Soal Klasifikasi Demokrasi

soal klasifikasi demokrasi

Soal Klasifikasi Demokrasi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul PKN Kelas 11, XI KD 3.2 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi klasifikasi demokrasi.

Rangkuman Materi Klasifikasi Demokrasi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Macam-macam demokrasi didasarkan atas tiga  sudut pandang yang berbeda, yakni

Bacaan Lainnya
  1. Berdasarkan penyaluran kehendak rakyat, prinsip ideologi, dan yang menjadi titik perhatian. Berdasarkan sudut pandang penyaluran kehendak rakyat dikenal dua macam demokrasi, yaitu demokrasi langsung dan tidak langsung/perwakilan.
  2. Berdasarkan sudut pandang prinsip ideologi dikenal dua macam demokrasi, yaitu demokrasi konstitusional dan demokrasi rakyat.
  3. Berdasarkan sudut pandang yang menjadi titik perhatian dikenal tiga macam demokrasi, yaitu demokrasi formal, material, dan gabungan.

Negara Republik Indonesia masuk dalam klasifikasi berdasarkan penyaluran kehendak rakyat, yaitu demokrasi tidak langsung, dan berdasarkan sudut pandang yang menjadi titik perhatian, yaitu demokrasi gabungan.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Dipandang dari penyaluran aspirasi rakyat, demokrasi terbagi atas …

A. Langsung dan tidak langsung

B. Positif dan negatif

C. Formal dan material

D. Gabungan dan individu

E. Umum dan khusus

2. Atas dasar ideologi, terdapat dua macam bentuk demokrasi Negara Korea Utara menganut ideologi yang bersifat tertutup yakni…

A. fasis

B. sosialis

C. liberal

D. komunis

E. Pancasila

3. Berdasar titik berat yang menjadi perhatiannya demokrasi dapat dibedakan atas…

A. Formal, material, gabungan

B. Langsung dan tidak langsung

C. Konstitusional dan rakyat

D. Terbuka dan tertutup

E. Umum dan khusus

4. Setiap negara demokrasi harus memenuhi 2 asas pokok, yaitu pengakuan partisipasi rakyat di dalam pemerintahan dan ….

A. tanggap terhadap kepentingan bersama

B. pengakuan harkat dan martabat manusia

C. tidak diskriminasi terhadap warga negaranya

D. memiliki wakil-wakil rakyat dalam pemerintahan

E. memiliki undang-undang dan badan penegak hukum

5. Perbedaan ideologi Pancasila dengan liberalisme di bidang politik adalah Pancasila mengutamakan keseimbangan antara hak dan kewajiban, sementara liberalisme mengutamakan….

A. persamaan pendapat dan oposisi yang bersifat liberal

B. kepentingan masyarakat dan kebebasan individu

C. kebebasan parpol dan pembatasan parpol

D. sistem banyak partai dan sistem dua partai

E. sistem presidensial dan sistem parlementer

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. A → Pembahasan:

Klasifikasi demokrasi Menurut cara penyaluran kehendak rakyat , demokrasi dibedakan atas :

  • Demokrasi langsung, rakyatnya secara langsung dalam menentukan kebijakan negara.
  • Tidak langsung, demokrasi yang dilakukan melalui sistem perwakilan, artinya rakyat untuk dapat ikut serta dalam menentukan kebijakan negara tidak dilakukan secara langsung melainkan melalui wakil-wakil yang telah mereka pilih dalam pemilu.
BACA JUGA:  Soal Periodesasi Perkembangan Masyarakat Praaksara Berdasarkan Hasil Kebudayaan Material

2. D → Pembahasan:

Atas dasar ideologi, terdapat dua macam bentuk demokrasi :

a. Demokrasi konstitusional (demokrasi liberal)

Demokrasi konstitusional atau demokrasi liberal adalah demokrasi yang mengedepankan kebebasan atau individualisme. Ciri khas demokrasi konstitusional adalah kekuasaan pemerintahannya terbatas dan tidak diperkenankan banyak campur tangan dan bertindak sewenang-wenang terhadap warganya. Kekuasaan pemerintah dibatasi oleh konstitusi.

b. Demokrasi rakyat (demokrasi komunis)

Demokrasi rakyat disebut juga demokrasi proletar yang berhaluan marxisme-komunisme. Demokrasi rakyat mencita-citakan kehidupan yang tidak mengenal kelas sosial. Manusia dibebaskan dari keterikatannya kepada pemilikan pribadi tanpa ada penindasan serta paksaan. Akan tetapi, untuk mencapai masyarakat tersebut, apabila diperlukan, dapat dilakukan dengan cara paksa atau kekerasan. Menurut Mr. Kranenburgdemokrasi rakyat lebih mendewakan pemimpin. Sementara menurut pandangan Miriam Budiardjo, komunisme tidak hanya merupakan sistem politik, tetapi juga mencerminkan gaya hidup yang berdasarkan nilai-nilai tertentu. Negara merupakan alat untuk mencapai komunisme dan kekerasaan dipandang sebagai alat yang sah.

3. A → Pembahasan:

Berdasar titik berat yang menjadi perhatiannya demokrasi dapat dibedakan atas:

a. Demokrasi Formal (negara-negara liberal)

Yaitu suatu demokrasi yang menjunjung tinggi persamaan dalam bidang politik, tanpa disertai upaya untuk mengurangi atau menghilangkan kesenjangan dalam bidang ekonomi. Dalam demokrasi formal, semua orang dianggap memiliki derajat dan hak yang sama. Negara yang menerapkan demokrasi ini pada umumnya adalah negara-negara Barat, seperti : Amerika, Inggris, Belanda, Kanada, Swiss, Australia, Selandia Baru, dan sebagainya.

b. Demokrasi Material (negara-negara komunis)

Yaitu demokrasi yang dititikberatkan pada upaya menghilangkan kesenjangan dalam bidang ekonomi, sedangkan persamaan dalam bidang politik kurang diperhatikan bahkan kadang-kadang dihilangkan. Usaha untuk mengurangi perbedaan di bidang ekonomi dilakukan oleh partai penguasa dengan mengatasnamakan negara, dimana segala sesuatu sebagai hak milik negara dan hak milik pribadi tidak diakui. Negara yang menganut demokrasi ini adalah : RRC, Korea Utara, Rusia.

c. Demokrasi Gabungan (negara-negara non blok)

Yaitu demokrasi yang mengambil dan menggabungkan kebaikan serta  membuang keburukan demorasi formal dan demokrasi material. Persamaan derajat dan hak setiap orang diakui, tetapi demi kesejahteraan, seluruh aktivitas rakyat dibatasi. Upaya yang dilakukan pemerintah untuk kesejahteraan rakyat, jangan sampai menghilangkan persamaan derajat dan hak asasi manusia. Negara yang menganut demokrasi gabungan adalah : Yugoslavia, Mesir, Zambia, Aljazair, Sri Lanka, India, Zimbabwe, Indonesia, Kolombia, Afrika Selatan dan Malaysia.

4. B → Pembahasan: Setiap negara demokrasi harus memenuhi 2 asas pokok, yaitu pengakuan partisipasi rakyat di dalam pemerintahan dan tanggap terhadap kepentingan Bersama.

5. B → Pembahasan: Perbedaan ideologi Pancasila dengan liberalisme di bidang politik adalah Pancasila mengutamakan keseimbangan antara hak dan kewajiban, sementara liberalisme mengutamakan kepentingan masyarakat dan kebebasan individu.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS PKN Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.