10+ Soal Kelompok Hewan Kelas 7 dan Kunci Jawabannya

soal kelompok hewan kelas 7

Soal Kelompok Hewan Kelas 7 – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPA kelas 7, VII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang kelompok hewan kelas 7.

Perlu diketahui bahwa soal-soal jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini sangat cocok untuk melatih pemahaman peserta didik dalam menguasai Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII.

* (Disertai kunci jawaban, ada di paling akhir soal)

Bacaan Lainnya

Rangkuman Materi Kelompok Hewan

Untuk mempermudah menjawab soal-soal, silahkan simak rangkuman materi berikut ini:

Hewan tidak bertulang belakang (Avertebrata) dikelompokkan menjadi delapan kelompok, yaitu hewan berpori (Porifera), hewan berongga (Coelenterata), cacing pipih (Platyheminthes), cacing gilig (Nemathelminthes), cacing berbuku-buku (Annelida), hewan lunak (Mollusca), hewan berkulit duri (Echinodermata), dan hewan dengan kaki beruas-ruas (Arthropoda).

Ciri-ciri Avertebrata: Tidak memiliki tulang belakang, memiliki Eksoskeleton (exoskeleton) atau kerangka luar, memiliki Sistem peredaran darah terbuka dan mata majemuk. Memiliki organ yang sederhana dan sistem saraf yang tidak terorganisasi. Terdiri dari satu lapis kulit. Cara nutrisi meliputi hidup bebas, parasit dan heretotrofik. Berjumlah 95-98 persen dari spesies hewan di bumi;

Ciri-ciri tubuh hewan yang bertulang belakang: Mempunyai tulang yang terentang dari balakang kepala sampai bagian ekor.Mempunyai otak yang dilindungi oleh tulang-tulang tengkorak.Tubuh berbentuk simetris bilateral. Mempunyai kepala, leher, badan dan ekor walaupun ekor dan leher tidak mutlak ada contohnya pada katak.

Hewan bertulang belakang (vertebrata) ini terdiri atas 5 kelas yaitu:

  • Kelas Pisces (Ikan)
  • Kelas Amphibi (Latin amphi = dua, bia = hidup)
  • Kelas Reftilia (Bahasa latin repare = merangkak/merayap)
  • Kelas Aves (Burung)
  • Kelas mamalia (Bahasa latin mamae artinya kelenjar buah dada, mamalia artinya hewan menyusui

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban terbaik dari pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Berikut ini hewan yang memiliki rangka dalam adalah ….

A. belalang dan kupu-kupu

B. lebah dan laba-laba

C. katak dan kadal

D. kumbang dan kalajengking

2. Di bawah ini yang temasuk dalam kelompok crustacea adalah ….

A. udang dan belalang

B. kepiting dan udang

C. kutu dan kelabang

D. belalang dan kelabang

3. Rifqy menemukan hewan dengan ciri-ciri sebagai berikut: Mempunyai tulang yang terentang dari balakang kepala sampai bagian ekor, mempunyai otak yang dilindungi oleh tulang-tulang tengkorak, dan tubuh berbentuk simetris bilateral. Hewan yang ditemukan Rifqy termasuk ke dalam golongan hewan ….

A. Avertebrata

B. Vertebrata

C. Insecta

D. Porifera

4. Cacing pita dan cacing hati termasuk dalam filum …

A. Nemathelminthes.

B. Platythelminthes.

C. Coelenterate.

D. Annelida.

5. Ciri khas dari kelas mamalia adalah …

A. Mempunyai glandula mammae.

B. Bertulang belakang.

C. Heterotrofik.

D. Multiseluler.

Kunci Jawaban

1. C

2. B

3. B

4. B

5. A

Soal Essay

Berikan jawaban dari pertanyaan essay di bawah ini dengan benar!

1. Jelaskan ciri-ciri kelompok hewan Avertebrata!

2. Syifa menemukan hewan dengan ciri-ciri sebagai berikut : hewan berongga, mempunyai tentakel untuk menangkap mangsa, tubuhnya berbentuk polip. Menurut pengamatan Ananda hewan yang ditemukan Syifa termasuk ke dalam kelompok hewan apa?

3. Jelaskan ciri-ciri kelompok hewan vertebrata!

4. Jelaskan ciri-ciri dari Amphibia!

5. Perhatikan hewan-hewan berikut ini:

a. Ular

b. Katak

c. Ayam

d. Burung hantu

e. Singa

f. Gajah

Dari data hewan-hewan di atas, dapatkah Ananda kelompokkan berdasarkan persamaan dan perbedaan cirinya?

Kunci Jawaban

1. Jawab → Ciri-ciri kelompok hewan Avertebrata adalah Tidak memiliki tulang belakang, memiliki Eksoskeleton (exoskeleton) atau kerangka luar, memiliki Sistem peredaran darah terbuka dan mata majemuk. Memiliki organ yang sederhana dan sistem saraf yang tidak terorganisasi. Terdiri dari satu lapis kulit. Cara nutrisi meliputi hidup bebas, parasit dan heretotrofik. Berjumlah 95-98 persen dari spesies hewan di bumi.

2. Jawab → Coelenterata

3. Jawab → Ciri-ciri kelompok hewan vertebrata adalah Mempunyai tulang yang terentang dari balakang kepala sampai bagian ekor. Mempunyai otak yang dilindungi oleh tulang-tulang tengkorak. Tubuh berbentuk simetris bilateral. Mempunyai kepala, leher, badan dan ekor walaupun ekor dan leher tidak mutlak ada contohnya pada katak.

4. Jawab → Ciri-ciri dari Amphibia adalah Penutup tubuhnya berupa kulit yang berlendir. Hewan berdarah dingin (poikiloterm).Amfibi mengalami metamorfosis sempurna.Hewan ‘berkaki empat’ (tetrapoda) dengan alat gerak berupa dua pasang kaki. Kaki amfibi memiliki selaput renang yang terdapat di antara jari-jari kakinya. Kaki ini berfungsi juga untuk melompat dan berenang. Jantung amfibi terdiri atas tiga ruangan yaitu dua serambi dan satu bilik.Alat pernafasan amfibi setelah dan sebelum bermetamorfosis berbeda. Saat masih larva (kecebong) alat pernapasannya berupa insang. Setelah dewasa bernafas dengan menggunakan paru-paru dan kulit. Kulit dan hidung amfibi mempunyai katup yang berfungsi mencegah air tersedot masuk ke dalam tubuh ketika menyelam.

5. Jawab →

  • Kelompok hewan Reptilia : Ular, katak ; Kelompok hewan Aves : Ayam, burung hantu;
  • Kelompok hewan mamalia : Singa, Gajah

Pelajari Juga: 10+ Soal Ciri-Ciri Benda di Lingkungan Kita Kelas 7

Demikian prediksi soal dan jawaban tentang Kelompok Hewan untuk UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 7, VII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *