keuntungan.   Total keuntungan dan kerugian merupakan …

A. AVC

B. TVC

C. MC

D. FC

E. BEP

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. D→ Pembahasan: Biaya sewa tempat merupakan biaya tetap produksi karena dikeluarkan tetap

setiap bulannya.

2. A→ Pembahasan: Gaji dan listrik termasuk ke dalam biaya produksi tetap karena biaya tersebut dikeluarkan setiap bulan untuk kegiatan produksi.

3. B→ Pembahasan:  biaya-biaya produksi untuk pesanan produk kerajinan non benda. Pembebanan harga pokok ini menggunakan metode harga pokok pesanan. Pertanyaan tersebut sudah sangat jelas.

4. B→ Pembahasan: mencatat jumlah biaya produksi dengan cara memisahkan biaya produksi menjadi biaya langsung dan biaya tidak langsung menggunakan metode harga pokok produksi.

5. E→ Pembahasan:  BEP atau Break Even Point adalah titik dimana pendapatan sama dengan modal yang dikeluarkan, tidak terjadi kerugian atau keuntungan.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul PKWU kerajinan atau prakarya dan kewirausahaan kerajinan Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.