Soal Jenis Kecelakaan Kerja

soal jenis kecelakaan kerja

Soal Jenis Kecelakaan Kerja – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, D4 jurusan TLM atau Teknologi Laboratorium Medis (Analis Kesehatan). Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi jenis kecelakaan kerja.

Soal dan Kunci Jawaban Jenis Kecelakaan Kerja

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Besarnya risiko kecelakaan dan gangguan kesehatan yang dapat terjadi akibat kegiatan laboratorium, diperlukan pengelolaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) laboratorium yang baik melalui penerapan manajemen K3. Penerapan manajemen K3 adalah agar seluruh kegiatan K3 dapat terlaksana melalui proses identifikasi, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi serta kegiatan pengendalian, pengawasan dengan baik.

Bacaan Lainnya

Jenis kecelakaan kerja dapat berasal dari faktor fisik, kimiawi, biologi, psikososial maupun faal/ergonomik. Berikut ini contoh bahaya yang terjadi di laboratorium medik:

BACA JUGA:  Soal Obat Asma

  • Bahaya fisik : cahaya, panas, getaran dan radiasi.
  • Bahaya kimiawi : bahan kimia yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, kebakaran, ledakan dan yang mempunyai sifat khusus.
  • Bahaya biologi : merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh mikroorganisme infeksius. Dikelompokkan dalam 4 risiko, yaitu risiko satu, dua, tiga dan empat.
  • Bahaya psikososial : contoh gangguan psikososial dalam bekerja antara lain adalah stres, hal ini sebagai akibat masalah yang dihadapi oleh petugas laboratorium.
  • Bahaya faal/ergonomi : disebabkan karena posisi tubuh dalam melakukan pekerjaan tidak sesuai dengan postur tubuh.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Beban kerja yang berlebihan dapat menimbulkan bahaya kerja. Keadaan tersebut termasuk dalam bahaya ….

A. Fisika

B. Biologi

C. Ergonomi

D. Psikososial

2) Posisi tubuh yang tidak sesuai dengan postur tubuh saat melakukan pekerjaan dapat menimbulkan cidera. Keadaan tersebut termasuk dalam bahaya …. 

A. Fisika

B. Biologi

BACA JUGA:  Soal Kebutuhan Psikologis pada Kehamilan Remaja

C. Ergonomi

D. Psikososial

3) Sinar lampu yang terlalu terang dapat menyebabkan kelelahan pada mata. Keadaan tersebut termasuk dalam bahaya …. 

A. Kimia

B. Fisika

C. Biologi

D. Ergonomi

4) Dalam penanganan spesimen yang berasal dari tubuh manusia harus menerapkan manajemen K3. Hal ini disebabkan jika terkena spesimen dapat menimbulkan bahaya infeksius. Keadaan tersebut termasuk dalam bahaya …. 

A. Kimia

B. Fisika

C. Biologi

D. Ergonomi

5) Bahan kimia ini tidak korosif tetapi dapat mengakibatkan pembengkakan jaringan karena reaksi kimia yang terjadi di daerah yang terpapar. Sifat bahan kimia tersebut adalah ….

A. Iritan

B. Toksik

C. Korosif

D. Sensitizer

Kunci Jawaban

  1. D
  2. C
  3. B
  4. C
  5. A

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa D3, D4 jurusan TLM atau teknologi laboratorium Medis (Analis Kesehatan) yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. ATLM Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.