Soal Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

soal kaidah kebahasaan teks ceramah

Soal Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 11, XI KD 3.6 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang kaidah kebahasaan teks ceramah.

Rangkuman Materi Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Kaidah kebahasaan teks ceramah sebagai berikut:

Bacaan Lainnya
  1. menggunakan kata ganti orang pertama (tunggal) dan kata ganti orang kedua jamak, sebagai sapaan.
  2. menggunakan kata-kata teknis ataupun peistilahan yang berkenaan dengan topik yang dibahas.
  3. menggunakan kata-kata yang menunjukkan hubungan argumentasi (sebab-akibat).
  4. menggunakan kata kerja mental
  5. menggunakan kata kerja persuasif

Langkah-langkah menyusun teks ceramah :

  1. menentukan topik
  2. merumuskan tujuan ceramah
  3. menyusun kerangka ceramah
  4. menyusun ceramah berdasarkan kerangka

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Agar kalian dapat memahami dalam menentukan kaidah kebahasaan teks ceramah, perhatikan teks ceramah berikut!

Literasi merupakan salah satu modal utama yang harus terus ditingkatkan menghadapi era revolusi 4.0 ini. Apalagi Indonesia sedang dalam keadaan darurat literasi. Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian PISA yang menempatkan Indonesia menjadi urutan ke 62 dalam minat membaca.

Di zaman yang serba cepat dan instan ini kebutuhan akan pengetahuan yang kaya menjadi sangatlah penting. Literasi adalah kunci utama untuk mendapatkannya. Jika tidak, saya pikir kita akan dengan mudah tertinggal oleh zaman yang sedang terus berlari kencang melalui teknologi informasi dan komunikasi.

BACA JUGA:  Soal Pengaturan Suhu, Metabolisme, Perubahan Sistem Gastrointestinal

Kecepatan media teknologi informasi dan komunikasi juga membuat informasi mampu menyebar dengan cepat pada semua lapisan masyarakat. Tanpa literasi yang kaya, seseorang akan mudah terhasut oleh berita bohong yang dapat menyebar jauh lebih cepat dari pesan kebaikan.

Literasi juga menjadi gerbang utama dalam menggapai masa depan abad ini. Bagaimana tidak, percepatan industri yang tak terkendali ini akan menumbuhkan ekonomi dengan cepat namun akan banyak memberikan permasalahan yang menggemingkan.

Mengapa demikian? Karena sesuatu yang dikerjakan secepat mungkin akan jauh lebih rawan untuk mendapatkan masalah purna produksi. Maka dari itu, problem sovling atau pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan yang wajib dimiliki untuk menghadapinya. Dari mana kita mendapatkannya? lagi-lagi: literasi.

Oleh karena itu pemahaman akan suatu wawasan dalam teks pengetahuan; literasi haruslah terus ditingkatkan. Kita tidak dapat hanya mengandalkan internet untuk mengetahui sesuatu. Wawasan itu untuk dikuasai, bukan untuk diingat apalagi “diketahui” melalui satu klik saja. Wawasan semacam itu justru hanya menyesatkan dan tidak dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan diri.

Analisislah kaidah kebahasaan yang ada pada teks di atas!

Analisislah kaidah kebahasaan

Kunci Jawaban

jawaban Analisis kaidah kebahasaan

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul Bahasa Indonesia Kelas 11, XI SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.