Soal Kasus Pelanggaran HAM

soal kasus pelanggaran HAM

Soal Kasus Pelanggaran HAM – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul PKN Kelas 11, XI KD 3.1 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi Kasus Pelanggaran HAM.

Rangkuman Materi Kasus Pelanggaran HAM

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pelanggaran HAM adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara melawan hukum ,mengurangi, menghalangi, membatasi dan mencabut HAM seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang ini dan tidak mendapat atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.

Bacaan Lainnya

Bentuk pelanggaran HAM ada dua, yakni diskrimasi dan penyiksaan.

Sifat pelanggaran HAM ada dua, yakni pelanggaran HAM berat dan Pelanggaran HAM ringan. Pelanggaran HAM berat terdiri atas : genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan, sedangakan pelanggaran HAM ringan seperti pencemaran lingkungan, kelalaian dalam pemberian layanan kesehatan.

Faktor penyebab pelanggaran HAM dibagi dua, bersifat internal : sikap egois, rendahnya kesadaran HAM, dan sikap tidak toleran; dan bersifat eksternal : penyalahgunaan kekuasaan, ketidaktegasan aparat penegak hukum, penyalahgunan teknologi, dan kesenjangan sosial ekonomi.

Contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia : kasus Marsinah, Munir, Petrus, Tanjung Priok, Semanggi I dan II, DOM Aceh, Poso, Sampit, Timor Timur, Mbah Priok, Talang Sari, Rawa Gede, dan sebagainya.

Upaya penanganan kasus pelanggaran HAM dilakukan dengan cara : upaya pencegahan pelanggaran HAM dan membangun harmonisasi hak dan kewajiban warga negara.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Pelanggaran hak asasi manusia adalah…

A. Pelanggaran atau pelalaian terhadap kewajiban asasi yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang kepada orang lain

B. Pelanggaran yang dilakukan oleh seseorang kemudian tidak diketahui oleh orang lain

C. Perbuatan yang melawan hukum dan merugikan masyarakat

D. Perbuatan yang diancam dengan hukuman penjara

E. Pelanggaran hukum pidana maupun hukum perdata

2. Perbuatan yang dilakukan dengan sengaja sehingga menimbulkan rasa sakit atau penderitaan baik jasmani maupun rohani pada seseorang untuk memperoleh pengakuan atau keterangan dari seseorang  atau orang ketiga, disebut…

A. Diskriminasi

B. Kekerasan

C. Kecurangan

BACA JUGA:  Soal Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kehamilan

D. Penyiksaan

E. Penganiayaan

3. Pelanggaran HAM yang sering muncul biasanya terjadi dalam dua bentuk yaitu…

A. Diskriminasi dan pembuhunan

B. Diskriminasi dan penyiksaan

C. Genosida dan pelanggaran kemanusiaan

D. Penipuan dan penganiayaan

E. Perampasan hak dan pengambilan hak

4. Memusnahkan sekelompok masyarakat tertentu yang terjadi akibat ketidaksukaan terhadap suku tertentu, masuk dalam kategori pelanggaran HAM berat yang disebut dengan…

A. Diskriminasi

B. Kekerasan

C. Kecurangan

D. Penyiksaan

E. Genosida

5. Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) melapor ke pihak kepolisian

(2) menghubungi ketua RT setempat

(3) bersama masyarakat mengamankan korban

(4) mengancam pelaku untuk bertanggungjawab

(5) mencari massa untuk menghakimi pelaku

Jika kalian menemukan kasus pelanggaran HAM di lingkungan sekitarmu seperti adanya penganiayaan yang dilakukan sekelompok orang terhadap orang lain, maka yang harus kalian lakukan adalah….

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (1), (3), dan (5)

D. (2), (3), dan (4)

E. (3), (4), dan (5)

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. A → Pembahasan: Pelanggaran HAM adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara melawan hukum, mengurangi, menghalangi, membatasi dan mencabut HAM seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang ini dan tidak mendapat atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.

Pelanggaran hak asasi manusia adalah Pelanggaran atau pelalaian terhadap kewajiban asasi yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang kepada orang lain.

2. D → Pembahasan: Penyiksaan Perbuatan yang dilakukan dengan sengaja sehingga menimbulkan rasa sakit atau penderitaan baik jasmani maupun rohani pada seseorang untuk memperoleh pengakuan atau keterangan dari seseorang atau orang ketiga.

3. B → Pembahasan: Pelanggaran HAM yang sering muncul biasanya terjadi dalam dua bentuk yaitu Diskriminasi dan penyiksaan.

4. E → Pembahasan: Genosida adalah Memusnahkan sekelompok masyarakat tertentu yang terjadi akibat ketidaksukaan terhadap suku tertentu, masuk dalam kategori pelanggaran HAM berat.

5. A → Pembahasan:

Contoh sikap yang harus kalian lakukan apabila menemukan kasus pelanggaran HAM di lingkungan sekitarmu seperti adanya penganiayaan yang dilakukan sekelompok orang terhadap orang lain, antara lain:

  • Melapor ke pihak kepolisian
  • Menghubungi ketua rt setempat
  • Bersama masyarakat mengamankan korban

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS PKN Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.