Soal Klasifikasi Sumber Daya Alam Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia

soal klasifikasi sumber daya alam sebaran dan pengelolaan sumber daya alam indonesia

Soal Klasifikasi Sumber Daya Alam Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal geografi kelas 11, XI KD 3.3 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang klasifikasi sumber daya alam sebaran dan pengelolaan sumber daya alam Indonesia.

Advertisements

Rangkuman Materi Klasifikasi Sumber Daya Alam Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Sumber Daya Kehutanan dapat diartikan sebagai suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan yang berisi sumberdaya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam dalam persekutuan alam dan lingkungannya, yag satu dengan lalinnya tidak dapat dipisahkan.

Bacaan Lainnya

Sumber daya alam pertanian di Indonesia terbagi menjadi 3 tempat, yaitu sawah, ladang, dan tegalan.

Hasil perkebunan di Indonesia juga melimpah. Beberapa hasil perkebunan di Indonesia bahkan telah menjadi salah satu barang yang di ekspor. Beberapa hasil perkebunan Indonesia yang menjadi primadona adalah karet, kopi, tembakau, teh, jati, dan tebu.

Pertambangan adalah rangkaian kegiatan dalam rangka upaya pencarian, penambangan (penggalian), pengolahan, pemanfaatan dan penjualan bahan galian. Menurut Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 1980 pengelompokan secara rinci bahan galian adalah sebagai berikut, yaitu bahan galian golongan A bahan galian golongan B dan bahan galian golongan C.

Sumber daya laut adalah unsur hayati dan nonhayati yang terdapat di wilayah laut. Potensi sumberdaya laut Indonesia tidak hanya berupa ikan, tetapi juga bahan tambang seperti minyak bumi, nikel, emas, bauksit, dan lain-lain yang berada di bawah permukaan laut.

Potensi pariwisata Indonesia meliputi wisata alam dengan daya tarik keunikan lingkungan alamnya, wisata budaya dengan daya tarik adat istiada dan seninya, dan  wisata buatan dengan berbagai fasilitas rekreasi dan hiburannya.

Soal Uraian

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan jujur!

  1. Jelaskan manfaat bijih besi bagi kehidupan!
  2. Jelaskan fungsi hutan sebagai paru-paru dunia!
  3. Jelaskan fungsi ekologis hutan mangrove!
  4. Sebutkan budi daya sumber daya alam yang dapat dikembangkan di perairan laut!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Biji besi dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan besi baja dan kawat baja, bahan dasar pembuatan tiang rambu lalu lintas dan lampu penerangan jalan, bahan pembuatan besi tuang, besi tempa, pembuatan baja lunak, dan baja sedang yang kemudian akan diolah menjadi produk yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari.

2. → Pembahasan: Hutan sebagai aru-paru dunia karena hutan menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida pada siang hari yang merupakan hal tersebut dibutuhkan oleh manusia.

3. → Pembahasan: Fungsi ekologis hutan mangrove adalah sebagai habitat (tempat hidup) binatang laut untuk berlindung, mencari makan, dan berkembang biak, Fungsi ekologis yang lain dari hutan mangrove adalah untuk melindungi pantai dari abrasi air laut.

4. → Pembahasan: Budi daya sumber daya alam yang dapat dikembangkan di perairan laut adalah:

  • Rumput laut
  • Mutiara
  • Lobster
  • Kepiting

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Modul Geografi Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *