Soal Kegawatdaruratan Maternal Neonatal Persalinan Kala III dan IV

soal kegawatdaruratan maternal neonatal masa persalinan kala III dan IV

Soal Kegawatdaruratan Maternal Neonatal Masa Persalinan Kala III dan IV – Halo sobat Bidan Indonesia, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, D4, S1 dan profesi jurusan kebidanan. Dipelajari yuk, kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi kegawatdaruratan maternal neonatal masa persalinan Kala III dan IV.

Soal dan Kunci Jawaban Kegawatdaruratan Maternal Neonatal Masa Persalinan Kala III dan IV

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Retensio plasenta merupakan sisa plasenta dan ketuban yang msih tertinggal  dalam rongga rahim. Hal ini dapat menimbulkan perdarahan postpartum dini atau perdarahan pospartum lambat (6-10 hari) pasca postpartum.

Read More

Robekan jalan lahir adalah keadaan dimana serviks mengalami laterasi pada lebih dari separuh pelahiran pervaginatum, sebagian besar berukuran  kurang dari  0.5 cm. Robekan yang dalam dapat meluas ke sepertiga atas vagina.

Perdarahan kala IV atau primer adalah perdarahan sejak kelahiran sampai 24 jam pascapartum.atau kehilangan darah secara abnormal, rata-rata kehilangan darah selama pelahiran pervaginam yang ditolong dokter obstetrik tanpa komplikasi lebih dari 500 ml.

Syok obstetrik adalah merupakan kegagalan sistem sirkulasi untuk mempertahankan perfusi yang adekuat keorgan – organ vital atau suatu kondisi yang mengancam jiwa dan membutuhkan tindakan segera dan intensif pada kasus obstetrik.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

Kasus II (Soal No. 1 dan 2)

Ny. S umur 30 tahun telah melahirkan anak ke-3 secara spontan pada jam 03.30 WIB. Bidan telah memberikan suntikan oksi 10 IU/IM pada jam 03.32 WIB, kemudian dicoba melakukan PTT tetapi plasenta belum lepas. Pada jam 03.45 WIB belum juga didapatkan tanda – tanda lepasnya plasenta. Kemudian Anda memberikan oksitosin ke 2 sebanyak 10 IU/IM.

1) Pada pukul 04.00 WIB plasenta masih belum lepas, tanpak adanya perdarahan pervaginam, berdasarkan keadaan tersebut maka diagnosisnya adalah…

A. Atonia Uteri

B. Inversio Uteri

C. Retensio Plasenta

D. Robekan jalan lahir

2) Berdasarkan keadaan No.1 maka tindakan segera yang harus Anda lakukan adalah manual plasenta, tetapi tindakan tersebut gagal maka yang Anda lakukan adalah…

A. Histerektomi

B. Merujuk ke RS

C. Melakukan Kuretase

D. Lakukan Reposisi segera

3) Tanda bila ibu mengalami syok obstetrik adalah …

A. Nadi cepat dan lemah

B. Pernafasan lambat

C. Nadi lambat

D. Pernafasan cepat dan dangkal

4) Robekan hanya terdapat pada selaput lendir vagina dengan atau tanpa mengenai kulit perineum termasuk robekan perineum …

A. Tingkat I

B. Tingkat II

C. Tingkat III

D. Tingkat IV

5) Tanda/gejala bila perdarahan disebabkan robekan jalan lahir adalah …

A. Kontraksi uterus lembek

B. Darah yang keluar berwarna merah kehitaman

C. Kontraksi uterus baik

D. Palsenta tidak lengkap

Kunci Jawaban

  1. C
  2. B
  3. A
  4. A
  5. C

SIMAK JUGA!

Demikian kumpulan prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa D3, D4, S1 dan profesi jurusan kebidanan yang bisa kami sajikan, jangan lupa untuk menyimak soal-soal lainnya. Bidan Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *