Soal Kehidupan Manusia Dalam Perubahan dan Berkelanjutan

soal kehidupan manusia dalam perubahan dan berkelanjutan

Soal Kehidupan Manusia Dalam Perubahan dan Berkelanjutan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 10, X KD 3.1 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang kehidupan manusia dalam perubahan dan berkelanjutan.

Rangkuman Materi Kehidupan Manusia Dalam Perubahan dan Berkelanjutan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pada dasarnya sejarah ialah kisah masyarakat manusia atau kisah kebudayaan dunia, yaitu kisah perubahan-perubahan yang terjadi karena kodrat masyarakat itu seperti masa kebiadaban, masa saling membantu terus ke masa persatuan golongan, kisah revolusi, pemberontakan yang timbul antara bangsa dengan bangsa dan kisah kerajaan-kerajaan dan negara-negara yang timbul karena revolusi dan pemberontakan itu, kisah kegiatan dan pekerjaan manusia, yaitu pekerjaan untuk mendapatkan nafkah, atau kegiatan dalam macam-macam ilmu dan usaha, dan umumnya kisah dari perubahan yang terjadi karena kodrat manusia.

Bacaan Lainnya

Gerak sejarah berpangkal pada kemajuan (evolusi), yaitu keharusan yang memaksa segala sesuatu untuk maju. Manusia melenyapkan sorga-neraka sebagai tujuan, tujuan fatum yang serba tidak tentu diberi batasan yang jelas. Gerak sejarah menuju ke arah kemajuan yang tidak ada batasnya.

Evolusi tak terbatas adalah tujuan manusia. Abad ke-18 dan 19 merupakan masa revolusi jiwa yang luar biasa, yaitu suatu revolusi yang mematahkan kekuatan heteronomi.

Dalam mempelajari sejarah, rangkaian peristiwa yang ada merupakan peristiwa yang berkelanjutan.

Kehidupan manusia saat ini merupakan mata rantai dari kehidupan masa lampau, sekarang dan masa mendatang. Setiap peristiwa tidak berdiri sendiri dan tidak terpisahkan dari peristiwa lain.

Kehidupan manusia sekarang merupakan mata rantai yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia generasi sebelumnya ke generasi yang akan datang. Oleh karena itu setiap peristiwa yang terjadi tidaklah berdiri sendiri, tetapi merupakan keterkaitan antara peristiwa satu dan lainnya. Sebaliknya, setiap peristiwa yang terjadi karena ada peristiwa yang mendahuluinya.

BACA JUGA:  Soal Cara Berpikir Sinkronik

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Salah satu faktor internal penyebab perubahan dalam kajian sejarah adalah revolusi dalam masyarakat. Salah satu dampak revolusi dalam masyarakat. Salah satu dampak revolusi dalam kehidupan sosial masyarakat yang terjadi pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah …

A. Banyak negara di dunia mendukung perjuangan Indonesia membebaskan diri dari penjajahan Belanda.

B. Pembagian kelas sosial di Indonesia yang diterapkan sejak masa kolonial Belanda dihapuskan.

C. Indonesia diakui sebagai negara yang merdeka dan berdaulat oleh dunia internasional.

D. Rakyat Indonesian dan masyarakat Belanda memiliki kedudukan sosial yang sama.

E. Rakyat Indonesia menegaskan bahwa Jepang tidak lagi menduduki Indonesia.

2. Peristiwa sejarah merupakan suatu proses perubahan dan berkesinambungan yang terjadi dalam kehidupan manusia di masa lampau. Perubahan dan kesinambungan tersebut selaras dengan perjalanan waktu. Hal ini menunjukkan bahwa peristiwa sejarah itu ….

A. hubungan antara pelaku dan penulis sejarah

B. tidak memiliki hubungan dengan masa kini

C. terdapat keterkaitan dengan peristiwa lainnya

D. tergantung siapa yang menjadi penulisnya

E. tergantung siapa yang menjadi pelakunya

3. Dalam perjalanan hidup manusia selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu.  Perubahan bisa disebabkan oleh berbagai macam peristiwa. Perubahan yang berlangsung secara lambat disebut…

A. Evolusi

B. Revolusi

C. Ekologi

D. Rekonstruksi

E. Reformasi

4. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) sifat masyarakat tradisional

(2) kebudayaan

(3) Penemuan-penemua baru

(4) perubahan lingkungan fisik

(5) Perubahan Penduduk

Dari pernyataan di atas faktor intern yang menjadi penyebab perubahan dalam masyarakat adalah ….

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (4)

D. (3) dan (5)

E. (4) dan (5)

5. Menjelang Presiden Soekarno jatuh dari kekuasaannya pada tahun 1960-an banyak terjadi aksi dan demonstrasi, khususnya yang dilakukan oleh para mahasiswa. Demikian halnya menjelang Presiden Soeharto jatuh dari kekuasaannya pada 1998, juga banyak terjadi aksi dan demonstrasi. Peristiwa tersebut dalam kehidupan manusia termasuk dalam perubahan sebagai …

BACA JUGA:  Soal Peradaban Awal Masyarakat Dunia

A. Perkembangan

B. Kesinambungan

C. Keberlanjutan

D. Perubahan

E. Pengulangan

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. B → Pembahasan: Setelah peristiwa Proklamasi Kemerdekaan, terjadi revolusi dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Dampak revolusi tersebut adalah penghapusan kelas-kelas sosial yang terbentuk sejak masa kolonial Belanda.
  2. C → Pembahasan: Kehidupan manusia sekarang merupakan mata rantai yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia generasi sebelumnya ke generasi yang akan datang. Oleh karena itu setiap peristiwa yang terjadi tidaklah berdiri sendiri, tetapi merupakan keterkaitan antara peristiwa satu dan lainnya. Sebaliknya, setiap peristiwa yang terjadi karena ada peristiwa yang mendahuluinya.
  3. A → Pembahasan: Perubahan dapat dikatakan sebagai gejala yang biasa terjadi dalam kehidupan manusia cepat atau lambat. Manusia atau masyarakat akan mengalami perubahan seiring dengan perjalannan waktu. Kehidupan manusia tidak statis, mulai dari lahir sampai tumbuh.
  4. D → Pembahasan: Perubahan kehidupan manusia dalam konsep keberlanjutan berkaitan dengan perkembangan yang menjadi perwujudan dari proses perkembangan aspek kehidupan masyarakat yang disebabkan oleh adanya penemuan baru, perubahan penduduk , konflik dalam masyarakat dan pemberontakan dalam masyarakat ( revolusi).
  5. E → Pembahasan: Konsep perubahan dalam ilmu sejarah meliputi perkembangan, keberlanjutan/kesinambungan, pengulangan dan perubahan. Keberlanjutan/ kesinambungan dalam sejarah artinya dalam mempelajari sejarah, kita harus menyadari bahwa rangkaian sejarah sejak adanya manusia sampai sekarang adalah peristiwa-peristiwa berkelanjutan. Dalam perkembangan apabila kehidupan masyarakat terjadi gerak secara berturut-turut dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain. Sedangkan sebagai pengulangan apabila peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau terjadi lagi pada masa berikutnya.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.