Soal Kepemimpinan

soal kepemimpinan

Soal Kepemimpinan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi kepemimpinan.

Soal dan Kunci Jawaban Kepemimpinan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Kepemimpinan merupakan suatu upaya dari seorang pemimpin untuk dapat merealisasikan tujuan organisasi melalui orang lain dengan cara memberikan motivasi agar orang lain tersebut mau melaksanakannya, dan untuk itu diperlukan adanya keseimbangan antara kebutuhan individu para pelaksana dengan tujuan perusahaan. Lingkup kepemimpinan tidak hanya terbatas pada permasalahan internal organisasi, melainkan juga mencakup permasalahan eksternal.

Bacaan Lainnya

Domingo mengemukakan tiga hal dari tujuh belas dasar kepemimpinan yang diterapkan di General Douglas McArthur, yaitu selalu mengemukakan pertanyaan-pertanyaan berikut dalam setiap tindakannya, sebagai berikut:

  • Apakah seluruh kekuatan yang ada pada saya telah saya arahkan untuk mendorong, memberikan insentif, dan membebaskan dari kelemahan dan kesalahan?
  • Apakah setiap perbuatan saya telah membuat bawahan saya mau mengikutinya?
  • Apakah saya secara konsisten dapat menjadi teladan dalam karakter, berpakaian, sopan-santun.

Pemimpin dengan gaya otokratik pada umumnya memberikan perintah- perintah dan meminta bawahan untuk mematuhinya.

Pemimpin dengan gaya demokratik pada umumnya meminta masukan kepada para bawahan/stafnya terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan, namun pada akhirnya menggunakan kewenangannya dalam mengambil keputusan.

Pemimpin dengan gaya bebas terkendali pada umumnya memposisikan dirinya sebagai konsultan bagi para bawahannya dan cenderung memberikan kewenangan kepada para bawahan untuk mengambil keputusan.

BACA JUGA:  Soal Difusi Obat

Berdasarkan pola hubungan antara tinggi rendahnya hubungan perilaku (relationship behavior) manusia dengan tinggi rendahnya perilaku pekerjaan (task behavior), maka notasi gaya kepemimpinan digambarkan sebagai berikut: S1 :Telling (Directing/Structuring), S2 : Selling (Problem Solving/Coaching), S3 : Participating (Developing/Encouraging), S4 : Delegating.

Stodgill yang dikutip James A. Lee menyatakan pemimpin itu harus mempunyai kelebihan sebagai persyaratan, antara lain.

  • Kepastian, kecerdasan, kewaspadaan, kemampuan berbicara, kemampuan menilai.
  • Prestasi, gelar kesarjanaan, ilmu pengetahuan dalam bidang tertentu.
  • Tangggung jawab, berani, tekun, mandiri, kreatif, ulet, percaya diri, agresif.
  • Partisipasi aktif, memiliki stabilitas tinmggi, kooperatif, mampu bergaul.
  • Status, kedudukan social ekonomi cukup tinggidan tenar.

Kepala adalah seorang yang diangkat menurut peraturan tertentu oleh atasan/instansi yang berwenang untuk mengepalai suatu kantor jawatan dan bertanggungjawab tentang tugas yang dibebankan kepadanya. Kepada bawahan memberikan perintah dan bertindak sebagai penguasa. Anak buah mengerjakan pekerjaan yang diberikan oleh atasan dengan cara dan waktu yang telah ditetapkan.

Apabila seorang kepala ingin berhasil harus kerja yang baik, ia harus menyakinkan anak buah agar mau menerima dan mengakuinya.

Pemimpin adalah seorang yang dipilih dari kelompoknya karena memiliki kelebihan-kelebihan tertentu, selanjutnya diberi tugas untuk memimpin anak buahnya mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh kelompok.

Untuk kelancaran tugas diberikan hak-hak istimewa dibandingkan dengan anggota kelompok lain. Pemimpin dapat diterima bawahan karena dipilih diantara mereka.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

BACA JUGA:  Soal Staf di Laboratorium Medik

1) Suatu upaya merealisasikan tujuan perusahaan dengan memadukan kebutuhan para individu untuk terus tumbuh berkembang melalui tujuan organisasi dan para individu merupakan anggota dari perusahaan merupakan pengertian kepemimpinan yang dikemukakan oleh …. 

A. Griffin dan Ebert

B. Lindsay dan Patrick

C. Zimmerer

D. Thomas W. immerer

2) Kegiatan kepemimpinan yang berkaitan erat terhadap fungsi manajemen yaitu ….

A. actuating

B. controlling

C. planning

D. organizing

3) Gaya kepeemimpinan yang paling cocok untuk diterapkan pada situasi di mana pimpinan harus cepat mengambil keputusan sehubungan adanya desakan para pesaing yaitu ….

A. demokratik

B. bebas terkendali

C. otokratik

D. liberal

4) Seorang yang diangkat menurut peraturan tertentu oleh atasan atau instansi yang berwenang untuk mengepalai suatu kantor jawatan dan bertanggungjawab tentang tugas yang dibebankan kepadanya disebut ….

A. pemimpin

B. ketua

C. atasan

D. kepala

5) Seorang pemimpin yang selalu ingin mendominasi semua persoalan sehingga ide dan gagasan bawahan tidak berkembang. Semua persoalan akan bermuara kepada sang pemimpin sehingga mengundang unsur ketergantungan yang tinggi padanya merupakan kelemahan gaya kepemimpinan ….

A. Selling (Problem Solving/Coaching)

B. Participating (Developing/Encouraging)

C. Delegating

D. Telling (Directing/Structuring)

Kunci Jawaban

1) B

2) A

3) C

4) D

5) D

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Sanitasi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.